Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop dengan Mudah dan Praktis, Bikin Koneksi Internet Makin Lancar

Rabu, 10 November 2021 16:33 Penulis: Puput Saputro
Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop dengan Mudah dan Praktis, Bikin Koneksi Internet Makin Lancar
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Cara mengaktifkan wifi di laptop menjadi salah satu hal penting perlu diketahui saat ini. Sebab di era internet seperti sekarang ini, wifi dan laptop seolah jadi dua hal yang sulit dipisahkan. Bagaimana tidak, adanya koneksi wifi terbukti bisa memudahkan dan mempercepat berbagai pekerjaan yang dilakukan dengan laptop.

Tanpa adanya wifi, laptop akan kesulitan mendapatkan akses internet. Sebenarnya, opsi lain untuk mendapatkan koneksi internet bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan data seluler pada HP. Namun tak bisa dipungkiri, koneksi internet pada wifi memang lebih stabil sehingga lebih bisa diandalkan. Apalagi, saat ini ada banyak ruang publik yang menyediakan akses wifi secara gratis dan bisa dimanfaatkan kapan saja.

Pada dasarnya, menyambungkan laptop dengan wifi sebenarnya hal yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Namun, faktanya masih tak sedikit orang yang mengalami kendala untuk melakukannya. Jika kalian salah satu yang masih mengalami kesulitan, tak perlu lagi khawatir. Berikut beberapa cara mengaktifkan wifi di laptop yang bisa dilakukan dengan praktis.

1. Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop dengan Tombol Wifi

Salah satu cara mengaktifkan wifi di laptop bisa dilakukan dengan menggunakan tombol wifi. Ya, pada beberapa merek laptop tertentu terdapat tombol khusus untuk mengaktifkan wifi. Dengan tombol wifi ini, menghubungkan laptop dengan koneksi internet jadi hal yang sangat mudah dilakukan. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkan wifi di laptop menggunakan tombol khusus wifi.

1) Temukan keberadaan tombol wifi, yang biasanya, tombol wifi ini terdapat di bagian atas keyboard, ditandai dengan ikon berupa gambar sinyal.

2) Langsung tekan tombol wifi tersebut.

3) Tombol wifi biasanya juga dilengkapi dengan lampu indikator, sehingga lampu tersebut akan menyala ketika wifi sudah aktif.

4) Setelah aktif, secara otomatis laptop akan terhubung dengan koneksi internet melalui wifi.

5) Setelah selesai menggunakan, kalian bisa langsung menonaktifkan tombol wifi hanya dengan menekan kembali hingga lampu indikatornya mati.

2. Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop dengan Tombol FN

Selain menggunakan tombol wifi, cara lain yang bisa dilakukan untuk menghubungkan laptop dengan wifi adalah memanfaatkan tombol Fucntion. Caranya tak kalah mudah dan praktis. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

1) Temukan tombol Function dengan simbol wifi. Perlu diketahui, bahwa pada setiap laptop tombol FN yang berfungsi untuk mengaktifkan wifi ini bisa berbeda-beda.

2) Setelah ketemu, kalian tinggal tekan tombol Function tersebut bersamaan dengan tombol FN. Misalnya, jika ikon WiFi tersebut ada di tombol F10, maka tekan tombol FB+F10.

3) Pada tombol Function bergambar ikon wifi tersebut biasanya juga akan terdapat lampu indikator. Perhatikan nyala lampu untuk memastikan apakah laptop sudah terhubung dengan wifi atau belum.

4) Setelah selesai menggunakan wifi, kalian bisa menonaktifkannya dengan cara menekan tombol FN dan tombol function secara bersamaan.

3. Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop dengan Windows 10

Cara mengaktifkan wifi di laptop bisa berbeda-beda tergantung pada jenis windows yang digunakan. Untuk pengguna windows 10, kalian bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

1) Pertama klik ikon network yang terdapat yang berbentuk logo sinyal wifi di menu Taskbar.

2) Namun jika laptop dalam keadaan Airplane Mode, sebelumnya kalian perlu mematikan mode tersebut. Sebab, mode Airplane Mode bisa menyebabkan laptop tidak bisa terhubung dengan koneksi wifi.

3. Setelah itu, kalian bisa mulai mengaktifkan wifi hanya dengan klik ikon wifi tersebut.

4. Selesai, kalian bisa aktifkan wifi yang tersedia.

4. Cara Mengaktifkan Wifi di Windows 8

Selain windows 10, windows 8 juga cukup banyak digunakan saat ini. Oleh karena itu, cara mengaktifkan wifi di laptop dengan windows 8 juga cukup sering dicari. Jika kalian salah satu pengguna laptop dengan windows 8, berikut cara mengaktifkan wifi yang bisa diikuti.

1) Pertama, arahkan kursor di laptop ke bagian kanan layar hingga muncul charms bar.

2) Jika sudah, kalian akan melihat menu "Settings". Pilih menu tersebut dengan cara klik.

3) Setelah itu, pilih opsi "Change PC Settings", lalu pilih "Network".

4) Jika laptop dalam keadaan Airplane Mode, terlebih dahulu kalian bisa menonaktifkannya.

5) Jika sudah, nyalakan opsi "WiFi" pada bagian "Wireless Device".

6) Selesai, kalian bisa aktifkan WiFi yang tersedia.

5. Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop dengan Windows Mobility Center

Cara mengaktifkan wifi di laptop berikutnya yang layak kalian coba adalah dengan memanfaatkan Windows Mobility Center. Caranya sangat mudah dan praktis, kalian bisa langsung ikuti beberapa langkah berikut ini.

1) Untuk pengguna laptop dengan Windows 7, kalian bisa klik tombol Start di taskbar sebelah kiri lalu pilih opsi Control Panel. Sementara untuk Windows 8, kalian bisa arahkan kursor ke pojok kanan layar, lalu pilih opsi Settings, kemudian pilih Control Panel.

2) Setelah masuk ke Control Panel, kalian bisa pilih opsi "Adjust commonly used mobility settings" yang ada di bawah kategori "Hardware and Sound".

3) Berikutnya akan muncul sebuah jendela yang berisi berbagai macam ikon seperti volume, display dan lainnya. Nyalakan wifi dengan cara klik tombol "Turn wireless on".

4) Terakhir, kalian bisa lihat taskbar sebelah kanan. Apabila logo wireless menyala, itu artinya laptop kalian sudah dapat terhubung dengani koneksi wifi.

6. Cara Mengaktifkan Wifi dengan Adapter

Keenam, kalian juga bisa mengaktifkan wifi di laptop dengan menggunakan bantuan adapter untuk wifi. Berikut adalah langkah-langkah praktis untuk menghubungkan laptop dengan koneksi wifi memakai adapter.

1) Buka menu Start di laptop, lalu pilih "Control Panel".

2) Setelah itu, pilih kategori "Network and Internet", lalu pilih opsi "Networking and Sharing Centre".

3) Kemudian opsi "Change adapter settings".

4) Berikutnya, cari ikon wifi. Setelah ketemu klik kanan, lalu pilih opsi "Enable".

5) Selesai, secara otomatis laptop kalian akan langsung terhubung dengan wifi.

7. Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop dengan Reinstall Driver Wifi

Jika keenam cara mengaktifkan wifi di laptop di atas masih belum berhasil, kalian bisa coba cara berikutnya. Kalian bisa coba menggunakan Reinstall Driver Wifi. Dibanding cara-cara sebelumnya, mungkin cara ini sedikit lebih ribet. Meski begitu cara ini tetap patut kalian coba. Berikut cara aktifkan wifi di laptop menggunakan Reinstall Driver Wifi.

1) Buka bagian "Device Manager" atau kalian juga bisa menekan Windows+R kemudian ketik devmgmt.msc.

2) Setalah itu, masuk ke pilihan "Network adapters", kemudian cari koneksi WiFi yang ingin dihubungkan.

3) Setelah ketemu, klik kanan pada nama wifi, kemudian pilih "Properties".

4) Berikutnya, pilih tab Driver, lalu klik "Uninstall".

5) Kemudian, sambungkan laptop ke ethernet atau kabel LAN.

6) Selanjutnya, restart laptop.

7) Ketika laptip menyala, Windows secara otomatis akan menginstal adapter.

8) Klik "Run" pada notifikasi yang muncul.

9) Setelah proses install sudah selesai, buka wifi melalui taskbar.

10) Setelah itu, secara otomastis, laptop sudah bisa terkoneksi dengan wifi yang dikehendaki.

Itulah di antaranya 8 cara mengaktifkan wifi di laptop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI