Barakallah Fii Umrik Arti dalam Bahasa Indonesia, Ketahui Contoh Pemakaiannya

Jum'at, 08 Oktober 2021 16:22 Penulis: Puput Saputro
Barakallah Fii Umrik Arti dalam Bahasa Indonesia, Ketahui Contoh Pemakaiannya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Barakallah fii umrik jadi salah satu ungkapan yang tentunya sudah tidak asing lagi, terutama di telinga umat Islam. Pasalnya, kalimat barakallah fii umrik seringkali digunakan umat islam untuk memberikan selamat pada seseorang. Meski terbilang sudah jadi kalimat yang cukup umum, faktanya masih banyak orang yang tidak mengerti maksud barakallah fii umrik arti dalam bahasa Indonesia.

Kalimat barakallah fii umrik biasanya muncul pada momen-momen spesial, seperti pada hari ulang tahun. Wajar saja, pasalnya dalam bahasa Arab ternyata kalimat barakallah fii umrik mempunyai arti yang sangat baik bak suatu doa. Untuk lebih memahami barakallah fii umrik arti dalam bahasa Indonesia, simak ulasan berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Barakallah Fii Umrik Arti dalam Bahasa Indonesia

Seperti yang kita tahu, barakallah fii umrik berasal dari bahasa Arab. Namun belakangan, kalimat ini sangat sering dipakai di Indonesia. Bahkan, tak jarang barakallah fii umrik dipakai berbarengan dengan bahasa Indonesia.
Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud barakallah fii umrik arti dalam bahasa Indonesia?

Untuk memahami arti barakallah fii umrik, mari kita coba artikan kata per kata. Barakallah dalam bahasa Arab berarti 'Semoga Allah SWT memberikan berkah' atau 'Semoga Allah memberkahi'. Sementara umrik dalam bahasa Indonesia berarti umur. Sehingga, memahami barakallah fii umrik arti dalam bahasa Indonesia adalah 'Semoga Allah memberkahi umurmu'.

 

2. Pemakaian Ungkapan Barakallah Fii Umrik

Di keseharian, kalian mungkin sudah sering menjumpai banyak orang menggunakan ucapan barakallah fii umrik. Atau bahkan, mungkin kalian juga pernah menggunakannya secara langsung ketika memberikan selamat pada teman yang sedang berulang tahun.

Ucapan ulang tahun islami dengan barakallah fii umrik menyiratkan doa tulus tentang kebaikan. Sehingga, mengucapkannya pada teman yang berulang tahun juga bisa bernilai kebaikan dan mendapatkan pahala.

Ya, berdasarkan pada barakallah fii umrik arti dalam bahasa Indonesia, kalimat bahasa Arab tersebut memang sangat cocok untuk dipakai ketika mengucapkan seseorang yang berulang tahun. Sebab tak sekadar menjadi ucapan selamat biasa, kalimat tersebut juga berisi doa tulus yang punya makna mendalam.

 

3. Respons saat Mendengar ungkapan Barakallah Fii Umrik

Dalam agama Islam, barakallah dan barakallah fii umrik bukanlah sekadar ungkapan biasa. Ungkapan barakallah fii umrik sekaligus menjadi doa baik. Sehingga, saat mengucapkan Barakallah, artinya seorang muslim sedang mendoakan saudaranya. Salah satu manfaatnya adalah akan mendekatkan seorang muslim pada Allah SWT.

Ketika mendapat doa baik dari orang lain, sudah semestinya seorang muslim membalas dengan mendoakan balik. Oleh karena itu, salah satu respons yang dianjurkan ketika mendengar barakallah fii umrik adalah dengan mengucap Wafiika Barakallah. Atau bisa juga dengan ungkapan Wafiiki Barakallah, khusus untuk merespons perempuan. Ungkapan balasan tersebut berarti 'Semoga Allah SWT juga memberkahimu'.

 

4. Contoh Ungkapan dengan Kalimat Barakallah Fii Umrik

Barakallah fii umrik sudah jadi satu ucapan selamat ulang tahun yang cukup umum digunakan. Pasalnya ucapan selamat ulang tahun barakallah fii umrik arti terasa simpel tapi penuh makna. Selain itu, tak sedikit pula yang memadukan ungkapan barakallah fii umrik dengan kalimat dalam bahasa Indonesia. Sehingga, hal ini membuat kalimat ucapan selamat tersebut terasa semakin unik.

Tertarik memberikan ucapan selamat ulang tahun dengan barakallah fii umrik dipadukan kata-kata dalam bahasa Indonesia? Berikut beberapa contoh yang bisa kalian jadikan sumber inspirasi.

1) "Barakallahu fii umrik wahai soohibuni, semoga selalu diberi umur yang berkah, sehat selalu dan bahagia di dunia dan akhirat."

2) "Barakallahu fii umrik, semoga di umurmu sekarang ini kamu diberkahi oleh Allah SWT. Milad Mubarak."

3) "Barakallahu fii umrik ukhti (saudara perempuan). Semoga selalu diberi kesehatan, selalu diberi umur yang berkah, dan sukses selalu, aminn."

4) "Barakallahu fii umrik anakku. Semoga keberkahan menyertai perjalanan usiamu. Jadikan mimpi dan harapanmu sebagai pemacu untuk semakin giat belajar. Doaku menyertai setiap langkahmu!"

5) "Selamat ulang tahun Nak! Semoga engkau menjadi lebih baik, lebih sholeh,dan bisa menjadi kebanggaan bagi kami berdua. Doa tulus ayah bunda menyertai langkahmu."

6) "Barakallah fii umrik Sahabatku, Semoga kamu bisa menjaid pribadi yang lebih bertaqwa lagi, dan semoga engkau selalu diberikan rezeki yang berlimpah serta keselamatan di dunia dan akhirat nanti."

7) "Barakallahu fii umrik, semoga di umurmu sekarang ini kamu diberkahi oleh Allah SWT. Milad Mubarak."

8) "Met milad, barakallahu fii umrik, semoga cita-citanya tercapai, senantiasa ada di dalam rahmat Allah."

9) "Barakallahu fii umrik yaa. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dalam segala urusan dunia maupun urusan akhirat."

10) "Barakallah fii umrik, Ibuku tersayang. Semoga selalu sehat, panjang umur dan bahagia menyaksikan anak-anaknya tumbuh dewasa dan sukses."

Itulah di antaranya ulasan tentang barakallah fii umrik arti dalam bahasa Indonesia, dan contohnya. Semoga bermanfaat!

 

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI