Cara Membuat Website Gratis Lewat HP yang Mudah, Beserta Pengertian dan Jenisnya

Sabtu, 09 Juli 2022 12:44
Cara Membuat Website Gratis Lewat HP yang Mudah, Beserta Pengertian dan Jenisnya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Website menjadi salah satu hal yang dibutuhkan dalam dunia modern ini. Bagi KLovers yang ingin memiliki sebuah website, maka ada beberapa cara membuat website gratis lewat HP yang dapat kalian lakukan.

Ya, cara membuat website gratis lewat HP ini mudah kok. Selain mengetahui cara membuat website gratis lewat HP, KLovers juga bisa mengetahui penjelasan tentang arti sebuah website dan jenis-jenisnya.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut cara membuat website gratis lewat HP yang tepat dan mudah. Beserta dengan pengertian website dan juga jenisnya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Pengertian Website

Sebelum KLovers mengetahui cara membuat website gratis lewat HP, KLovers harus tahu dulu nih apa pengertian dari website. Website adalah lokasi pusat halaman web yang saling terhubung dan diakses dengan mengunjungi halaman rumah dari website menggunakan browser.

Pengertian website juga bisa berarti pula kumpulan halaman web yang dikelompokkan bersama dan biasanya dihubungkan bersama dalam berbagai cara. Dan biasanya sering disebut "website" atau "situs". Untuk melihat website membutuhkan browser. Misalnya, kalian membaca halaman web ini menggunakan browser.

Setelah berada di browser, kalian dapat membuka situs web dengan memasukkan URL di bilah alamat. Fungsi website bergantung jenisnya untuk apa Anda membuat website tersebut. Tujuan dan fungsi website Anda harus menjadi salah satu faktor utama dalam memutuskan fitur apa yang dibutuhkan. Dan KLovers harus memahami bahwa, website serta blog itu berbeda.

Blog merupakan singkatan dari web blog yang umumnya akan berisi konten berupa artikel. Sementara itu, yang dimaksud dengan website adalah situs laman online yang terhubung dalam satu domain dan dikelola oleh suatu tim ahli. Sehingga, dapat simpulkan secara sederhana bahwa, blog merupakan bagian dari website itu sendiri ya KLovers.

 

2. Jenis Website

Bila sudah mengetahui tentang arti website, KLovers juga bisa mengetahui jenis dari sebuah website. Ada miliaran website di Internet saat ini yang dapat dipecah menjadi salah satu dari jenis kategori website. Dan berikut ini jenis-jenis website tersebut:

1. Situs web arsip.

2. Blog (weblog).

3. Situs web bisnis dan situs web perusahaan.

4. Situs komunitas.

5. Situs konten dan situs informasi.

6. Situs kencan.

7. Situs web e-niaga.

8. Situs web game.

9. Situs web pemerintah.

10.Bantuan dan situs web Q&A.

11. Situs web berbahaya.

12. Situs web berbagi media.

13. Situs web cermin.

14. Situs berita.

15. Situs web P2P dan situs web Torrent.

16. Situs web pribadi.

17. Situs web kepribadian.

18. Pintu gerbang

19. Tinjau situs web.

20. Situs web sekolah.

21. Situs web pengikis.

22. Situs mesin pencari.

23. Situs jejaring sosial.

24. Situs berita sosial.

25. Situs webcomic.

26. Situs webmail.

27. Situs web wiki.

 

3. Cara Membuat Website di Google Site

Google mempunyai berbagai fitur khusus untuk menjawab kebutuhan masyarakat luas pengguna teknologi. Termasuk untuk membuat website secara gratis. Nah, ini menjadi salah satu solusi cara membuat website gratis lewat HP yang bisa KLovers lakukan dengan praktis. Berikut ini beberapa tahapan cara membuat website gratis lewat HP dengan menggunakan Google Site.

1. Pertama, buka browser kemudian akses situs atau website sites.google.com

2. Setelah berhasil masuk ke situs tersebut, silakan login dengan akun google dengan memasukkan alamat email gmail dan kata sandi pada kolom yang tersedia.

3. Selanjutnya, klik menu New Google Sites yang ada di bagian kiri.

4. Setelah itu, lanjutkan cara membuat website gratis di google dengan klik opsi New atau klik tombol lingkaran merah dengan tanda plus (+) yang ada kanan bawah.

5. Secara otomatis, kalian akan diarahkan masuk ke halaman website baru.

6. Jika sudah, masukkan judul halaman utama pada kolom Your Page Title. Kalian bisa memasukkan judul atau nama yang sesuai keinginan.

7. Berikutnya, klik kolom Enter Sites Name yang berada di pojok kiri atas. Disarankan untuk memilih nama yang unik atau yang berbeda dan yang belum digunakan oleh orang lain. Selain itu, tetap sesuaikan juga dengan topik atau tema dari website yang akan kalian buat.

8. Kemudian, unggah foto sampul dengan menambahkan foto terlebih dahulu di bagian atas halaman utama. Untuk melakukannya, silakan klik Change Image.

9. Setelah klik Change Image.

10. Selanjutnya pilih berkas atau file file foto yang ingin digunakan, lalu klik tombol Open. Kalian akan di bawa masuk ke halaman eksplor temukan foto yang akan digunakan, klik Upload

11. Terakhir, klik tombol opsi Publish atau tombol ungu yang ada di bagian kanan atas. Selesai, website kalian di google site berhasil dibuat sesuai dengan nama dan alamat yang telah kalian pilih sebelumnya.

 

4. Cara Mengedit Website di Google Site

Setelah berhasil melakukan cara membuat website gratis lewat HP di Google Site, ada baiknya sebelum digunakan kalian edit terlebih dahulu, ini agar tampilan website yang kalian buat lebih cantik dan menarik. Berikut beberapa langkah dasar mengedit website di google site.

1. Pertama, langsung saja buka browser kemudian akses bagian dasbord situs atau website yang baru saja kalian buat.

2. Setelah itu, login dengan menggunakan username dan password.

3. Selanjutnya, silakan klik tombol Edit atau ikon gambar pensil yang terletak di bagian kanan bawah halaman.

4. Jika sudah, maka secara otomatis akan muncul jendela editing untuk website google site bikinan kalian.

5. Perhatikan isi kanan halaman jendela edit tersebut, akan tersedia beberapa menu pilihan. Lewat berbagai menu pilihan tersebut, kalian bisa melakukan editing mendasar untuk cara membuat website gratis di google. Berikut beberapa di antaranya:

- Menu Insert merupakan menu yang dapat digunakan untuk menambah kotak teks atau foto. Menu insert juga bisa dipakai untuk memasang dokumen atau video dari yang diperoleh dari situs atau website lain.

- Menu Pages yaitu menu yang dapat digunakan untuk menambah halaman atau menu baru pada situs, misalkan menu profile, kontak, dan sebagainya.

- Menu Themes adalah menu yang dapat digunakan untuk melakukan pengaturan tema pada tampilan situs. Dengan menu Themes kalian bisa mengatur tampilan warna latar belakang hingga tata letak situs.

6. Setelah melakukan editing di beberapa menu tersebut, pastikan untuk melakukan pratinjau terlebih dahulu sebelum menyimpan perubahan. Caranya cukup mudah, hanya dengan klik tombol Preview atau ikon gambar mata yang ada di bagian atas.

7. Setelah merasa yakin dan puas dengan hasil editing, kalian bisa simpan perubahan dengan klik tombol opsi Save.

Itulah cara membuat website gratis lewat HP yang bisa KLovers lakukan dengan tepat. Bukan hanya cara membuat website gratis lewat HP saja, namun ada pula penjelasan tentang pengertian website beserta jenisnya.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI