Belum Berjalan, Menpora Cabut Imbauan Lagu 'Indonesia Raya' di Bioskop

Jum'at, 01 Februari 2019 14:21 Penulis: Rezka Aulia
Belum Berjalan, Menpora Cabut Imbauan Lagu 'Indonesia Raya' di Bioskop
Himbauan jadi polemik, Menpora cabut keputusannya. © Shutterstock


Kapanlagi Plus - Kementerian Pemuda dan Olahraga baru saja mengedarkan surat himbauan bagi pelaku bisnis bioskop. Dalam surat yang ditandatangani Imam Nahrawi ini menganjurkan pengelola bioskop memutarkan lagu nasional Indonesia Raya sebelum pertunjukan dimulai.

Tim KapanLagi menghubungi beberapa pengelola bioskop di tanah air mengenai surat himbauan ini. Menurut Rivki Morais, Content Marketing CJ CGV pun angkat bicara mewakili pengelola bioskop.

"Kami baru menerima surat sore ini. Akan dibahas ke management secepatnya. Untuk hal tersebut kami juga akan berdiskusi lebih detail kepada pihak-pihak terkait tentang standardisasi dan detail lainnya. Selebihnya baru bisa kami konfirmasikan setelah adanya pembahasan lebih detail," ujar marketing CGV saat dihubungi melalui pesan singkat.

1. Demi Nasionalisme

Surat yang diedarkan pada 30 Januari ini memang bermuatan 'anjuran' bukan perintah wajib. Namun cukup banyak yang terpancing berkomentar atas kebijakan Imam Nahrawi sang Menteri Pemuda dan Olahraga. Semula, kebijakan ini murni diambil untuk meningkatkan rasa nasionalisme.

"Dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan mewujudkan generasi muda yang bangga serta cinta tanah air, dengan ini kami menghimbau kepada para pengelola bioskop di seluruh Indonesia untuk dapat memutarkan sekaligus menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum berlangsungnya pemutaran film," demikian bunyi surat imbauan ini.

2. Himbauan Dicabut?

Baru dua hari diedarkan, kebijakan Imam Nahrawi ini menjadi polemik di masyarakat. Banyak yang terpancing dan mengira himbauan ini tak murni demi nasionalisme namun demi politik. Dalam menanggapi hal ini, Menpora mencabut surat himbauan yang ia terbitkan.

"Surat himbauan tentang menyanyikan lagu Indonesia Raya di setiap jelang pemutaran film di bioskop sudah dicabut. Hal itu atas dasar berbagai pertimbangan dan juga karena resistensi dan kegaduhannya yang sangat tinggi. Mohon maaf," jelas Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto melalui keterangan tertulis, hari ini Jumat 1 Februari 2019.

3. Kemenpora Akan Beri Konferensi Pers

Lebih lanjut, Kemenpora akan memberikan konferensi pers resmi pada hari ini (Jumat 1/2/2019). Pihak Kemenpora akan memberikan alasan pencabutan himbauan ini secara rinci.

Padahal di beberapa negara telah mengaplikasikan aturan ini. Bioskop di India dan Thailand memainkan lagu nasional mereka sebelum film dimulai. Namun himbauan ini menjadi sesuatu yang 'panas' di Indonesia. Kira-kira apa yang membuat KLovers keberatan menyanyikan Indonesia Raya sebelum nonton film di bioskop?

 

 

(kpl/abs/rna)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho



MORE STORIES




REKOMENDASI