Asap Rokok Bisa Menularkan Virus Corona Covid-19? Ini Faktanya

Sabtu, 18 April 2020 13:22 Penulis: Puput Saputro
Asap Rokok Bisa Menularkan Virus Corona Covid-19? Ini Faktanya
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Saat ini, berbagai penelitian mengenai virus corona covid-19 masih terus dilakukan. Pasalnya, virus corona covid-19 memang masih tergolong virus baru yang belum diketahui sebelumnya. Sempat ada isu yang menyebut, perokok rentan tertular virus yang menyerang sistem pernapasan ini. Malahan, yang terbaru ada isu yang menyebut kalau asap rokok bisa menularkan virus corona covid-19.

Setiap hari informasi mengenai virus corona covid-19 pun semakin berkembang. Informasi-informasi terkait virus corona covid-19 terus diperbaharui. Lantas bagaimana dengan isu yang mengatakan bahwa asap rokok bisa menularkan virus corona covid-19?

Berikut ini fakta terkait isu asap rokok bisa menularkan virus corona covid-19, dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Belum Ada Penelitian yang Membuktikan

Sejauh ini, isu apakah asap rokok bisa menularkan virus corona covid-19 masih sebatas dugaan belaka. Dilansir dari antara, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Dr. Daeng M. Faqih menyebutkan, sampai saat ini belum ada penelitian yang membahas dan membuktikan dugaan tersebut.

Dr. Daeng M. Faqih menambahkan, meski begitu sebaiknya masyarakat tetap waspada. Sebab, bagaimana pun asap rokok yang terhirup tersebut juga masuk ke dalam saluran pernapasan atau tenggorokan. Sehingga, sebaiknya kita tetap waspada. Karena jika dugaan ini benar, maka dikhawatirkan berpotensi menularkan.

2. Perokok Aktif Lebih Rentan Terinfeksi Virus Corona

Dalam inteview dengan Antara, Dr. Daeng M. Faqih, juga menjawab isu lain seputar keterkaitan antara rokok dan virus corona. Bahwa, perokok aktif memang akan lebih rentan terinfeksi virus corona covid-19. Hal ini karena dalam saluran pernapasan manusia terdapat mekanisme untuk menangkap dan mengeluarkan kotoran, termasuk mikroorganisme yang masuk.

Selain itu, rokok juga bisa membuat mekanisme saluran pernapasan menjadi rusak. Akibatnya, saluran pernapasan akan kehilangan kemampuannya dalam menyaring kotoran.

Tidak hanya jadi lebih rentan terinfeksi virus corona covid-19. Sistem pernapasan yang rusak juga akan membuat serangan virus corona covid-19 lebih mematikan.

3. Jangan Merokok di Tempat Umum

Memang belum ada penelitian yang membuktikan bahwa asap rokok bisa menularkan virus corona covid-19. Namun, melihat risiko kesehatan dan dampak yang ditimbulkan bisa membuat lebih rentan terinfeksi virus corona, sebaiknya perokok aktif mulai mengurangi kebiasaan merokok.

Selain itu, seperti yang kita tahu virus corona covid-19 bisa menular melalui droplet. Sementara, droplet bisa merupakan percikan air yang keluar dari mulut atau hidung orang yang terinfeksi virus corona covid-19. Jadi, sangat dimungkinkan seseorang menularkan virus corona saat merokok. Mungkin tidak melalui asap, melainkan melalui droplet yang terjadi saat merokok.

Jadi, untuk sementara waktu selama pandemi virus corona ini berlangsung, sebaiknya jangan merokok di sekitar orang lain. Hal ini demi kesehatan kalian dan orang di sekitar, sekaligus untuk mencegah penyebaran virus corona covid-19.

Itulah, fakta seputar isu asap rokok bisa menularkan virus corona covid-19. Meski belum terbukti secara ilmiah, ada baiknya untuk mengurangi atau bahkan menghindari kebiasaan merokok sementara waktu.

Terlebih, jangan merokok saat berada di dekat orang lain dengan beberapa pertimbangan yang sudah disebutkan sebelumnya. Demi keamanan dan keselamatan, selain merokok hindari juga kebiasaan makan dan minum di tempat umum.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI