7 Cara Menambah Berat Badan Secara Alami, Ngemil Sambil Minum Susu

Minggu, 05 April 2020 08:22 Penulis: Dita Tamara
7 Cara Menambah Berat Badan Secara Alami, Ngemil Sambil Minum Susu
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - KLovers, membahas masalah badan terkadang menjadi persoalan yang sensitif. Tidak semua orang mendambakan tubuh yang kurus. Bagi kalian yang membaca artikel ini, tentunya kalian tertarik bagaimana cara menambah berat badan.

Tubuh yang terlalu kurus, membuat sebagian orang menjadi tidak percaya diri. Ada beberapa faktor yang membuat orang susah untuk menaikkan berat badan. Banyak di antara mereka yang menganggap bahwa ini sebagai keturunan serta faktor gen di dalamnya.

Apabila masalah ini tidak kalian tangani, sebuah studi menyebutkan bahwa kekurangan berat badan dapat mengganggu fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi, memicu osteoporosis, serta menyebabkan masalah kesuburan.

Untuk mengatasi permasalahan di atas, cara menambah berat badan secara alami ini dipercaya dapat membantu kalian memperoleh berat badan yang ideal. Seperti apa itu caranya, simak selengkapnya berikut ini.

 

 

1. Konsumsi Jus dan Smoothies

Sebenarnya berbagai cara menambah berat badan ini mudah mudah dilakukan, setidaknya lakukan cara-cara ini sebagai kebiasaan. Cara menambah berat badan yang pertama, kalian sering-seringlah mengonsumsi jus maupun smoothies. 

Jus dan smoothies bukan hanya segar saat di minum, namun keduanya mempunyai manfaat yang baik terutama untuk membantu menggemukkan badan. Kalian bisa membuat jus sendiri di rumah. Kalian dapat membuat resep jus dengan campuran manga, wortel, dan pisang.

Mengonsumsi jus dan smoothies sangat disarankan karena mengandung tinggi kalori. Resep membuat smoothies atau yang sering digunakan untuk pengganti makan. Campurkan susu full cream  dengan menambahkan variasi buah segar favorit kalian. Untuk tambahan kalori, kalian bisa mencampurnya dengan almond butter atau selai kacang ke dalam smoothies kalian.

2. Konsumsi Makanan Berprotein Tinggi

Makanan yang mengandung protein tinggi sangat dibutuhkan untuk menaikkan berat badan. Makanan yang memiliki protein tinggi seperti daging sapi, seafood, telur, brokoli, susu, keju, yoghurt, dan kacang-kacangan, dll.

Selain dapat dengan cepat menggemukan badanmu, makanan yang kaya protein tinggi dapat menjadi sumber energi serta sangat bermanfaat dalam memperbaiki sel yang rusak dan memproduksi sel yang baru. Protein juga membuat kalian sehat dan kuat. Oleh sebabnya, asupan makanan berprotein tinggi penting.

3. Jangan Bergadang

Kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan yaitu bergadang. Meski kalian sudah melakukan berbagai cara menambah berat badan tetapi masih bergadang, tentu yang sudah kalian lakukan itu menjadi sia-sia.

Kebanyakan orang, tidak menjaga kualitas tidurnya, sehingga bergadang masih sering dilakukan. Padahal, untuk memperoleh berat badan secara ideal, kalian harus menjaga kualitas tidur yang baik.

Dengan tidak bergadang, akan berpengaruh besar dalam program menaikkan berat badan kalian. Jadi mulai sekarang, kalian harus menerapkan pola tidur yang baik dan meninggalkan begadang untuk segera mendapatkan badan yang ideal.

4. Olahraga

Jika kalian menganggap olahraga hanya untuk menurunkan berat badan, hal tersebut merupakan salah besar. Olahraga ini dilakukan untuk hidup yang sehat. Jika kalian, berolahraga secara rutin, maka akan  dapat  menaikkan berat badan secara alami. Hal ini terjadi karena, setelah kalian lelah berolahraga, nafsu makan akan meningkat, dan tubuh bisa mendapatkan asupan kalori yang lebih banyak.

Olahraga dapat melatih kekuatan, dengan berolahraga maka otot-otot tubuh kalian menjadi kuat. Selain itu, tidak dianjurkan mengonsumsi makanan yang tinggi gula, kalian tetap harus menjaga kesehatan.

5. Sediakan Camilan

Menyediakan camilan sangat diperlukan sebagai salah satu cara menambah berat badan. Meskipun tidak melulu makanan yang mengandung karbohidrat untuk dikonsumsi. Camilan dapat menjadi makanan pendukung di sela-sela kegiatan kalian. Misalnya, kalian bisa membawa camilan di kantor, menonton film, atau ketika bersantai.

Bahkan ketika kalian sibuk dengan kegiatan, langkah ini bisa kamu terapkan seperti menyediakan camilan di meja kerja, di kamar, atau tempat-tempat yang mudah untuk kalian jangkau. Namun, alangkah baiknya, jika kalian menghindari camilan yang digoreng atau makanan yang mengandung minyak tinggi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kadar kolestrol.

Tentu cara yang satu disukai banyak orang. Siapa sih yang nggak suka ngemil?

6. Meminum Susu

Meminum susu secara rutin dapat membantu kalian untuk menambah berat badan. Kapan waktu terbaik untuk meminum susu? Waktu terbaik meminum susu adalah ketika pagi dan malam hari sebelum tidur. Ada baiknya jika kalian ingin menambah berat badan, meminum susu sebelum tidur dapat membantu menggemukkan badan secara ampuh.

Hal ini disebabkan oleh kandungan triptofan dalam susu yang  bekerja dengan melepaskan hormon melatonin. Nah hormon melatonin inilah yang mampu mencegah kalian dari insomnia sehingga terbebas dari begadang, sehingga kalian bisa tidur dengan nyenyak.

7. Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Selain protein, nutrisi lain yang penting untuk menggemukkan badan adalah karbohidrat dan lemak. Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat tinggi adalah nasi, kentang, jagung, gandum, dan masih banyak lagi. Sedangkan makanan yang tinggi lemak antara lain salmon, alpukat, dark chocolate, keju dan lain-lain. Sebisa mungkin, seimbang kan asupan protein, karbohidrat dan lemak setiap makan.

Itulah tadi berbagai cara menambah berat badan yang bisa kalian coba. Tidak sulit bukan? 

(kpl/dtm/gen)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI