6 Buku Cerpen Hewan yang Punya Kisah Menyenangkan, Beri Banyak Pesan Moral untuk Anak

Diterbitkan:

6 Buku Cerpen Hewan yang Punya Kisah Menyenangkan, Beri Banyak Pesan Moral untuk Anak
(credit: goodreads.com, gramedia.com)

Kapanlagi.com - Cerita pendek memang menjadi teman tidur yang baik untuk anak. Nah, ada banyak sekali buku cerpen yang bisa kalian baca, salah satunya cerpen hewan. Buku-buku ini menjadikan hewan-hewan sekitar menjadi karakter sebuah cerita, sehingga lebih menarik untuk ditonton.

Dalam artikel ini, KLovers akan melihat banyak sekali cerpen yang bisa jadi teman tidur anak. Dari cerpen yang ditulis oleh pengarang anak-anak dari Indonesia, hingga dari penulis luar. Kisah-kisah dalam buku ini memberikan banyak pelajaran baik.

Nah, bagi KLovers yang sedang mencari buku cerpen hewan, berikut ini daftar buku cerpen hewan yang bisa jadi teman tidur anak. Yuk, langsung saja dicek KLovers.

 

1. The Tale of Peter Rabbit

Buku cerpen hewan yang pertama yaitu ada buku berjudul The Tale of Peter Rabbit. Buku ini adalah salah satu buku anak terlaris sepanjang masa, ditulis dan diilustrasikan oleh Beatrix Potter. Buku The Tale of Peter Rabbit ini dicetak secara pribadi pada tahun 1901 dan diterbitkan secara komersial pada tahun 1902.

Buku The Tale of Peter Rabbit ini memperkenalkan sosok Peter Rabbit, memiliki sikap jauh lebih berani daripada saudara-saudaranya yaitu, Flopsy, Mopsy, dan Cotton-tail. Buku ini menggabungkan humor dan petualangan dan pelajaran moral. Tentu saja, buku The Tale of Peter Rabbit ini sangat cocok untuk kalian tonton.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Aesop Fables

Aesop Fables merupakan buku yang paling banyak dibaca di dunia. Buku ini merupakan dongeng-dongeng karya Aesop, yang dibuat kurang lebih antara tahun 600-560 SM. Buku dongeng ringan ini telah memberikan banyak pesan moral bagi para pembacanya, baik untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Salah satu kisah dalam buku Aesop Fables adalah The Hare and the Tortoise, yang menggambarkan mengenai kompetisi adu cepat antara kelinci dan kura-kura. Kelinci yang sangat yakin dengan kemampuan berlarinya, memutuskan berhenti untuk tidur.

Setelah terbangun, kelinci itu melihat bahwa kura-kura yang sebelumnya tertinggal jauh telah sampai di garis finis. Nah, bagi KLovers yang sedang mencari buku cerpen hewan, maka buku Aesop Fables ini bisa jadi pilihannya.

 

3. Jungle Drums

Buku cerpen hewan yang lainnya ada buku berjudul Jungle Drums. Buku karya Graeme Base ini berkisah tentang seekor ngiri kecil, ia adalah babi hutan terkecil di Afrika. Ia sangat sedih karena hewan-hewan lain tak henti mengejeknya. Ngiri ingin sekali semua berubah dan tidak mengejeknya lagi. Jadi, ketika Nyumbu Tua memberinya hadiah genderang ajaib.

Ngiri yakin keinginannya itu akan terpenuhi. Tapi sayang, ketika keinginan Ngiri terwujud, hewan-heran lain justru terkejut dengan keadaan yang terjadi. Buku Jungle Drums atau Genderang Hutan adalah buku cerita bergambar yang dilengkapi dengan teka-teki menyenangkan. Dan bagi KLovers yang sedang mencari buku cerpen hewan, maka buku Jungle Drums bisa jadi pilihan.

 

4. Kumpulan Cerita Binatang

Kemudian ada buku Kumpulan Cerita Binatang yang juga bisa jadi buku bacaan anak. Buku karya Endang Firdaus ini menjadi salah satu buku dengan banyak kumpulan cerpen, dengan berbagai tokoh hewan di dalamnya. Buku Kumpulan Cerita Binatang ini memiliki 103 halaman, dan cocok banget jadi buku dongeng malam temani anak.

 

5. Dongeng Teladan dari Dunia Binatang

Buku Dongeng Teladan dari Dunia Binatang ini juga menjadi salah satu buku bacaan anak selanjutnya. Buku cerpen karya Novita Widyastuti ini menyajikan 40 cerita binatang yang terinspirasi dari karya Aesop.

Pada setiap akhir cerita dilengkapi dengan pesan bijak agar anak dalam menyerap isi atau makna dari cerita. Tidak ketinggalan juga disertai ilustrasi menarik sehingga bisa membantu anak dalam mengembangkan imajinasinya.

 

6. Thank You, Mr. Panda

Buku Thank You, Mr. Panda ini berkisah tentang Mr. Panda dengan senang hati membantu teman-temannya mempersiapkan kejutan khusus.

Buku dengan kisah dan gambar lucu ini akan mengajarkan anak untuk sopan santun, bagaimana cara berterima kasih, dan lainnya dengan cara yang unik dan menyenangkan lewat sebuah cerita. Tentu saja, buku ini cocok jadi cerpen anak yang menyenangkan.

Itulah beberapa rekomendasi buku cerpen hewan yang bisa KLovers baca. Bukan hanya menjadi hiburan untuk anak saja, namun rekomendasi buku cerpen hewan ini juga memiliki banyak sekali pesan moral.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending