Arti Gumawo dan Variasi Ungkapan Terima Kasih Bahasa Korea Lainnya, Pecinta Drakor Wajib Tahu Bedanya

Rabu, 24 November 2021 19:44 Penulis: Puput Saputro
Arti Gumawo dan Variasi Ungkapan Terima Kasih Bahasa Korea Lainnya, Pecinta Drakor Wajib Tahu Bedanya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Bahasa Korea belakangan semakin diminati seiring dengan meningkatnya popularitas musik K-pop dan drama korea alias drakor. Terbukti, kini beberapa kosakata dalam bahasa Korea mulai populer dan biasa dipakai di keseharian. Kata gumawo adalah salah satunya. Lantas, apa arti gumawo yang sebenarnya?

Kata gumawo sering kita jumpai dalam lirik lagu K-Pop atau dialog dalam drakor. Secara umum, arti gumawo adalah terima kasih. Kata ini biasa dipakai saat seseorang merasa telah dibantu. Namun tak seperti dalam bahasa Indonesia, dimana rasa berterima kasih ditunjukkan dalam satu ungkapan, yaitu 'terima kasih'. Dalam bahasa Korea ternyata ada banyak variasi untuk mengungkapkan rasa terima kasih.

Penasaran? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang arti gumawo dan variasinya yang menarik untuk dipelajari.

1. Arti Gumawo

Seperti yang telah disinggung sebelumnya gumawo adalah salah satu kata dalam bahasa Korea. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, arti gumawo adalah terima kasih. Seseorang biasa mengatakan gumawo ketika mendapatkan pertolongan dari orang lain.

Gumawo hanyalah salah satu dari beberapa variasi kata-kata terima kasih yang ada dalam bahasa Korea. Lebih spesifik, Gumawo merupakan ungkapan terima kasih yang biasa disampaikan di situasi informal. Biasanya, diucapkan ke pada teman-teman yang sepantaran atau pada anak-anak. Oleh sebab itu, gumawo jadi ungkapan terima kasih bahasa Korea yang cukup sering digunakan di keseharian.

2. Variasi Kata Terima Kasih dalam Bahasa Korea

Selain gumawo, masih ada beberapa variasi kata-kata terima kasih dalam bahasa Korea. Meski mempunyai makna yang sama seperti arti gumawo, tapi tetap tak ada salahnya untuk tahu berbagai variasi tersebut. Apalagi, setiap variasi mempunyai fungsi masing-masing, karena akan digunakan di situasi-situasi tertentu. Berikut beberapa variasi kata terima kasih dalam bahasa Korea.

1) Gumawoyo

Sama seperti gumawo, gumawoyo juga merupakan variasi terima kasih bahasa Korea dalam situasi informal. Namun, gumawoyo dirasa lebih sopan dari gumawo. Biasanya, gumawoyo dipakai pada teman yang belum begitu akrab.

2) Kamsa

Kamsa juga merupakan ungkapan terima kasih bahasa Korea dalam situasi informal. Dibandingkan gumawo dan gumawoyo, kamsa cenderung lebih kasar. Sehingga, hanya biasa dipakai di situasi santai antar teman atau sesama anak muda.

3) Kamsahae

Kamsahae tak jauh beda dengan kamsa. Kamsahae juga terbilang kasar dan hanya dipakai di kalangan sesama teman. Ungkapan terima kasih bahasa Korea ini, sangat dilarang untuk ditujukan pada orang yang lebih tua.

4) Kamsahaeyo

Kamsahaeyo juga termasuk dalam ungkapan terima kasih bahasa Korea secara informal. Meski begitu, berbeda dengan kamsah dan kamsahae, kamsahaeyo terbilang lebih sopan.

5) Kamsahamnida

Kamsahamnida merupakan ragam formal untuk ungkapan terima kasih dalam bahasa Korea. Ungkapan terima kasih ini biasa dipakai untuk ditujukan pada orang yang lebih tua atau dituakan, atau juga untuk orang yang lebih mempunyai jabatan.

6) Gomapseumnida

Gomapseumnida juga tergolong dalam ungkapan terima kasih bahasa Korea yang formal dan sopan. Namun, banyak yang beranggapan gomapseumnida tak lebih sopan dari kamsahamnida.

3. Cara Menjawab Gumawo

Sama seperti arti gumawo 'terima kasih' yang mempunyai beberapa variasi, untuk menjawab ungkapan terima kasih dalam bahasa Korea ternyata juga ada beberapa cara. Berikut beberapa cara menjawab ungkapan gumawo.

1) Aniaeyo

Artinya 'tidak', termasuk ungkapan yang sopan dan formal untuk menjawab ungkapan terima kasih dalam bahasa Korea. Biasanya aniaeyo dipakai oleh orang tua.

2) Animmida

Artinya juga ;tidak', ungkapan ini juga tergolong sopan dan formal tapi cukup jarang dipakai. Biasanya, animmida dipakai dalam ranah pemerintahan atau kepada atasan di tempat kerja.

3) Cheonmaneyo

Artinya 'sama-sama', sama seperti animmida, ungkapan ini jarang dipakai masyarakat biasa dan lebih sering digunakan kalangan pemerintahan.

4) Byeolmalsseumeulyo

Artinya 'tidak masalah', ungkapan ini juga tergolong formal. Biasa ditujukkan pada orang yang baru dikenal atau belum dikenal sama sekali.

5) Gwaenchanseummida

Artinya 'Tidak apa-apa', ungkapan ini cocok ditunjukkan pada orang yang belum dikenal karena mempunyai kesan yang sopan.

6) Gwaenchanayo

Artinya 'Tidak apa-apa', ungkapan ini juga terbilang sopan dan bisa dipakai secara luas, untuk keluarga, saudara, guru dan seseorang yang kita kenal serta lebih tua.

4. Kata-Kata Populer Bahasa Korea Lainnya

Selain gumawo, masih ada banyak kata-kata dalam bahasa Korea yang populer lewat lagu K-pop dan drakor. Selain arti gumawo, penting juga untuk tahu makna dari kata-kata populer bahasa Korea lainnya tersebut. Berikut beberapa kata-kata atau ungkapan bahasa Korea yang populer.

1) Neo reul bogosipheo artinya aku kangen kamu.

2) Sagwa deuryeoyo artinya saya minta maaf.

3) Annyeonghi kyeseyo artinya selamat tinggal.

4) Annyeonghi kaseyo artinya selamat jalan.

5) Annyeonghi jumuseyo artinya selamat malam.

6) Mannso ban gapseumnida artinya senang bertemu dengan kamu.

7) Joeun achimimnida artinya selamat pagi.

8) Silmanghaesseoyo artinya saya kecewa.

9) Hwaiting artinya semangat.

10) Arasseoyo artinya saya paham.

11) Jumal jal jinaeseyo artinya selamat berakhir pekan.

12) Oneul jeulgeoweosseoyo artinya hari ini menyenangkan.

13) Jal jinaeseyo artinya selamat bersenang-senang.

14) Dasi bwayo artinya sampai jumpa lagi.

15) Keojitmal hajimara! artinya jangan bohong!

16) Cheongmalimnikka? artinya benarkah?

17) Arasseoyo artinya saya paham.

18) Hajima! artinya jangan lakukan!

19) Sillyehammida artinya permisi.

20) Jal jayo artinya selamat tidur.

21) Eoseo oshipshiyo artinya selamat datang.

22) Ne artinya ya.

23) Aniyo artinya tidak.

24) Eomeona! artinya astaga!

25) Arasseumnida artinya sudah tahu.

26) Eolmana haetonghasimnikka ! artinya turut berduka cita.

27) Saram sallyeo! artinya tolong!

28) Keojitmal artinya bohong.

29) Mannso ban gapseumnida artinya senang bertemu dengan Anda.

30) Masittke deusipsio artinya selamat makan.

Itulah di antaranya ulasan tentang arti gumawo dan variasinya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian!

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI