3 Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet, Ini Jenis Aplikasinya

Kamis, 16 September 2021 16:55
3 Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet, Ini Jenis Aplikasinya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memberikan bantuan kuota belajar kepada seluruh pelajar di Indonesia. Besarnya bantuan kuota ini berbeda-beda disesuaikan dengan tingkat jenjang pendidikan. Namun, terkadang jumlah kuota belajar yang tersisa membuat sebagian besar dari mereka mulai mencari tahu cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet atau kuota utama.

Penyaluran bantuan kuota bagi pelajar di Indonesia kembali diprogramkan oleh pemerintah. Terhitung dari bulan September hingga November 2021, ada beberapa rincian bantuan yang diberikan yakni 7 GB/bulan untuk pelajar tingkat pendidikan PAUD, 10 GB/bulan untuk pelajar tingkat tingkat SD dan menengah, 12 GB/bulan untuk pendidik jenjang PAUD hingga pendidikan menengah, serta 15 GB/bulan untuk dosen dan mahasiswa.

Namun, bantuan kuota dibatasi untuk beberapa situs yang telah diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selain itu bagi pelajar yang ingin membeli paket kuota belajar juga dikhususkan hanya untuk situs edukasi. Karena itulah terkadang jumlah kuota belajar yang tersisa membuat sebagian besar dari mereka ingin mengubahnya jadi kuota internet.

Cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet bisa dilakukan dengan mudah seperti memakai aplikasi tertentu. Berikut cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Pengertian Kuota Belajar

Situasi pandemi yang terjadi membuat berbagai aktivitas bahkan tatanan hidup masyarakat juga berubah. Salah satunya pembatasan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka berganti secara daring. Pemanfaatan teknologi digital saat ini memang sangat dibutuhkan untuk mendukung berbagai aktivitas termasuk pendidikan.

Karena itulah, kita mengenal belajar secara daring atau dari rumah saja dengan menggunakan internet. Sejumlah provider bahkan menyediakan paket khusus kuota belajar bagi pelajar di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, sejak tahun lalu, pemerintah juga telah memprogramkan penyaluran bantuan kuota internet bagi tiap pelajar dari berbagai jenjang melalui beberapa jenis provider di Indonesia.

Lalu apa sebenarnya kuota pelajar itu?

Kuota belajar adalah paket data internet yang dikhususkan untuk mengakses situs atau aplikasi khusus edukasi. Artinya, kuota belajar tidak bisa digunakan untuk mengakses situs di luar layanan edukasi. Di antaranya misalnya saja seperti Ruang Guru, Edmodo, Cakap, Ayoblajar, Aminin, ataupun Google Classroom.

Sementara bantuan kuota Internet yang diberikan oleh pemerintah diketahui merupakan paket akses all network. Namun beberapa situs telah dibatasi di antaranya seperti pembatasan akses sosial media, aplikasi games, ataupun aplikasi video (Tiktok, Netflix, Viu dan lainnya).

2. Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet dengan Whatsapp

Cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet semakin banyak dicari oleh pelajar. Pasalnya sejumlah pelajar mungkin saja mengalami keluhan kuota belajar yang tersisa terlalu banyak sedangkan apabila sudah melebihi jangka waktu sebulan kuota tersebut bisa saja hangus. Karena itulah cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet mulai banyak dicari agar dapat mengakses berbagai layanan internet.

Kuota internet atau kuota utama adalah kuota yang bisa digunakan untuk akses berbagai situs ataupun aplikasi. Sehingga cakupan tak terbatas hanya pada situs edukasi saja seperti halnya kuota belajar. Cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi.

Aplikasi untuk mengubah kuota belajar menjadi kuota internet ini perlu diinstal terlebih dulu melalui ponsel. Salah satu aplikasi yang bisa dipakai adalah Whatsapp. Ya, jika kalian ingin memanfaatkan kuota belajar untuk akses kuota internet lainnya, Whatsapp bisa jadi pilihan. Berikut cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet dengan Whatsapp.

- Pertama kalian bisa mengirimkan link video dari situs Youtube ataupun Instagram melalui Whatsapp.

- Link video yang telah dikirimkan ke salah satu kontak Whatsapp kalian pastikan thumbnail video telah muncul. Dengan begitu nantinya kalian bisa menikmati fasilitas kuota internet di luar paket kuota belajar.

- Setelah thumbnail muncul pada ruang obrolan Whatsapp, kalian bisa menontonnya melalui aplikasi WA secara gratis.

Cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet melalui Whatsapp ini cocok buat kalian nikmati untuk streaming Youtube. Sebab biasanya video yang kita kirimkan melalui WA lewat situs Youtube bisa juga ditonton via aplikasi WA. Itulah cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet melalui Whatsapp.

3. Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet dengan Aplikasi Anonytune

Cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Anonytune. Adapun cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet dengan aplikasi Anonytune sebagai berikut.

- Pertama download dan instal aplikasi Anonytune melalui Google Playstore.

- Lalu buka aplikasi tersebut, pilih titik tiga bagian pojok kanan atas, pilih VPN setting lalu save.

- Setelah itu kembali ke halaman beranda, pilih bagian atas dan atur settingannya seeprti aktifkan stealth tunnel jadi On, connection protocol SSL, connection Port 443, connect via parent proxy off, custom TCP/HTTP headers off, advanced SSL settings On, lalu edit SSL settings dan save.

- Selanjutnya akan muncul halaman notifikasi kembali, lalu Spoof Host: Port (spoof host: whatsapp, spoof port 443) lalu ok.

- Lalu pilih region dapat US ataupun bisa Germany.

- Aktifkan VPN dengan cara klik connect lalu ok. Tunggu hingga status berubah.

- Jika berhasil kalian dapat menggunakan kuota belajar jadi kuota internet.

- Apabila koneksi VPN terputus, kalian bisa menyambungkannya lagi dengan cara klik bagian connect.

Namun perlu diketahui penggunaan VPN ini tidak menjamin keamanan data terjaga dengan baik. Inilah kekurangan penggunaan VPN untuk mengubah kuota belajar menjadi kuota internet.

Selain itu ada juga peraturan yang tercantum pada pasal 362 UU ITE Juncto 30-32 nomor 11 terbit tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik yang mana bisa jadi juga melanggar peraturan undang-undang tersebut. Sehingga bijak-bijaklah dalam memanfaatkan informasi dan juga penggunaan internet.

4. Cara Mengubah Kuota Belajar Menjadi Kuota Internet Lewat Google Drive

Cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet melalui Google Drive juga mudah untuk dipraktikkan. Ini cocok buat kalian untuk streaming video melalui Drive. Adapun cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet Google Drive sebagai berikut.

- Pertama buka Google Drive di smartphone kalian.

- Lalu siapkan link yang sudah tersimpan di dalam Google Drive untuk streaming menggunakan kuota belajar kalian.

- Apabila dapat melakukan streaming, maka otomatis kuota belajar kalian bisa digunakan untuk akses situs selain edukasi.

Itulah cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet dengan aplikasi tambahan. Beberapa informasi cara mengubah kuota belajar menjadi kuota internet dapat dimanfaatkan secara bijak terutama jika kebutuhannya adalah untuk mendukung proses belajar.

(sumber: tepat.id, galajabar.pikiran-rakyat.com)

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI