Doa Sholat Taubat Nasuha Lengkap Beserta Niat dan Keutamaannya

Diterbitkan:

Doa Sholat Taubat Nasuha Lengkap Beserta Niat dan Keutamaannya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)

Kapanlagi.com - Saat melakukan dosa, umat muslim wajib memohon ampun kepada Allah SWT dengan cara mendirikan sholat taubat. Selanjutnya, kalian bisa melanjutkannya dengan memanjatkan doa sholat taubat nasuha.

Selain memanjatkan doa sholat taubat nasuha, kalian juga harus berhenti melakukan maksiat dan menyesal sedalam-dalamnya. Kemudian, bertekad untuk tidak mengulanginya lagi.

Nah, agar lebih jelas dalam memahami niat dan doa sholat taubat nasuha, silakan simak penjelasan di bawah ini.

 

1. Doa Sholat Taubat Nasuha

Orang yang sudah melaksanakan sholat taubat nasuha dianjurkan untuk membaca doa. Seperti tujuan dari sholat taubat itu sendiri, isi doa tersebut berisi permohonan ampun kepada Allah SWT atas segala kesalahan yang telah diperbuat. Memohon ampunan dengan sungguh-sungguh bisa membawa ketentraman dan bisa membuat seseorang bisa merasa lebih dekat dengan Allah SWT. Berikut ini doa sholat taubat nasuha yang bisa kalian baca.

1. Bacaan Istighfar

Astaghfirullaahal azhiimal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyumu wa atuubu ilaihi taubata 'abdin zhaalimin laa yamliku li nafsihi dharran wa laa naf'an wa laa mautan wa laa hayaatan wa laa nusyuuran.

Artinya: "Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung, yang tiada Tuhan kecuali Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Tegak. Aku bertaubat (kembali) kepadaNya selaku taubatnya seorang hamba yang telah berbuat kezaliman yang tiada lagi mempunyai madharat atau pun manfaat, mati, hidup, atau pun kebangkitan dari kematian nanti."

2. Bacaan Doa Sholat Taubat Nasuha

Allahumma anta robbi laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana abduka wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatho'tu. A 'udzu bika min syarri maa shona'tu abuu-u laka bini'matika 'alayya wa abuu-u bidzanbii, faghfirlii fainnahuu alaa yaghfirudz dzunuuba illa anta.

Artinya: "Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambaMu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadaMu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padaMu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau,"

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Niat Sholat Taubat Nasuha

Sholat taubat nasuha merupakan sholat sunnah yang dilakukan saat umat muslim ingin bertaubat atau membersihkan diri dari dosa yang telah diperbuat. Waktu sholat taubat bisa dilaksanakan kapan saja, kecuali waktu yang diharamkan.

Tata cara pelaksanaannya juga seperti sholat fardhu. Perbedaan terletak pada niat dan doanya. Jumlah rakaat bisa terdiri dari dua atau empat rakaat dengan salam di setiap dua rakaat. Agar lebih jelas, selain doa sholat taubat nasuha kalian juga perlu menyimak niat dan urutan sholat taubat berikut ini:

1. Niat sholat taubat nasuha (cukup dibaca dalam hati):

"Ushalli sunnatat taubati rak'ataini lillahi ta'ala"

Artinya: "Saya niat sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta'ala."

2. Takbiratul Ihram.

3. Disunahkan membaca doa iftitah.

4. Membaca surat Al Fatihah.

5. Membaca surat dari Alquran.

6. Rukuk (Membaca tasbih ruku' tiga kali).

7. I'tidal (Membaca doa i'tidal).

8. Sujud (Membaca tasbih sujud tiga kali).

9. Duduk di antara dua sujud (Membaca doa 'Robbighfirlii warhamnii...').

10. Sujud kedua (Membaca tasbih sujud tiga kali).

11. Berdiri lagi dan lanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas sampai 10.

12. Tasyahud akhir (Membaca bacaan tasyahud akhir).

13. Mengucap salam.

14. Berdoa mohon ampunan.

 

3. Keutamaan Doa Sholat Taubat

Selain niat dan doa sholat taubat nasuha, kalian juga perlu mengetahui keutamaannya. Berikut ada penjelasan yang disertai dengan hadis dan ayat Al-Quran yang bisa kalian simak.

1. Diampuni Oleh Allah SWT

Orang yang bertaubat akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Hal itu sesuai dengan sabda Rasulullah berikut ini:

"Tiada seorang pun yang berdosa kemudian ia berwudhu lalu mengerjakan sholat (Sholat taubat) serta memohon ampun kepada Allah melainkan ia akan diampuni oleh-Nya."

2. Dimasukkan ke Surga Oleh Allah SWT

Allah SWT berfirman dalam Al Quran surah At Tahrim ayat 8, yang artinya:

"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat nasuha. Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai." (QS. At-Tahrim ayat 8).

3. Disukai Oleh Allah SWT

Selanjutnya, Allah berfirman dalam Al Quran surah Al Baqarah ayat 222, yang artinya :

"Sungguh, Allah sangat menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri." (QS. Al Baqarah ayat 222).

4. Didoakan Para Malaikat

Allah berfirman dalam Al Quran surah Al Mu'min ayat 7, yang artinya:

"Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu yang ada pada-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertobat dan mengikuti jalan (agama)-Mu dan peliharalah mereka dari azab neraka yang menyala-nyala." (QS. Al Mu'min ayat 7).

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai doa sholat taubat nasuha beserta keutamaan yang perlu kalian ketahui.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending