Cara Lapor Pajak Online 2019, Intip Panduan Lengkapnya di Sini!

Sabtu, 13 Juli 2019 17:40 Penulis: Editor KapanLagi.com
Cara Lapor Pajak Online 2019, Intip Panduan Lengkapnya di Sini!
Ilustrasi Cara Lapor Pajak Online (Credit: Shutterstock).

Kapanlagi Plus - Sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya kita mengurus dan membayar pajak secara rutin. Nah, sebelum membayar, kita harus melakukan pelaporan terlebih dahulu yang dapat dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Namun, untuk KLovers semua yang mungkin hanya memiliki waktu luang yang sedikit, sekarang kalian bisa, lho, melakukannya secara online asalkan laptop atau smartphone kalian terakses dengan koneksi internet. Sebutan lain untuk cara lapor pajak online ini adalah e-Filing. Dilansir dari cermati.com, e-Filing adalah cara penyampaian SPT Tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet di website DJP www.djponline.pajak.go.id atau penyedia jasa aplikasi (ASP/Aplication Service Provider) yang terdaftar secara resmi sebagai agen pajak.

Jadi, mulai sekarang tidak perlu meluangkan waktu untuk antri ke Kantor Pelayanan Pajak untuk melakukan cara lapor pajak online 2019 karena kamu sudah bisa menggunakan e-Filing kapan dan di mana saja dengan cepat.

Khusus untuk WP Orang Pribadi, e-Filing melayani penyampaian dua jenis SPT, yakni:

1. Formulir 1770 S


Digunakan bagi WP Orang Pribadi yang sumber penghasilannya diperoleh dari satu atau lebih pemberi kerja. Memiliki penghasilan lain yang bukan dari kegiatan usaha atau pekerjaan bebas. Contohnya Pegawai Negeri Sipil (PNS), Anggota TNI dan Polri, pejabat negara yang punya penghasilan lain, seperti sewa rumah, honor sebagai pembicara/pengajar/pelatih.


2. Formulir 1770 SS


Digunakan oleh WP Orang Pribadi yang memiliki penghasilan selain dari usaha atau pekerjaan bebas dengan jumlah pendapatan kotor tidak lebih dari Rp60 juta setahun. Contohnya karyawan swasta dan PNS.
Pada kali ini, KLovers semua akan mengetahui cara mudah isi SPT Tahunan PPh Tahun Pajak 2018 menggunakan e-filing dengan formulir 1770 SS (WP OP dengan penghasilan kurang dari Rp60 juta per tahun).

• Siapkan Bukti Potong Pajak
Sebelum memulai langkah pengisian e-filing untuk SPT Tahunan 1770 SS, pastikan Kamu sudah mendapat dokumen penting, berupa bukti potong pajak dari perusahaan tempat Kamu bekerja. Lembaran bukti potong 1721 A1 untuk karyawan swasta dan untuk PNS bukti potong 1721 A2. Jika belum menerima, segera minta ke perusahaan atau bendahara.


• Buat EFIN dan Daftar Akun DJP Online
Selanjutnya, Kamu sebagai Wajib Pajak harus memiliki dan mengaktivasi EFin (Electronic Filing Identification Number) untuk keperluan membuat akun DJP Online dan menggunakan layanan pajak online. Jika Kamu lupa atau tidak menyimpan EFIN, silakan mencetak ulang EFIN di KPP terdekat. Sedangkan bagi yang belum punya, segera datangi KPP atau Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) terdekat.


Lalu isi dan kamu tangani formulir permohonan aktivasi EFIN; serta menunjukkan asli dan menyerahkan fotokopi KTP (bagi WNI) atau paspor dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) (bagi WNA) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT) ke petugas pajak.
Setelah menerima EFIN paling lambat satu hari kerja setelah pembuatan, daftar akun DJP Online. Buka situs djponline.pajak.go.id, lalu klik Daftar. Isi kolom NPWP, EFIN, dan kode keamanan, lalu klik Verifikasi. Kemudian sistem akan mengirimkan identitas pengguna (NPWP), password, dan link aktivasi lewat email yang Kamu daftarkan. Klik linkuntuk mengaktifkan akun DJP Online Kamu. Setelah aktif, silakan login kembali dengan NPWP dan password yang sudah diberikan.

Panduan Isi dan Lapor E-Filing 1770 SS

Berikut cara mudah lapor SPT Tahunan pakai e-Filing 1770 SS lewat ponsel maupun laptop Kamu:

1. Buka https://djponline.pajak.go.id. Masukkan NPWP, password, kode keamanan (captcha), lalu klik “Login”


2. Pilih layanan “e-Filing”


3. Pilih atau klik “Buat SPT”


4. Jawab beberapa pertanyaan sebelum masuk ke SPT 1770 SS
• Apakah kamu menjalankan usaha atau pekerjaan bebas? Pilih jawaban tidak
• Apakah kamu seorang suami atau istri yang menjalankan kewajiban perpajakan terpisah (MT) atau pisah harta? Pilih jawaban tidak
• Apakah penghasilan bruto yang kamu peroleh selama setahun kurang dari Rp60 juta? Pilih jawaban ya


5. Setelah menjawab pertanyaan, lalu klik SPT 1770 SS


6. Begitu sudah masuk di SPT 1770 SS, selanjutnya isi data formulir, seperti tahun pajak misalnya 2018, status SPT normal. Kalau status SPT pembetulan, isi juga pembetulan ke berapa


7. Isi juga data SPT, yang terdiri dari:


A. Pajak Penghasilan: masukkan data sesuai lembaran bukti potong 1721 A1/A2
B. Penghasilan yang dikenakan PPh Final dan dikecualikan dari objek pajak (isi kalau ada). Misalnya kalau ada, Kamu dapat hadiah undian Rp1 juta yang sudah dipotong PPh Final 25% (Rp250 ribu) dan menerima warisan (dikecualikan dari objek) sebesar Rp2 juta
C. Isi jumlah keseluruhan harta dan kewajiban Kamu di bagian Daftar Harta dan Kewajiban. Misal punya rumah Rp400 juta, perabotan rumah Rp10 juta, motor Yamaha Mio senilai Rp15 juta, tabungan Rp10 juta, dan kalung emas Rp5 juta. Sedangkan kewajiban yang dimiliki berupa sisa kredit rumah Rp200 juta dan kredit motor sebesar Rp3 juta.
D. Beri centang pada kolom “Setuju” di bagian Pernyataan.


8. Klik “Berikutnya”


9. Kamu akan menerima ringkasan SPT Kamu dan pengambilan kode verifikasi. Kemudian ambil kode verifikasi dengan mengklik (“Di Sini”). Nanti ada pemberitahuan kode verifikasi dikirim ke email atau nomor handphone.


10. Lalu masukkan kode verifikasi di kolom “Kode Verifikasi”


11. Klik “Kirim SPT”


12. SPT Kamu sudah terkirim


13. Jika Kamu mengisi e-Filing 1770 SS di ponsel, di akhir Kamu diminta mengisi respons terhadap layanan pajak online tersebut, apakah Kamu puas atau tidak puas


14. Segera buka email, Kamu akan menerima Bukti Penerimaan Elektronik (BPE) SPT Tahunan PPh lewat email.

Nah, gimana, KLovers, mudah bukan? Selain itu, ada tambahan informasi nih, KLovers! Untuk melakukan cara lapor pajak online 2019, koneksi internet data seluler maupun wi-fi yang kamu gunakan harus stabil. Kalau sinyal yang kamu gunakan buruk, kemungkinan besar bisa error di tengah jalan, sayang sekali bukan? Selain itu, pastikan kamu ingat dengan EFIN, alamat email yang kamu gunakan saat aktivasi EFIN dan daftar akun DJP Online, karena email tersebut yang dapat digunakan untuk me-reset password akun atau menerima bukti setoran SPT Tahunan elektronik. Sangat mudah dan menguntungkan, bukan? Kamu pun dapat tetap bisa melakukan segala macam kesibukan dan aktivitas tanpa terganggu urusan lapor pajak ke KPP! Tunggu apa lagi? Yuk, lapor pajak sekarang!

 

Penulis: Shahfara Raida Utami

 

(kpl/mag/fff)



MORE STORIES




REKOMENDASI