Dari Sayuran - Daging, Ini Sederet Jenis Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet

Jum'at, 03 Juli 2020 11:22 Penulis: Puput Saputro
Dari Sayuran - Daging, Ini Sederet Jenis Makanan yang Cocok Dikonsumsi Saat Diet
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Banyak orang yang mendambakan berat badan ideal. Untuk mencapainya, orang-orang bahkan tidak segan untuk menempuh berbagai cara, termasuk melakukan diet. Sayangnya, tak sedikit orang yang salah kaprah dalam menjalankan program diet. Beberapa orang melakukan diet dengan menahan lapar. Padahal, diet bisa dilakukan dengan aman tanpa harus menahan lapar. Asalkan, asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh terpenuhi. Untuk itu, kalian perlu tahu apa saja makanan yang cocok dikonsumsi saat diet.

Walaupun sedang melakukan diet, tubuh tetap membutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Jadi sangat penting untuk menentukan makanan apa saja yang akan dikonsumsi saat diet. Jangan sampai, niat melakukan diet untuk dapatkan berat badan ideal justru berujung pada petaka. Berat badan ideal tidak didapat, tapi tubuh malah jatuh sakit.

Bagi kalian yang sedang atau akan menjalankan program diet, tak perlu khawatir. Kalian bisa simak beberapa jenis makanan yang cocok dikonsumsi saat diet berikut ini yang dilansir dari Liputan6.com.

 

 

1. Sayuran Kaya Nutrisi

Tentu sudah jadi rahasia umum bahwa sayur jadi salah satu makanan yang paling sehat untuk dikonsumsi. Sayur menyimpan banyak nutrisi mulai dari vitamin hingga mineral. Itulah sebabnya sayur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari, termasuk saat menjalankan program diet. Dari sekian banyak jenis sayuran, ternyata dua jenis sayur yang paling cocok dikonsumsi saat diet adalah bayam dan brokoli.

Bayam mempunyai kandungan protein yang dibutuhkan tubuh. Tidak hanya protein, bayam juga akan memenuhi nutrisi lain seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, zat besi, kalium, dan kalsium.

Sama seperti bayam, brokoli juga menyimpan berbagai nutrisi. Tidak jauh beda, brokoli akan memenuhi kebutuhan protein vitamin C, vitamin K, folat, fosfor, kalium, dan kalsium.

2. Sumber Protein Rendah Lemak

Protein jadi salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan tubuh. Tubuh tidak boleh mengalami kekurangan protein. Oleh karena itu, saat melakukan diet, kalian juga harus memenuhi kebutuhan protein. Ada dua pilihan sumber protein tinggi tapi rendah lemak, yaitu susu dan putih telur.

Kandungan lemak dalam putih telur memang tidak sebanyak bagian kuningnya. Namun, bagian putih menyimpan setengah dari protein keseluruhan telur. Sementara, untuk jenis susu yang sebaiknya dikonsumsi saat diet ialah susu murni rendah lemak.

3. Camilan Saat Diet

Selain sayur, susu, dan telur protein yang tinggi juga bisa ditemukan di kacang-kacangan. Kacang-kacangan akan sangat cocok dijadikan camilan saat diet. Kacang-kacangan kaya protein yang masuk dalam jenis makanan saat diet adalah kacang arab dan kacang polong.

Kacang arab dan kacang polong mengandung banyak protein dan serat, sehingga tidak hanya baik untuk pertumbuhan otot kacang-kacangan ini juga baik untuk pencernaan saat diet. Terlebih kacang arab, selain protein dan serat juga terdapat folat, zat besi. dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang.

4. Protein Hewani Rendah Lemak

Selain protein nabati yang diperoleh dari sayur dan kacang-kacangan, protein juga bisa didapat dari produk hewani seperti susu, telur, dan daging. Saat melakukan diet, lebih disarankan untuk mengonsumsi daging dari ikan. Dua jenis ikan yang paling pas dikonsumsi saat diet antara lain ikan kod dan ikan tuna.

Ikan kod dan ikan tuna punya kandungan protein yang tinggi dan lemak rendah, sehingga cocok untuk diet. Kedua jenis ikan ini juga kaya akan DHA yang baik untuk otak.

5. Konsumsi Daging Ayam dan Sapi saat Diet

Sebenarnya, mengonsumsi daging ayam dan sapi saat diet bukanlah pantangan yang harus dihindari. Kalian bisa mengonsumsi daging ayam atau sapi saat diet. Namun, akan lebih baik jika mengonsumsi bagian tertentu.

Untuk daging ayam, saat diet kalian bisa memilih bagian dada, sebab dada ayam terbukti kaya akan protein dan rendah lemak. Selain itu, bagian ini juga menyimpan vitamin B, vitamin D, kalsium, zat besi, dan seng. Sebaiknya kalian juga menghindari bagian kulit ayam, karena pada bagian itu lemak banyak tersimpan.
Sementara, untuk daging sapi kalian bisa memilih daging sapi tanpa lemak seperti sirloin atau tenderloin.

6. Tahu dan Tempe

Jangan melewatkan tahu dan tempe sebagai menu diet. Kandungan protein dalam dua olahan kedelai ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Tahu dan tempe juga akan sangat cocok bagi kalian yang merupakan seorang vegetarian. Apalagi, saat ini banyak resep masakan olahan tahu dan tempe yang bisa membuatnya terasa seperti daging.

Itulah di antaranya beberapa jenis makanan yang cocok dikonsumsi saat diet. Bagaimana apa kalian tertarik mencoba melakukan diet dengan menu makanan di atas?

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI