3 Cara Mengganti Bahasa di Whatsapp Sesuai Keinginan, Bisa untuk Android dan iPhone

Selasa, 04 Januari 2022 15:11
3 Cara Mengganti Bahasa di Whatsapp Sesuai Keinginan, Bisa untuk Android dan iPhone
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Whatsapp merupakan salah satu aplikasi berbalas pesan yang cukup populer. Penggunanya pun ada di berbagai belahan dunia. Oleh karena itu, Whatsapp menyediakan fitur bahasa yang memungkinkan penggunanya untuk menerapkan tata cara mengganti bahasa di Whatsapp sesuai keinginan.

Kalian pun bisa menerapkan tata cara mengganti bahasa di Whatsapp sesuka hati. Sebagai orang Indonesia, misalnya, kalian bisa memilih untuk menggunakan bahasa Indonesia pada aplikasi Whatsapp. Kalian juga bisa menggantinya untuk membiasakan diri dengan bahasa lain yang mungkin sedang dipelajari.

Namun, jika belum mengetahui caranya, kalian tak perlu khawatir. Berikut ini ada penjelasan mengenai langkah-langkah mudah yang bisa kalian tempuh sekaligus informasi mengenai fitur Whatsapp lainnya.

1. Cara Mengganti Bahasa di Whatsapp untuk Android

Bagi kalian pengguna Android, berikut ini merupakan langkah-langkah yang bisa kalian tempuh sebagai cara mengganti bahasa di Whatsapp dengan mudah.

- Pertama, silakan buka menu Pengaturan pada ponsel.

- Pilih opsi Manajemen Umum.

- Kemudian pilih opsi Bahasa dan Input.

- Pilih opsi Bahasa Indonesia.

- Ketuk ikon tanda tambah jika ingin menambahkan bahasa lainnya.

- Proses mengganti bahasa berhasil dilakukan.

2. Cara Mengganti Bahasa di Whatsapp untuk iPhone

Selanjutnya, bagi kalian pengguna iPhone, ada pula tata cara mengganti bahasa di Whatsapp yang bisa kalian ikuti melalui penjelasan berikut ini.

- Buka menu Pengaturan di HP kalian.

- Lanjut, pilih opsi Umum.

- Lalu pilih opsi Bahasa dan Wilayah.

- Pilih opsi Bahasa Indonesia kemudian ketuk Ubah Bahasa.

- Tentukan bahasa yang ingin kalian gunakan.

3. Cara Mengganti Bahasa di Whatsapp ke Bahasa Indonesia

Menggunakan bahasa Ibu dalam fitur aplikasi merupakan pilihan paling nyaman. Mungkin itu pula yang kalian pikirkan sebagai orang Indonesia. Oleh karena itu, kalian juga bisa menerapkan tata cara mengganti bahasa di Whatsapp ke bahasa Indonesia, seperti berikut ini.

- Masuk ke Pengaturan di HP kalian.

- Pada pengaturan, pilih Setelan tambahan.

- Selanjutnya pilih Bahasa dan Masukan.

- Klik menu bahasa.

- Kalian akan diarahkan ke list pilihan bahasa yang bisa digunakan. Pilih bahasa sesuai dengan yang kalian inginkan.

- Misal, jika kalian ingin bahasa Inggris, silakan pilih English (United states).

- Coba masuk ke Aplikasi Whatsapp dan bahasa pada aplikasi sudah berubah secara otomatis.

 

4. Alasan Mengganti Bahasa di Whatsapp

Ada beberapa alasan yang memungkinkan seseorang mencari cara mengganti bahasa di Whatsapp. Alasan tersebut berkaitan dengan kemudahan penggunaan, antara lain:

- Kemudahan memahami menu dan pengaturan yang ada di Whatsapp.

- Penggunaan Whatsapp lebih maksimal karena kalian akan lebih leluasa dalam mengatur menu pengaturan yang ada untuk disesuaikan dengan kebutuhan.

- Jika sedang melakukan pengaturan bersama teman yang terbiasa dengan menu whatsapp bahasa inggris, sebaiknya kalian harus menyamakan bahasa whatsapp agar tidak kebingungan dalam melakukan pengaturan.

- Pembiasaan diri dalam menggunakan bahasa tertentu dalam berkomunikasi.

5. Fitur Terbaru dari Whatsapp

Selain cara mengganti bahasa di Whatsapp, ketahui pula fitur baru lain yang bisa kalian akses untuk memaksimalkan penggunaan. Terdapat sejumlah fitur baru yang bisa kalian manfaatkan, antara lain:

1. Gabung Panggilan Grup

Whatsapp menyediakan fitur yang memungkinkan kalian untuk bergabung pada panggilan grup yang sebelumnya tak terjawab. Jika sebelumnya kalian perlu melakukan panggilan ulang, fitur baru ini memungkinkan kalian untuk langsung bergabung pada panggilan yang sedang berlangsung.

Kalian pun hanya perlu menuju ke daftar panggilan tak terjawab, lalu klik gabung pada panggilan grup yang sedang berlangsung.

2. Peserta Panggilan Grup Lebih Banyak

Sebelumnya, panggilan grup Whatsapp hanya bisa dilakukan oleh empat orang. Kini, terjadi peningkatan peserta menjadi delapan.

3. Kirim Foto Sekali Lihat

Kini, kalian bisa mengirim foto dengan batasan waktu tertentu untuk bisa dilihat. Fitur ini memang memungkinkan foto yang kalian kirim langsung menghilang secara otomatis atau disappearing mode yang merupakan peningkatan keamanan yang disediakan oleh Whatsapp.

4. Mode Gelap

Dark mode atau mode gelap merupakan fitur yang bisa mengubah tampilan menjadi berwarna hitam. Kalian bisa meminimalisir rasa silau saat tampilan Whatsapp yang putih terlalu terang. Untuk mengaktifkan mode ini, kalian hanya perlu buka menu Settings, lalu Chats, dan atur Theme.

5. Pengelolaan Penyimpanan

Fitur ini memungkinkan kalian untuk mengelola data yang tersimpan, seperti foto, video, audio, dan sebagainya. Kalian bisa memilah dan memilih data-data apa saja yang ingin dihapus pada bagian Data dan Penyimpanan dalam Pengaturan WhatsApp.

Kalian juga bisa menghapus data yang berasal dari obrolan personal dan grup. Fitur ini juga akan menampilkan daftar kontak yang paling besar menggunakan penyimpanan.

6. Panggilan di Laptop

Tak hanya melalui aplikasi meeting tertentu, kini WhatsApp juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon atau video melalui laptop/dekstop. Agar bisa mengakses fitur ini, kalian perlu menginstall aplikasi WhatsApp versi dekstop.

7. Pencarian Obrolan

Jika dahulu pencarian obrolan di Whatsapp hanya bisa dilakukan dengan teks, kini kalian jadi bisa mencari obrolan dengan lebih spesifik. Fitur ini memungkinkan kalian untuk melihat tampilan foto, video, audio, GIFs, dan seterusnya. Kalian bisa mengaksesnya di kolom pencarian yang berada di bagian atas.

8. Keamanan Biometrik

Jika sebelumnya kalian diminta untuk mengakses QR code saat masuk ke WhatsApp Web, kini kalian juga akan diminta untuk memindai sidik jari atau wajah dengan menggunakan fitur ini.

9. Arsip Tanpa Notifikasi

Sebelumnya, chat yang diarsipkan akan memunculkan notifikasi ketika terdapat pesan masuk baru. Chat itu juga kemudian akan muncul di halaman utama. Sedangkan fitur Arsip yang telah ditingkatkan ini akan membuat chat tetap berada di arsip meski terdapat pesan masuk baru.

Nah, KLovers, itulah penjelasan dari beberapa cara mengganti bahasa di Whatsapp yang bisa kalian ikuti beserta informasi mengenai fitur baru yang mungkin juga perlu kalian ketahui.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI