Doa Rindu Orang Tua yang Sudah Meninggal Beserta Hukumnya

Diperbarui: Diterbitkan:

Doa Rindu Orang Tua yang Sudah Meninggal Beserta Hukumnya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Kapanlagi.com - Mengirimkan doa kepada orang yang sudah meninggal bisa dianggap sebagai salah satu bentuk kepedulian. Bisa juga dianggap sebagai cara mengungkapkan kerinduan. Terdapat doa rindu orang tua yang sudah meninggal untuk kalian baca.

Doa rindu orang tua yang sudah meninggal bisa kalian panjatkan untuk memohonkan ampun. Alih-alih larut dalam kesedihan karena tak bisa bertemu lagi, mendoakan bisa dibilang menjadi jalan yang terbaik.

BACA JUGA : Doa Untuk Orang Yang Sudah Meninggal Beserta Artinya

Nah, jika ingin mempelajari sejumlah doa rindu orang tua yang sudah meninggal beserta hukumnya, silakan simak informasi selengkapnya di bawah ini.

 

 

 

 

1. Doa Rindu Orang Tua

Orangtua adalah bagian keluarga yang bisa dikatakan paling dekat dengan anak. Mereka yang pertama kali menyambut saat kalian lahir ke dunia. Oleh karena itu, wajar jika saat berjauhan kalian merasakan rindu. Alih-alih larut dalam rasa rindu dan kesedihan, kalian bisa mendoakan mereka. Terdapat doa rindu orang tua yang sudah meninggal maupun yang masih hidup.

Seperti yang terdapat dalam surat Al-Isra' ayat 24, Allah mengajarkan umat Islam untuk mendoakan orang tua.

Bacaan: "Wakhfid lahumaa janaahaz zulli minar rahmati wa qur Rabbir hamhumaa kamaa rabbayaanii saghiira"

Artinya: "Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, "Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil."

Rendah hati dalam perintah di atas adalah menaati yang diperintahkan oleh orangtua selama tidak bertentangan dengan ketentuan-ketentuan agama. Taat anak kepada kedua orang tua merupakan tanda kasih sayang dan rasa hormat. Allah SWT juga memerintahkan untuk mendoakan orangtua agar diberi limpahan kasih sayang sebagai imbalan dari usahanya dalam mendidik kalian sejak kecil.

Berikut ini, terdapat doa rindu orangtua yang bisa kalian panjatkan saat berada di perantauan.

Bacaan: "Allahumma fighfirlii wa liwaa lidhayya warham humaa kamaa rabbayaa nii shokhiroon"

Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku. Baik ibu maupun bapakku, sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil."

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Doa Rindu Orang Tua yang Sudah Meninggal

Tak hanya untuk yang masih hidup, ada pula doa rindu orang tua yang sudah meninggal. Apalagi, orang yang sudah meninggal tidak membawa apa-apa selain amalan semasa hidup dan doa dari anak soleh.

Sebagai anak yang masih hidup di dunia, kalian bisa memanjatkan doa untuk memohonkan ampunan. Berikut ini terdapat beberapa doa rindu orang tua yang sudah meninggal untuk kalian baca.

1. Bacaan: "Rabbanagh firlii waliwaalidayya wa lilmu miniina yauma yaquumul hisaab."

Artinya: "Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hati terjadi hisab (hari kiamat)." (QS. Ibrahim:41)

2. Bacaan: "Allahummaghfir lahu warhamhu wa 'aafihi wa'fu 'anhu wa akrim nuzulahu wa wassi' mudkhalahu waghsilhu bilmaa'i wats tsalji wal baradi wa naqqihi minal khathaayaa kamaa naqqaitats tsaubal abyadla minad danasi wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zaujan khairan min zaujihi wa adkhilhul jannata wa a'idzhu min 'adzaabil qabri au min 'adzaabin naar".

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosa-dosanya, kasihanilah ia, lindungilah ia dan maafkanlah ia, muliakanlah tempat kembalinya, lapangkan kuburnya, bersihkanlah ia dengan air, salju dan air yang sejuk. Bersihkanlah ia dari segala kesalahan, sebagaina Engkau telah membersihkan pakaian putih dari kotoran, dan gantilah rumahnya di dunia dengan rumah yang lebih baik di akhirat serta gantilah keluarganya di dunia dengan keluarga yang lebih baik, dan pasangan di dunia dengan yang lebih baik. Masukkanlah ia ke dalam surga-Mu dan lindungilah ia dari siksa kubur atau siksa api neraka)"(HR. Muslim)

Catatan: Lafal 'Hu' digunakan untuk mayat laki-laki. Untuk mayat perempuan, lafal 'Hu' dapat diubah menjadi 'Ha' yang berarti 'dia' (perempuan).

 

 

 

3. Hukum Mendoakan Orangtua

Peduli terhadap sesama muslim yang meninggal merupakan sebuah anjuran yang perlu kalian tepati. Salah satu cara menunjukkan kepedulian adalah dengan berdoa. Bukan meminta sesuatu kepada orang yang sudah meninggal, tapi memohonkan ampunan dan memanjatkan doa agar pahalanya sampai kepada mereka.

Hukum mendoakan orangtua sama dengan hukum mendoakan orang lain. Kalian bisa menyimak penjelasan itu dalam Al Quran surat Al-Hasyr ayat 10.

Bacaan: "Wallaziina jaaa'uu min ba'dihim yaquuluuna Rabbanagh fir lanaa wa li ikhwaani nal laziina sabquunaa bil iimaani wa laa taj'al fii quluubinaa ghillalil laziina aamanuu rabbannaaa innaka Ra'uufur Rahiim

Artinya: "Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan An¡ar), mereka berdoa, "Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dari kami, dan janganlah Engkau tanamkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, Sungguh, Engkau Maha Penyantun, Maha Penyayang."

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai doa rindu orang tua yang sudah meninggal yang bisa kalian pelajari.

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending