Cara Verifikasi Akun PTK untuk Login Aplikasi Dapodik dan Akses Info GTK, Guru Wajib Tahu

Selasa, 12 Oktober 2021 13:44
Cara Verifikasi Akun PTK untuk Login Aplikasi Dapodik dan Akses Info GTK, Guru Wajib Tahu
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Di masa sekarang ini, berbagai sistem administrasi dilakukan berbasis online, termasuk dalam hal pendidikan. Guru dan tenaga pendidik didata melalui sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Untuk mengakses data dalam Dapodik, seorang guru harus mempunyai akun PTK terverifikasi. Oleh karena itu, penting untuk tahu cara verifikasi akun PTK bagi guru dan tenaga pendidikan.

Akun PTK terverifikasi akan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi guru atau pengajar. Pasalnya, dengan akun PTK data guru akan terdata secara administratif dan sistematis dalam skala nasional. Sayangnya, sampai saat ini masih banyak guru dan tenaga pendidik yang merasa kesulitan untuk mengakses Dapodik dan akun PTK. Misalnya, masih banyak yang bingung cara verifikasi akun PTK.

Untuk itu, dirangkum dari berbagai sumber berikut cara verifikasi akun PTK dan kegunaannya.

1. Kegunaan Akun PTK

Seperti yang disinggung sebelumnya, akun PTK berguna untuk mendata guru dan tenaga pendidik secara online. Maka dari itu, tentunya akun PTK sangat berguna bagi kehidupan seorang dengan profesi guru. Secara garis besar, akun PTK mempunyai dua kegunaan yang perlu dipahami setiap guru dan pengajar. Adapun kegunaan akun PTK adalah sebagai berikut.

1) Untuk Melakukan Login Aplikasi Dapodik

Aplikasi Dapodik dirilis untuk memudahkan guru atau tenaga pendidik dalam mengakses informasi dan data. Sama halnya aplikasi lainnya, untuk mengakses aplikasi Dapodik, seseorang terlebih dahulu harus melakukan login. Dengan aplikasi dapodik, guru tak saja bisa memperoleh informasi penting dan terbaru. Lebih dari itu, lewat aplikasi ini guru juga bisa melakukan pengubahan informasi diri dalam data Dapodik.

2) Untuk Mengakses Informasi GTK

Tak hanya digunakan untuk login, akun PTK juga bisa dipakai guru dan tenaga pendidik untuk mengakses informasi terkait data GTK atau Guru dan Tenaga kependidikan. Hal ini akan sangat berguna bagi guru yang telah menjalani sertifikasi. Dengan cara ini, guru bisa melakukan cek SKTP dengan melihat data pribadi dari situs resmi yang telah disiapkan oleh pemerintah.

2. Cara Verifikasi Akun PTK

Sampai saat ini masih banyak yang tidak mengerti cara verifikasi akun PTK, terutama bagi guru-guru yang berada di daerah dan mempunyai akses terbatas terhadap internet. Padahal, untuk memverifikasi akun PTK bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Dilansir dari dapodikonline.com, berikut langkah-langkah dalam cara verifikasi akun PTK versi terbaru.

1) Buka browser, lalu kunjungi situs https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/

2) Setelah itu, klik "LOGIN MENGGUNAKAN SSO".

3) Selanjutnya, akan muncul halaman autentikasi untuk pengguna PTK Dapodik. Kalian bisa Masuk dengan Akun PTK Dapodik dan Password.

4) Setelah proses autentikasi dinyatakan berhasil, kalian bisa tunggu sampai muncul pada halaman utama.

5) Jika sudah muncul halaman utama, kalian bisa langsung klik bagian "Biodata PTK".

6) Kemudian, klik lagi "Akun PTK".

7) Selanjutnya akan muncul daftar menu, salah satunya "Verifikasi Sekarang". Kalian bisa langsung klik menu tersebut untuk melakukan proses verifikasi.

8) Setelah klik "Verifikasi Sekarang", kalian bisa klik "Lanjutkan".

9) Buka tab baru, lalu buka email untuk mengecek kode verifikasi pengguna dapodik yang telah dikirimkan.

10) Selanjutnya, masukkan kode verifikasi tersebut dan klik "Simpan". Secara otomatis, akun PTK kalian akan melanjutkan proses verifikasi.

3. Cara Cek Status Verifikasi Akun PTK

Apabila kalian belum yakin dengan hasil verifikasi yang telah berhasil dilakukan, kalian tak perlu khawatir. Pasalnya, kalian bisa langsung memastikannya dengan melakukan pengecekan status verifikasi akun PTK. Oleh karena itu, cara cek status ini tak kalah penting untuk diketahui dibandingkan cara verifikasi akun PTK. Caranya pun sangat mudah dan praktis, sehingga bisa dilakukan secara langsung saat itu juga.

Untuk memastikan status verifikasi, kalian bisa langsung klik menu "Akun". Setelah klik menu "Akun", secara otomatis akan muncul tampilan dan pernyataan yang menyatakan bahwa status verifikasi akun PTK. Jika sudah terverifikasi, maka akan muncul pernyataan: "Status Verifikasi Sudah".

Di samping cara di atas, kalian juga bisa melakukan pengecekan dengan mengakses situs sp.datadik.kemdikbud.go.id dengan melakukan login akun admin dapodik operator sekolah. Namun tak sampai di situ, ada kalanya status di aplikasi Dapodik akan tetap belum terverifikasi. Karenanya, kalian perlu melakukan proses sinkronisasi dapodik versi 2021.

4. Cara Cek Info GTK dengan Akun PTK

Seperti yang disinggung sebelumnya salah satu kegunaan cara verifikasi akun PTK adalah untuk mengecek info GTK. Cara cek info GTK dengan akun PTK juga sangatlah mudah. Kalian bisa ikuti beberapa langkahnya berikut ini.

1) Buka browser, lalu kunjungi situs http://info.gtk.kemdikbud.go.id

2) Kemudian login menggunakan akun PTK dan password.

3) Isi kode chapta.

4) Lalu, klik "Login" dan "Log In" melalui Dapokdismen".

5) Setelah itu, kalian bisa mengakses berbagai info terkait GTK, seperti Informasi umum, Undang-undang Guru, Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri, dan sebagainya.

Itulah di antaranya ulasan mengenai cara verifikasi akun PTK dan kegunaannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba melakukan verifikasi akun PTK!

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI