Balinese, Kucing Siam Berbulu Panjang yang Butuh Perawatan Ekstra

Kamis, 29 April 2021 07:30 Penulis: Wuri Anggarini
Balinese, Kucing Siam Berbulu Panjang yang Butuh Perawatan Ekstra
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Kucing Siam termasuk salah satu ras kucing lucu dengan warna bulu unik yang membuat fisiknya terlihat istimewa. Tapi kalau kamu lebih menyukai jenis kucing berbulu panjang karena lebih menggemaskan dan tampak anggun, Balinese cat bisa jadi pilihan yang tepat. Ras kucing yang hadir dari mutasi genetik ini dikenal cerdas, friendly, dan sangat suka bermain. Nggak heran jika anabul tersebut banyak diincar untuk teman bermain di rumah.

Tapi, Balinese yang punya bulu panjang ini ternyata butuh perawatan ekstra untuk memeliharanya di rumah. Yakin kamu sudah paham, KLovers?  

Kapan Perlu Dimandikan

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Pemilik kucing biasanya tak perlu khawatir saat anabul berguling-guling di atas debu, karena kemampuannya untuk melakukan grooming sendiri. Jika ada kotoran atau debu, bisa menyeka bulunya dengan tisu atau handuk. Tapi jika bulu tampak lengket dan berminyak, penting untuk memandikannya untuk membuat bulunya kembali sehat dan berkilau.

Menyikat Bulu Kucing

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Menyikat bulu kucing menjadi cara terbaik untuk menjalin ikatan dengan anabul karena membuatnya merasa nyaman dan dicintai. Tapi jangan menggunakan sikat dengan gigi-gigi yang kasar dan keras karena dapat melukai kulitnya.

Jika menemukan bulu yang menggumpal atau kusut, lebih baik potong perlahan daripada mencoba melepaskannya dengan sisir. Selain itu, sisir searah dengan pertumbuhan bulunya untuk mencegah kerontokan bulu.

Pemotongan Kukunya

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Kuku kucing yang dibiarkan panjang bukan hanya buruk bagi dirinya sendiri, tapi juga furnitur dan berisiko melukai orang-orang di sekitarnya. Bagi beberapa pemilik anabul, mungkin merasa kurang nyaman saat melakukannya beberapa kali dalam sebulan karena pertumbuhannya yang sangat cepat. Beli gunting kuku khusus yang tajam atau kikir untuk mengasahnya menjadi bentuk kuku alami yang lebih pendek.

Hindari Memberi Makan Berlebihan

Ras Siam cenderung mengalami kelebihan berat badan jika memberinya makan lebih dari yang dibutuhkan. Bahkan pada Balinese yang berbulu panjang, memantau pola makannya jadi lebih penting karena kakinya yang panjang tidak dirancang untuk menopang tubuh yang gemuk.

Walaupun kucingmu suka makan, pemilik Balinese harus ekstra hati-hati dalam memantau pola makannya dan memberikan makanan bergizi sesuai dengan jadwalnya. Pilih cat food yang mengandung nutrisi dengan manfaat terbaik untuk kesehatan kulit dan bulunya, mulai dari protein, asam lemak esensial, vitamin, hingga mineral.

Dikenal praktis, dry food kini banyak dipilih sebagai makanan kucing sehari-hari. Pilih yang nutrisinya lengkap dengan kadar yang seimbang seperti Muezza. Dibuat dari bahan-bahan alami berkualitas, brand makanan kucing kering ini diolah dengan teknologi modern, tanpa penambahan bahan sintetik.

Bukan hanya menjaga kesehatan kucing, Muezza yang sudah tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand ini bakal bikin pemiliknya jadi lebih tenang. Meskipun kucing bukan hewan najis, tapi kamu wajib cermat memilih makanannya, sehingga kini bebas was-was saat terkena liur atau memegang dry food.

Muezza sendiri tersedia dalam 4 varian seperti Tuna Flavor yang jadi best seller, Ocean Fish Flavor, Salmon Flavor, dan Mackerel Flavor. Tinggal memilih mana yang disukai anabul dan selalu sediakan stoknya di rumah dengan memesannya secara online di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

(*/eth/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI