Cara Mengecek Pulsa Telkomsel secara Manual dan Aplikasi, Ketahui Juga Caranya untuk Cek Kuota

Jum'at, 10 September 2021 16:55
Cara Mengecek Pulsa Telkomsel secara Manual dan Aplikasi, Ketahui Juga Caranya untuk Cek Kuota
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Tak bisa dipungkiri, pulsa telah menjadi salah satu kebutuhan saat ini. Pasalnya, pulsa digunakan untuk melakukan transaksi komunikasi seperti telpon atau sms. Dalam sehari, seseorang bisa menelpon atau mengirim sms berkali-kali. Oleh sebab itu, penting untuk tahu cara mengecek pulsa telkomsel agar tidak sampai kehabisan.

Mengecek pulsa sewaktu-sewaktu memang jadi hal yang penting untuk dilakukan. Sebab, kebutuhan akan komunikasi bisa jadi hal yang terkadang sulit diprediksi. Ada kalanya, kita berada di situasi yang mengharuskan menghubungi orang lain secara tiba-tiba. Bayangkan, ketika di situasi darurat tersebut ternyata pulsa kita habis, sehingga tidak bisa menghubungi orang lain.

Mengecek pulsa sesekali waktu juga penting untuk mencegah nomor hangus di masa tenggang. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa cara mengecek pulsa telkomsel yang mudah dilakukan.

 

1. Cara Mengecek Pulsa Telkomsel Manual

Salah satu cara mengecek pulsa telkomsel bisa dilakukan secara manual. Cara ini merupakan cara yang paling umum dan sering dilakukan. Untuk melakukannya, kalian hanya perlu menelpon kode tertentu. Biasanya, setiap provider mempunyai kode masing-masing, yang tentunya berbeda satu sama lain. Kode untuk mengecek pulsa telkomsel adalah *888#.

Untuk lebih jelasnya, berikut cara mengecek pulsa telkomsel secara manual.

1) Buka keyboard angka pada handphone.

2) Setelah itu, ketik *888#, kemudian tekan call atau telepon.

3) Jika sudah, akan muncul tampilan daftar menu. Pilih "cek pulsa", dengan cara mengetikkan nomor urutnya dalam daftar menu. Kemudian tekan kirim.

4) Setelah itu akan muncul keterangan mengenai sisa pulsa yang kalian miliki, beserta daftar menu lain seperti promo, cek kuota, dan sebagainya.

 

2. Cara Cek Pulsa Telkomsel Lewat Aplikasi

Selain secara manual, di era digital ini kalian juga bisa melakukan pengecekan pulsa telkomsel menggunakan aplikasi bernama My Telkomsel. Namun untuk melakukan cara mengecek pulsa dengan aplikasi, sebelumnya pastikan handphone telah terhubung dengan koneksi internet. Sebab, cara ini hanya bisa dilakukan dalam sistem online.

Cara mengecek pulsa Telkomsel lewat aplikasi sangatlah mudah. Kalian hanya perlu mendownload dan menginstal aplikasi My Telkomsel. Setelah aplikasi tersebut terinstal di handphone, kalian hanya perlu mengisi nomor, email, dan data diri lainnya. Setelah itu, aplikasi siap digunakan.

Kalian bisa melakukan pengecekan pulsa setiap waktu, cukup dengan membuka aplikasi My Telkomsel tersebut. Jumlah dari sisa pulsa akan ditampilkan dalam laman awal aplikasi tersebut. Sehingga, tanpa harus ribet melakukan langkah-langkah tertentu.

 

3. Cara Mengisi Pulsa Telkomsel Sendiri Lewat Aplikasi

Setelah mengetahui cara mengecek pulsa telkomsel, maka yang tak kalah penting adalah mengetahui cara mengisinya sendiri. Ya, sekarang pengguna bisa melakukan pengisian pulsa secara sendiri tanpa harus pergi ke toko atau konter. Untuk melakukannya, kalian bisa menggunakan aplikasi My Telkomsel dan aplikasi e-wallet.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja berikut cara mengisi pulsa telkomsel sendiri lewat aplikasi.

1) Buka aplikasi My Telkomsel

2) Cari pilihan menu "isi ulang", kemudian klik.

3) Setelah itu akan muncul beberapa pilihan nominal untuk besaran isian pulsa, mulai dari 10.000 - 1.000.000. Pilih salah satu, kemudian klik.

4) Jika sudah akan muncul pilihan metode pembayaran. Terdapat beberapa pilihan e-wallet yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembelian pulsa ini, di antaranya linkaja, gopay, shopeepay, dana, dan ovo. Pilih salah satu. Namun sebelumnya, pastikan aplikasi e-wallet tersebut telah terhubung dengan aplikasi My Telkomsel. Pastikan pula, terdapat saldo di dalam aplikasi e-wallet tersebut.

5) Setelah memilih metode pembayaran, kalian tinggal masuk ke aplikasi e-wallet untuk kemudian memasukkan pin.

 

4. Cara Cek Kuota Telkomsel

Selain pulsa, kuota juga jadi kebutuhan yang tak kalah penting saat ini. Bahkan saat ini orang-orang lebih banyak menggunakan paket data internet untuk berkomunikasi, dibanding telpon atau sms dengan pulsa. Oleh sebab itu, penting juga untuk tahu cara mengecek kuota telkomsel.

Sama seperti mengecek pulsa, untuk mengecek kuota juga bisa dilakukan dengan tiga cara yaitu secara manual, dengan sms, dan lewat aplikasi.

1) Cara mengecek kuota telkomsel secara manual

- Buka keyboard angka pada handphone.

- Setelah itu, ketik *888#, kemudian tekan call atau telepon.

- Jika sudah, akan muncul tampilan daftar menu. Pilih "cek pulsa", dengan cara mengetikkan nomor urutnya dalam daftar menu. Kemudian tekan kirim.

- Setelah itu akan muncul keterangan mengenai sisa pulsa yang kalian miliki, beserta daftar menu lain seperti promo, cek kuota, dan sebagainya.

- Lanjutkan ke pilihan cek kuota dengan cara membalas nomor urut daftar menunya.

- Pemberitahuan mengenai sisa kuota akan langsung di informasikan lewat sms.

2) Cara mengecek kuota telkomsel lewat sms

- Buka aplikasi sms.

- Ketik UL(spasi)INFO kemudian kirim ke 3636

- Setelah itu, informasi tentang sisa kuota akan dikirimkan sebagai sms balasan.

3) Cara mengecek kuota telkomsel lewat aplikasi My Telkomsel

Sama seperti mengecek pulsa lewat aplikasi, untuk mengecek kuota kalian cukup membuka aplikasi My Telkomsel. Informasi tentang sisa kuota akan langsung ditampilkan di halaman awal aplikasi.

Itulah di antaranya ulasan tentang cara mengecek pulsa telkomsel. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI