Cara Membuat Akun Bisnis di WA dengan Mudah dan Praktis, Bisa untuk Nomor Lama ataupun Baru

Sabtu, 09 Juli 2022 10:22 Penulis: Puput Saputro
Cara Membuat Akun Bisnis di WA dengan Mudah dan Praktis, Bisa untuk Nomor Lama ataupun Baru
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Sejak beberapa tahun ke belakang, Whatsapp atau WA menjadi media sosial paling populer. Saking populernya, WA bahkan telah menggeser fungsi SMS dan telepon sebagai fitur utama handphone untuk berkomunikasi. Kini tak saja untuk update dan berkomunikasi, WA juga bisa dipakai untuk berbisnis. Namun untuk melakukannya, kalian harus tahu cara membuat akun bisnis di WA.

Ya, WA kini bisa diakses khusus untuk berbisnis. Saat ini, WA bisnis juga telah banyak dimanfaatkan oleh pelaku bisnis, khususnya mereka yang menjalankan bisnis secara online. Dengan WA bisnis, segala urusan komunikasi terkait bisnis akan jadi lebih mudah dan praktis. Pasalnya, pelaku bisnis bisa mengakses berbagai fitur khusus yang tidak ada di WA versi biasa. 

Penasaran, bagaimana cara membuat akun bisnis di WA? Untuk mengetahui langkah-langkahnya, langsung saja simak dan ikuti ulasan berikut ini. 

 

1. Fitur WA Bisnis

Seperti yang telah disinggung di awal, bahwa WA bisnis mempunyai berbagai fitur khusus yang tidak ada di versi biasa (pribadi). Maka dari itu, sebelum tahu cara membuat akun bisnis di WA penting untuk mengenal fitur-fitur tersebut. Sebab dengan begitu, nantinya penggunaan WA bisnis bisa jadi lebih maksimal.

1. Fitur Katalog

Adanya katalog akan mempermudah calon konsumen mengenali produk atau jasa yang kalian tawarkan. WA bisnis mempunyai fitur pembuatan katalog. Sama seperti katalog pada umumnya, katalog ini menampilkan informasi terkait produk atau jasa yang ditawarkan.

2. Membuat Tautan pendek

Untuk memperluas informasi, kalian bisa menautkan akun bisnis dengan website atau media sosial lain. Hal ini tentunya akan mempermudah konsumen terkhusus pelanggan baru untuk menghubungi kalian.

3. Fitur Perpesanan

Sama seperti versi biasa (pribadi) WA bisnis tentunya mempunyai fitur perpesanan. Sehingga, kalian bisa berinteraksi langsung dengan konsumen. Menariknya, kalian bisa membuat salam pembuka yang akan dikirim secara otomatis untuk membuka interaksi dengan konsumen baru.

4. Pelabelan

Dengan WA bisnis kalian bisa melabelkan atau mengurutkan percakapan dengan konsumen dalam beberapa kategori, misalnya "Pesanan Baru" dan "Pesanan Sedang Diproses". Sehingga tentunya akan membuat kalian lebih mudah dalam mengelola dan menjalankan bisnis.

 

2. Cara Membuat Akun Bisnis di WA

Cara membuat akun bisnis di WA bisa dilakukan dengan sangat mudah dan praktis. Saking mudahnya, bahkan kalian bisa melakukannya dalam hitungan menit saja. Adapun langkah-langkah dalam cara membuat akun WA bisnis adalah sebagai berikut.

- Pertama, silakan download aplikasi WA bisnis di Playstore atau Apps Store.

- Jika aplikasi sudah terpasang di hp, langsung saja buka dan baca bagian Tinjauan dan Ketentuan. Apabila kalian setuju dengan syarat dan ketentuan yang diajukan, maka klik Setuju.

- Berikutnya, kalian akan diarahkan untuk melakukan pendaftaran sama seperti saat membuat akun WA pribadi. Kalian akan diminta untuk memasukkan kode negara diikuti nomor telepon. Setelah itu klik Ok atau Lanjutkan.

- Periksa kotak masuk hp kalian, pihak WA akan mengirimkan 6 digit angka untuk proses verifikasi.

- Setelah itu, kembali ke aplikasi WA bisnis kemudian klik Izinkan akses ke kontak dan foto.

- Lanjutkan cara membuat akun bisnis di WA dengan klik Buat akun.

- Lengkapi data seperti nama bisnis, pilih kategori bisnis, lalu pilih foto profil.

- Buat profil bisnis kalian dengan klik opsi Jelajah kemudian pilih Profil Bisnis.

- Pada kotak tersedia kalian bisa menuliskan informasi penting terkait bisnis seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan lainnya.

- Selesai.

 

3. Cara Mengubah Akun Pribadi WA Menjadi Akun Bisnis

Cara membuat akun bisnis di WA ternyata juga bisa dilakukan untuk nomor pribadi yang sudah aktif sejak lama. Cara untuk mengubah akun WA dari yang bersifat pribadi jadi akun bisnis juga sangatlah mudah. Untuk melakukannya kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

- Pertama, silakan download aplikasi WA bisnis di Playstore atau Apps Store.

- Jika aplikasi sudah terpasang di hp, langsung saja buka dan baca bagian Tinjauan dan Ketentuan. Apabila kalian setuju dengan syarat dan ketentuan yang diajukan, maka klik Setuju.

- Secara otomatis, aplikasi WA bisnis akan mendeteksi nomor kartu provider kalian yang aktif untuk koneksi internet. Nah, jika nomor tersebut bukanlah nomor WA pribadi yang akan dijadikan kontak bisnis, maka kalian bisa mengubahnya dengan klik opsi GUNAKAN NOMOR LAIN.

- Setelah itu, kalian bisa masukkan nomor WA pribadi kalian.

- Jika sudah, periksa kotak masuk di hp kalian, pihak WA akan mengirimkan 6 digit angka untuk proses verifikasi.

- Kembali ke aplikasi WA bisnis kemudian klik opsi Lanjutkan.

- Akan muncul notifikasi berisi konfirmasi untuk izinkan akses ke kontak dan foto, klik Izinkan

- Lakukan konfirmasi dengan memasukkan kode 6 digit angka yang telah dikirim via SMS.

- Lanjutkan dengan membuat profil bisnis, klik opsi Jelajah kemudian pilih Profil Bisnis.

- Pada kotak tersedia kalian bisa menuliskan informasi penting terkait bisnis seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan lainnya.

- Selesai.

Itulah di antaranya ulasan terkait cara membuat akun bisnis di WA menggunakan nomor baru ataupun lama. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI