Arti Deadline dan Perbedaannya dengan Dateline, Jangan Sampai Tertukar

Senin, 29 November 2021 19:22 Penulis: Puput Saputro
Arti Deadline dan Perbedaannya dengan Dateline, Jangan Sampai Tertukar
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Ada banyak kata dalam bahasa Inggris yang akhirnya populer dan dipakai di keseharian. Kata deadline adalah salah satunya. Istilah deadline kini tak ubahnya kata dalam bahasa Indonesia pada umumnya. Kata ini sering kali dipakai sehari-hari dalam beberapa situasi, terutama berkaitan dengan tugas atau pekerjaan. Lantas, apa arti deadline yang sebenarnya?

Kata deadline memang sudah sedemikian populer. Terbukti, kata tersebut sering dipakai oleh berbagai kalangan, mulai dari anak sekolah hingga pekerja kantoran. Meski sudah sebegitu populer dan familiar di telinga, faktanya masih banyak orang yang asing dengan arti deadline. Bagi sebagian orang yang tidak tahu, deadline tak lebih dari kata populer dari bahasa Inggris yang terdengar keren.

Padahal layaknya kata lain, deadline tentu mempunyai arti dan makna tersendiri. Penting untuk tahu arti deadline agar bisa menggunakan kata ini secara benar dan tepat. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut arti deadline dan contoh penggunaannya yang benar.

1. Arti Deadline

Seperti yang telah di singgung sebelumnya, deadline merupakan salah satu kata dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris deadline tergolong dalam kata benda atau noun. Dilansir dari situs kamus online dictionary.cambridge.org, arti deadline adalah waktu atau hari di mana sesuatu harus dilakukan.

Berdasarkan penjelasan arti deadline dalam bahasa Inggris di atas, kita dapat telaah bahwa jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, kurang lebih arti deadline adalah tenggat waktu. Itulah sebabnya, istilah deadline lebih populer di kalangan anak sekolah, mahasiswa, dan pekerja. Sebab, kata deadline memang cocok untuk dipakai sebagai penggambaran tenggat waktu atau batas pengerjaan atau pengumpulan dari suatu tugas atau pekerjaan.

2. Perbedaan Deadline dan Dateline

Dalam praktik penggunaannya sehari-hari tak jarang orang salah kaprah menggunakan kata deadline. Tulisan dan pengucapan yang hampir mirip, antara deadline dan dateline membuat keduanya sering kali tertukar. Padahal, ternyata arti deadline berbeda dengan dateline.

Dalam penjelasan arti deadline di atas, telah disebutkan bahwa deadline tergolong dalam kelas kata benda alias noun. Dateline ternyata juga tergolong dalam kelas yang sama. Lantas, apa perbedaan keduanya? Deadline dan dateline mempunyai makna yang sama-sama berkaitan erat dengan waktu. Namun, makna keduanya jauh berbeda.

Istilah dateline ternyata digunakan secara lebih spesifik dalam bidang jurnalistik. Dalam situs kamus online dictionary.cambridge.org, arti dateline adalah baris dalam artikel surat kabar yang menyebutkan tempat dan tanggal penulisan. Itu artinya, dateline menjadi salah satu unsur atau bagian dalam produk jurnalistik, yang keberadaannya untuk menandakan tempat dan tanggal dari suatu pemberitaan.

3. Tips Hadapi Deadline

Hampir setiap orang pasti pernah berhadapan dengan deadline. Situasi terhimpit deadline memang bukanlah hal yang mudah. Deadline sering kali menjadi tekanan tersendiri yang akhirnya mengganggu konsentrasi. Tak heran, saat memasuki waktu mendekati deadline, pekerjaan sering kali terasa dua kali lipat lebih berat. Oleh karena itu, selain arti deadline penting juga untuk tahu tips dalam menghadapi deadline.

Jika kalian termasuk orang yang sering berhadapan dengan deadline, berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu.

1. Menyusun Rencana

Salah satu tips menghadapi deadline adalah dengan menyusun rencana sebaik mungkin. Rencana yang tersusun matang akan membuat kalian jelas dalam menentukan langkah. Dengan begitu, pekerjaan akan lebih terarah, efisien, dan efektif.

2. Luangkan Waktu Istirahat

Sering kali, seseorang yang dikejar arti deadline lupa pentingnya istirahat. Mereka akan terus berusaha sekuat tenaga untuk segera menyelesaikan pekerjaannya. Padahal, dalam bekerja istirahat tetap menjadi hal yang penting. Sebab, istirahat menjadi momen untuk mengisi ulang tenaga dan menyegarkan pikiran yang lelah.

3. Berani Mengatakan Tidak

Yang sering terjadi, seseorang dikejar deadline lantaran pekerjaan yang menumpuk. Ya, terlebih pada orang-orang yang tidak bisa multi-tasking mengerjakan lebih dari satu pekerjaan dalam satu waktu tentu akan jadi hal yang berat. Oleh karena itu, untuk menghindari penumpukan tugas atau pekerjaan jelang deadline, jangan segan untuk menolak suatu pekerjaan tambahan.

4. Tidak Menunda Pekerjaan

Arti deadline sangat berkaitan erat dengan waktu. Oleh karena itu, sebisa mungkin kalian jangan pernah menunda pekerjaan. Kerjakan setiap pekerjaan sesuai dengan waktu yang diberikan. Menunda pekerjaan hanya akan membuat pekerjaan yang tidak selesai jadi terus menumpuk. Pada akhirnya, semua pekerjaan yang menumpuk akan terasa semakin berat.

5. Tetap Fokus

Saat menghadapi deadline, hal terpenting yang harus dilakukan adalah tetap fokus. Kalian harus bisa tetap fokus pada pekerjaan dan mengabaikan berbagai distraksi. Pada saat di hadapkan pada deadline yang menumpuk, tetap fokus pada satu pekerjaan, selesaikan baru kemudian ambil pekerjaan berikutnya.

Itulah di antaranya penjelasan arti deadline dan perbedaannya dengan dateline. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan!

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI