Dikabarkan Tak Lagi Menanggung Biaya 8 Penyakit Besar, DPR Akan Panggil Dirut BPJS

Senin, 27 November 2017 14:18 Penulis: Sanjaya Ferryanto
Dikabarkan Tak Lagi Menanggung Biaya 8 Penyakit Besar, DPR Akan Panggil Dirut BPJS
BPJS Kesehatan © Merdeka

Kapanlagi Plus - Beredar kabar jika Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan tidak akan lagi menanggung biaya 8 penyakit katastropik. Kedelapan penyakit tersebut di antaranya adalah jantung, gagal ginjal, kanker, stroke, sirosis hepatitis, thalassemia, leukimia dan hemofilia.

Anggota Komisi IX Okky Asokawati menyatakan tidak setuju jika BPJS tak lagi menanggung biaya perawatan 8 penyakit katastropik tersebut. Dirinya menyarankan agar BPJS memperbaiki masalah transparansi dalam administrasinya.

"Enggak setuju dong, harus fair. BPJS yang lebih dulu dibenahi misalnya transparansinya, administrasinya," ucapnya seperti dilansir Merdeka.com.

BPJS Kesehatan © Panduan BPJSBPJS Kesehatan © Panduan BPJS

Ketua Komisi IX, Dede Yusuf, mengatakan jika pihaknya akan memanggil Dirut BPJS Kesehatan terkait rencana penerapan cost sharing untuk penyakit katastropik. Menurutnya, BPJS harus membahas rencana tersebut bersama DPR agar tidak melanggar UU Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

"Harus didudukkan dengan DPR dulu. Karena ini menyangkut amanah UU. Segera nanti kami akan panggil BPJS untuk jelaskan rencananya," ujar Dede.

Dikabarkan pula jika terjadi defisit anggaran BPJS Kesehatan yang mencapai Rp 9 triliun tahun ini. Jumlah tersebut berbeda dari laporan dari Kementerian Keuangan dimana defisit 'hanya' sebesar Rp 3 triliun.

(kpl/mer/frs)



MORE STORIES




REKOMENDASI