Tidak Perlu Menyiksa Diri, Ini 7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Mengurangi Makan

Jum'at, 18 September 2020 14:55 Penulis: Dita Tamara
Tidak Perlu Menyiksa Diri, Ini 7 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Mengurangi Makan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Mempunyai berat badan yang ideal tentunya dambaan semua orang. Berbagai upaya bahkan dilakukan mulai dari olahraga, hingga menjalankan program diet ketat. Hal tersebut dilakukan supaya dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka. Namun, menurunkan berat badan tidak dapat dilakukan secara sembarangan karena bisa saja hal itu malah menimbulkan masalah pada tubuh.

Tak sedikit pula orang yang mengalami gagal diet lantaran kesusahan dalam mengatur pola makan yang menyebabkan rasa lapar tak tertahankan. Tak heran jika banyak orang yang menyerah dengan diet yang tengah mereka jalankan.

Sebenarnya, banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk menurunkan berat badan tanpa diet ketat yang menyiksa. Cara menurunkan berat badan itu sendiri yakni dengan mengubah gaya hidup. Tanpa menjalankan diet ribet dan membuat perut sengsara, ada baiknya kalian mengubah hal tersebut dengan menurunkan berat badan tanpa mengurangi makan.

Apa saja? Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Perlambat Saat Mengunyah Makanan

Sebagian orang pasti tahu pentingnya memperlambat mengunyah saat makan. Namun, kebanyakan orang tak sabar untuk melakukan itu dan memilih mengunyahnya dengan cepat dan terburu-buru. Ternyata, memperlambat mengunyah juga baik untuk menurunkan berat badan lho. Hal ini lantaran ketika kalian memperlambat mengunyah, tentu saja juga dapat memperlambat waktu kalian saat makan.

Nah, itulah yang mampu menurunkan asupan makanan dan memperkecil porsi makan. Sebab, seberapa cepat menyelesaikan makan juga mempengaruhi berat badan. Selain menambah berat badan, makan cepat juga menyebabkan obesitas.

2. Sarapan

Salah satu kebiasaan baik yang sering ditinggalkan yaitu sarapan. Kebanyakan orang akan malas sarapan pagi dengan alasan tidak terbiasa ataupun terburu-buru untuk segera melakukan aktivitas. Namun, perlu kalian ketahui jika untuk mengurangi berat badan, kalian tidak boleh untuk melewatkan sarapan setiap harinya.

Jika orang beranggapan tidak sarapan akan memangkas asupan kalori, namun kenyataannya mereka justru akan lebih banyak makan sepanjang hari jika tidak mengonsumsi sarapan. Oleh sebab itu, mulai sekarang biasakan untuk selalu sarapan.

3. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Makanan kaya serat salah satu makanan yang bisa menurunkan berat badan lho. Sebab, makanan kaya serat akan membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Dengan begitu, kalian akan merasa kenyang lebih lama dan keinginan untuk ngemil akan tertahan. Tak hanya itu saja, makanan kaya serat juga dapat membantu melancarkan pencernaan kalian. Oleh sebab itu, kalian bisa mengonsumsi jenis sayuran yang bisa kalian masukkan ke dalam menu harian.

4. Konsumsi Gandum

Dengan mengganti asupan biji-bijian olahan dengan gandum, kalian sudah memenuhi kebutuhan tubuh akan serat dengan lebih cepat. Dengan begitu, kalian akan merasa lebih cepat kenyang sehingga porsi makan pun secara tidak langsung dapat berkurang. Pilihlah roti dan pasta gandum, beras merah, popcorn dan biskuit gandum untuk asupan sehari-hari.

5. Usahakan Tidur 7-8 Jam

Orang yang kurang tidur akan akan lebih berkemungkinan besar untuk mengalami kenaikan berat badan. Mengapa hal ini terjadi? Sebab, orang yang kurang tidur akan berkemungkinan besar untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi dan menambah berat badan daripada orang yang cukup istirahat. Hal itu terjadi karena saat mengantuk bagian otak yang berfungsi memberi sinyal kenyang akan terganggu sehingga terlambat memberi tahu bahwa kalian sudah kenyang meskipun sudah makan banyak.

6. Olahraga di Pagi Hari

Untuk membantu mengurangi berat badan tanpa diet. Setiap harinya, lakukan apapun yang bisa membuat kalian tetap aktif seperti olahraga pagi. Tidak perlu olahraga berat, kalian bisa melakukannya dengan berjalan setiap paginya. Selain bisa bermanfaat untuk menjaga berat badan, manfaat jalan kaki lainnya adalah menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, menurunkan risiko penyakit jantung serta stroke, menguatkan tulang, hingga membakar lemak.

7. Konsumsi Kacang-kacangan

Meski kacang-kacangan merupakan makanan berlemak, namun makanan tersebut tetap menyehatkan terlebih untuk mencegah nafsu makan. Selain itu, kacang-kacangan merupakan sumber protein yang berpotensi menyelamatkan kehidupan. Oleh sebab itu, konsumsi kacang-kacangan untuk camilan kalian.

Itulah sederet cara menurunkan berat badan tanpa mengurangi makan yang bisa kalian lakukan dengan mudah. Selamat menerapkan dan semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI