Cara Cek Saldo KIP di HP, Ketahui Pula Manfaatnya

Jum'at, 03 Desember 2021 12:33
Cara Cek Saldo KIP di HP, Ketahui Pula Manfaatnya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Kartu Indonesia Pintar atau KIP merupakan salah satu cara pemerintah dalam menyalurkan biaya pendidikan. Sasaran program ini adalah anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin, rentan miskin, atau prioritas tetap. Jika kalian merupakan salah satu peserta dalam program ini, berarti harus mengetahui cara cek saldo KIP di HP.

Cara cek saldo KIP di HP kalian perlukan agar bisa memeriksanya sesuai jadwal pencairan dana. Dengan begitu, kalian pun bisa mendapat biaya penunjang pendidikan secara tepat waktu.

Jika kalian merupakan pelajar yang memenuhi kriteria, tapi belum mendapatkan kartu ini, silakan ajukan secara mandiri melalui lembaga pendidikan untuk kemudian diajukan ke Dinas Pendidikan/Kementerian Agama kabupaten atau kota setempat.

Nah, jika kalian juga belum mengetahui tata cara cek saldo KIP di HP, berikut ini terdapat penjelasan tentang langkah-langkah yang bisa kalian ikuti. Kalian bisa melakukannya lewat website atau aplikasi tambahan. Hal tersebut bisa kalian pilih sesuai dengan kebutuhan.

1. Pengertian Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Sebelum masuk ke penjelasan tentang cara cek saldo KIP di HP, kalian perlu mengetahui pengertian tentang KIP terlebih dahulu. Kartu Indonesia Pintas (KIP) adalah penanda atau identitas bagi penerima bantuan program Indonesia Pintar (PIP).

Kartu ini digunakan untuk memberi jaminan dan kepastian bagi anak-anak usia sekolah yang terdaftar. Program Indonesia Pintar merupakan kerja sama antara tiga kementrian, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag).

Selain diawasi oleh internal sekolah/lembaga pendidikan, program ini juga diawasi oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam pelaksanaannya.

Masyarakat pun juga bisa membantu pengawasan dengan cara melaporkan hal-hal yang tak sesuai melalui kontak pengaduan. Nah, bagi kalian yang penasaran dengan cara mendapatkan Kartu Indonesia Pintar, silakan simak langkah-langkah pada informasi selanjutnya.

2. Cara Cek Saldo KIP di HP

Sebagai pemegang KIP, kalian harus tahu cara memeriksa saldo. Terdapat dua cara cek saldo KIP di HP yang bisa kalian pilih sendiri sesuai kebutuhan. Kalian bisa mengaksesnya melalui website atau aplikasi tambahan. Dengan begitu, kalian bisa lebih mudah mengetahui jadwal pencairan dana secara berkala.

1. Cek Saldo KIP via Aplikasi Jaga.id

- Pertama, unduh aplikasi Jaga.id melalui App Store dan Play Store

- Buka aplikasi Jaga.id

- Log in dengan akun dan password yang sudah terdaftar

- Pilih menu Pendidikan

- Isi kolom data diri (nama, jenjang pendidikan, dan domisili)

- Klik Cari Sekolah

- Pilih nama sekolah yang dituju

- Klik menu Program Sekolah

- Masukkan nomor KIP atau NISN

- Klik Cari

- Selanjutnya akan ditampilkan lengkap data kalian serta jumlah saldo KIP dan prosedur pencairan dana tersebut

2. Cek Saldo KIP via Situs Jaga.id

- Pertama, buka browser di ponsel dan masuk ke situs Jaga.id

- Log in dengan akun dan password yang sudah terdaftar

- Pilih menu Pelayanan Publik

- Pilih menu Pendidikan

- Isi kolom data diri (nama, jenjang pendidikan, dan domisili)

- Klik Tampilkan

- Selanjutnya akan ditampilkan data mengenai tempat kalian menempuh pendidikan

- Klik Nama Sekolah atau Lembaga Pendidikan yang ditampilkan

- Klik Program PIP

- Tulis nomor KIP pelajar di kolom pencarian

- Selanjutnya, kalian akan melihat tampilan berisi data serta jumlah saldo KIP dan prosedur pencairan dana tersebut.

3. Manfaat KIP

Setelah mengetahui beberapa cara cek saldo KIP di HP, tentu kalian juga perlu mengetahui manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapat oleh para pemegang kartu KIP.

1. Kartu Indonesia Pintar memberi jaminan kepada anak usia sekolah (6-21 tahun) untuk memperoleh manfaat dari Program Indonesia Pintar.

2. Kartu Indonesia Pintar menjadi peluang kesempatan bagi anak usia sekolah dari golongan tidak mampu supaya tetap bisa melanjutkan pendidikan karena diberi bantuan dana.

3. Kartu Indonesia Pintar menjamin anak usia sekolah dapat melanjutkan pendidikan sampai ke jenjang SMK/MA/SMA.

4. Kartu Indonesia Pintar juga merangkul anak-anak usia sekolah dengan kategori anak panti asuhan, anak jalanan, serta penyandang disabilitas.

Besaran dana yang bisa kalian gunakan untuk meringankan biaya pendidikan yaitu:

1. Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000,-/tahun;

2. Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000,-/tahun;

3. Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000,-/tahun.

Detail jumlah untuk kelas akhir di setiap jenjang dapat dibaca di Petunjuk pelaksanaan PIP Kemendikbud Tahun 2016.

Nah, itulah sejumlah cara cek saldo KIP di HP beserta penjelasan mengenai pemanfaatannya untuk meringankan biaya pendidikan. Kalian bisa mengikutinya untuk melakukan pemeriksaan saldo secara berkala sesuai jadwal pencairan.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI