Arti Who di Kamus Bahasa Inggris dan Penggunaannya, Pahami Perbedaan dengan Whom, Whose

Rabu, 24 November 2021 19:22 Penulis: Nurul Wahida
Arti Who di Kamus Bahasa Inggris dan Penggunaannya, Pahami Perbedaan dengan Whom, Whose
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Penggunaan kata tanya dalam bahasa Inggris yang tak bisa dilewatkan adalah who. Namun apakah kalian sudah tahu arti who di kamus bahasa Inggris beserta penggunaannya dalam rumus 5W + 1H?

Memahami arti bahasa Inggris terutama pada kata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari tentunya sangatlah penting. Seperti kata tanya who yang mudah dijumpai dalam kalimat tanya percakapan. Selain itu arti who juga termasuk ke dalam rumus 5W + 1H. Rumus ini umumnya digunakan untuk menggali informasi dari seseorang yang disebut juga narasumber.

Maka dari itu, rumus 5W + 1H juga dipakai sebagai dasar dalam penyusunan berita. Jika kalian ingin tahu lebih jauh tentang arti who di kamus Inggris beserta penggunaannya, berikut ini ulasan lengkapnya. Apalagi juga dilengkapi dengan perbedaan arti who, whom, dan whose yang seringkali tertukar. Yuk simak ulasannya tentang arti who telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti Who di Kamus Bahasa Inggris Terjemahan Indonesia

Kata who seringkali digunakan dalam percakapan sehari-hari. Selain itu arti who juga sering digunakan dalam kalimat tanya. Karena itulah cukup penting tahu arti who di kamus bahasa Inggris untuk memahami maknanya. Bagi sejumlah orang mungkin saja sudah cukup awam tahu arti who. Meski begitu tidak ada salahnya kembali mengingat-ingat apa arti who di kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia.

Menurut kamus bahasa Inggris, arti who adalah siapa. Arti who di kamus juga bisa berarti barang siapa serta yang. Selain itu, arti who juga dapat digunakan dalam kata ganti benda. Misalnya saja menanyakan tentang nama seseorang, identitas, ataupun subjek berupa orang. Itulah arti who di kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia yang perlu kalian ketahui.

2. Arti Who dalam Kalimat Tanya

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, arti who adalah siapa, barang siapa, yang, ataupun siapa saja. Nah, kata who umumnya digunakan dalam kalimat tanya. Jika dalam bahasa Indonesia kita mengenal beberapa jenis kata tanya seperti siapa, mengapa, apa, bagaimana, kenapa, di mana. Maka dalam bahasa Inggris kata tanya tersebut dikenal dengan What, Why, Who, When, Where, dan How.

Ya, arti who dalam kalimat tanya bertujuan untuk menanyakan siapa yakni merujuk pada subjek orang. Arti who dalam kalimat tanya yang merujuk subjek orang dapat digunakan dalam berbagai situasi. Misalnya saja untuk tahu identitas nama seseorang. Ada juga kata who yang digunakan untuk tahu siapa yang melakukan atau terlibat dalam sebuah peristiwa ataupun kejadian.

Karena itulah umumnya penggunaan kata tanya dengan rumus 5W + 1H dipakai dalam penyusunan berita. Dari penjelasan ini tentunya kalian sudah mulai paham mengenai makna dan arti who dalam kalimat tanya.

3. Arti Who dan Penggunaannya dalam Rumus 5W + 1H

Bagaimanapun juga untuk tahu arti who tidak bisa dilepaskan dari rumus 5W + 1H. Ya, seperti diketahui rumus 5W + 1 H dipakai untuk menggali informasi dari narasumber. Karena itulah, rumus ini adalah dasar dari penulisan sebuah berita. Namun bagaimana dengan penggunaan rumus 5W + 1H yang juga terdapat kata who?

Setelah paham arti who di kamus dan kalimat tanya, maka kalian juga perlu tahu penggunaannya dalam rumus 5W + 1H. Nah, berikut ini arti who dan penggunaannya dalam rumus 5W + 1H.

1. WHAT: Arti what jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah apa. Sedangkan dalam kata tanya, what digunakan untuk menanyakan suatu benda, objek, nama orang ataupun peristiwa. What juga digunakan untuk menanyakan apa yang sedangkan terjadi. Contohnya, What happened five years ago at Bali, Indonesia? (Apa yang terjadi 5 tahun lalu di Bali, Indonesia?

2. WHO: Arti who jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah siapa. Kata ini berfungsi untuk menanyakan siapa atau siapakah yang terlibat dalam suatu peristiwa atau kejadian. Contohnya, Who is that girl? (Siapakah gadis itu?)

3. WHERE: Arti where adalah di mana. Kata tanya ini memiliki fungsi untuk menanyakan tempat ataupun lokasi. Selain itu bisa juga arti where untuk menanyakan keberadaan suatu tempat. Contohnya, Where is the Nam Island? (Di mana pulau Nam)

4. WHEN: Arti when jika diterjemahkan adalah kapan. Nah, kata tanya ini memiliki fungsi untuk menanyakan kapan sesuatu itu terjadi atau peristiwa terjadi baik di masa lampau atau yang akan datang. Contohnya, When were you born? (Kapan kamu lahir?)

5. WHY: Arti why adalah mengapa. Kata tanya ini memiliki fungsi untuk menanyakan sebab dan alasan suatu kejadian atau suatu hal. Contohnya, Why do your cry? (Mengapa kamu menangis?)

6. HOW: Arti how adalah bagaimana. Kata tanya ini memiliki fungsi menanyakan runtutan kejadian atau peristiwa. Contohnya, How was the graduation? (Bagaimana kelulusannya?)

4. Perbedaan Who, Whom, Whose

Setelah tahu arti who beserta penggunaannya dalam rumus 5W + 1H, terkadang dibuat bingung dengan kata whom dan whose. Ketiganya terlihat memiliki arti yang hampir mirip namun ternyata punya sedikit perbedaan. Nah, adapun perbedaan who, whom, dan whose sebagai berikut.

1. Kata Who digunakan untuk menanyakan subjek dari suatu topik atau kalimat yang akan melakukan pekerjaan. Biasanya kata who menjadi kata ganti dari subjek  berupa he, she, it, they, we, I, you.

2. Kata whom digunakan dipakai untuk menanyakan objek dalam sebuah topik atau kalimat yang akan dikenai pekerjaan. Biasanya digunakan untuk objek yang buka pelaku. Selain itu whom digunakan untuk kata ganti atau menjelaskan objek dengan jawaban him, her, it, me, us, you, them. Contohnya, Whom did you meet yesterday? (Siapa yang kamu temui kemarin?)

3. Kata whose digunakan untuk menanyakan siapa atau kepemilikan siapa. Contohnya yakni Whose phone it this? (Telepon siapa ini?) Kata tanya ini umumnya dipakai sebelum kata benda.

Itulah beberapa penjelasan tentang arti who lengkap dengan penggunaannya dan perbedaan whom dan whose. Sehingga dengan memahami apa arti who bisa memudahkan kalian tahu makna sebenarnya.

Sumber: ef.co.id dan sumber lainnya

(kpl/gen/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI