Bukan Sekedar Penyedap, Ini 5 Manfaat Kaldu Ayam yang Baik untuk Anak

Minggu, 02 Agustus 2020 11:33 Penulis: Dhia Amira
Bukan Sekedar Penyedap, Ini 5 Manfaat Kaldu Ayam yang Baik untuk Anak
Kaldu Ayam (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Kaldu ayam memang sering digunakan oleh para ibu untuk makanan anak saat fase tumbuh kembang. Tentu saja beberapa ibu bertanya-tanya, apakah baik memberikan kaldu ayam pada makanan anak yang sedang menjalani fase tumbuh kembang.

Memiliki rasa gurih, kaldu ayam memang merupakan salah satu gizi yang baik untuk anak. Dan tentu saja ada banyak sekali manfaat kaldu ayam bagi anak. Kira-kira apa saja manfaat kaldu ayam tersebut?

Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 manfaat kaldu ayam bagi anak dan juga tumbuh kembangnya. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat kaldu ayam yang pertama bagi anak yaitu dapat memperlancar sistem pencernaan. Hal itu karena kaldu ayam memiliki nutrisi berupa gelatine yang bermanfaat menjaga lapisan mukosa usus, dan melindunginya dari kerusakan.

Dengan begitu kaldu ayam dapat memperlancar sistem pencernaan anak, dan dapat mengatasi masalah diare kronis atau konstipasi pada anak. Selain itu kaldu ayam juga termasuk dalam makanan yang mudah dicerna oleh anak dengan baik, dan aman untuk dikonsumsi.

2. Sumber Probiotik

Manfaat kaldu ayam yang selanjutnya yaitu dapat menjadi sumber probiotik alami yang baik bagi anak. Probiotik memang menjadi salah satu hal yang paling penting bagi tubuh, termasuk pada anak.

Probiotik sendiri merupakan bakteri baik yang berada dalam perut, dan berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit. Selain itu probiotik juga berguna memperlancar sistem pencernaan dan meningkatkan imunitas tubuh.

Menambah kandungan probiotik memang sangat diperlukan bagi tubuh, terutama tubuh anak. Dan kalian bisa mendapatkan probiotik alami tersebut pada kaldu ayam. Tentu saja kaldu ayam aman dan juga mudah untuk diolah.

3. Membantu Pertumbuhan Tulang

Selain itu manfaat kaldu ayam lainnya dapat membantu pertumbuhan tulang pada anak. Hal itu karena di dalam kaldu ayam terdapat kandungan kalsium, magnesium, dan fosfor. Tentu saja ketiga kandungan ini sangat baik dalam membantu memberi nutrisi tulang serta gigi anak.

Kandungan kalsium sendiri berfungsi sebagai pembentuk struktur rangka, tanpa adanya kalsium maka tulang akan menjadi rentan dan rapuh. Lalu kandungan magnesium berfungsi membangun sel tulang yang baru, dan membantu aktivasi vitamin D dalam mengatur kebutuhan kalsium serta fosfat, untuk membantu pertumbuhan dan pembentukan tulang.

Dan fosfor adalah bagian penting dari proses pertumbuhan serta pemeliharaan tulang dan gigi. Fosfor bekerja sama dengan kalsium untuk menciptakan tulang yang kuat dan membantu meningkatkan kesehatan gusi serta email gigi. Bila ketiga kandungan ini bertemu, maka akan menghasilkan tulang dan gigi yang baik.

4. Memperkuat Jaringan Persendian

Manfaat kaldu ayam yang selanjutnya yaitu dapat memperkuat jaringan persendian pada anak. Hal ini karena di dalam kaldu ayam terdapat kandungan berupa glukosamin dan kondroitin yang berfungsi sebagai nutrisi untuk merawat persendian, serta membantu dalam perkembangan sendi pada masa pertumbuhan.

Selain itu kaldu ayam juga memiliki kandungan berupa gelatin dan kolagen, yang merupakan kunci dalam membangun dan mendukung jaringan ikat. Serta dapat menjadi nutrisi dalam membantu membangun tulang rawan dan tulang yang sehat.

5. Memenuhi Kebutuhan Protein

Dan manfaat kaldu ayam yang terakhir yaitu dapat memenuhi kebutuhan protein, karena di dalam kaldu ayam terdapat banyak sekali kandungan protein yang bagus untuk anak. Kandungan protein yang rendah dapat menyebabkan melemahnya kesehatan fisik serta mental pada anak.

Protein sendiri berfungsi sebagai pondasi utama bagi tumbuh kembang anak, seperti nutrisi dalam penyusunan sel-sel di dalam tubuh. Setiap sel, otot, dan organ dalam tubuh anak membutuhkan protein, sehingga protein sangat penting untuk membangun, memelihara, dan mengganti jaringan yang rusak dalam tubuh.

6. Menggunakan dan Menyimpan Kaldu

Cara menggunakan dan menyimpan kaldu ayam yaitu, pertama jangan lupa untuk menutup kaldu ayam secara rapat di sebuah wadah yang kedap udara. Hal ini dilakukan agar kaldu ayam tidak terkontaminasi oleh benda-benda asing yang dapat merusak kualitas kaldu ayam.

Lalu jangan lupa untuk mencantumkan tanggal pembuatan, hal ini agar kalian tahu sudah berapa lama kaldu tersebut dibuat. Bila kalian menyimpan kaldu untuk dibekukan, maka kaldu akan bertahan selama sebulan. Tetapi bila disimpan pada lemari biasa, maka kaldu hanya bertahan selama beberapa hari saja.

Dan yang terakhir pastikan untuk tidak membekukan kembali kaldu yang sudah dipanaskan kembali. Jadi bila kalian ingin membekukan kaldu, letakkan dalam wadah yang kecil-kecil untuk sekali pakai saja.

Itulah 5 manfaat kaldu ayam bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak. selain dapat memberikan rasa gurih pada makanan, nyatanya kaldu ayam juga memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tumbuh kembang anak.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI