Efisien dan Efektif, Begini Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk

Jum'at, 17 Juli 2020 10:33 Penulis: Puput Saputro
Efisien dan Efektif, Begini Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Melunasi hutang sudah jadi suatu kewajiban. Berutang acap kali jadi cara seseorang dalam memenuhi kebutuhan. Namun, berhutang sebaiknya tidak dijadikan kebiasaan. Sebab, utang yang menumpuk bakal semakin menyulitkan keadaan. Ada tips khusus dalam cara melunasi hutang, terlebih jika utang sudah menumpuk.

Ya, melunasi utang memang bukan perkara yang mudah. Di samping kewajiban membayar hutang, kita juga masih punya berbagai kebutuhan yang juga harus dipenuhi. Itulah sebabnya, dibutuhkan tips khusus agar utang yang menumpuk bisa segera lunas dan kebutuhan hidup tetap bisa terpenuhi.

Dilansir dari liputan6.com, berikut beberapa cara melunasi hutang yang menumpuk.

1. Bangun Komitmen

Hal paling mendasar yang perlu kamu lakukan untuk melunasi hutang adalah membangun komitmen. Mungkin terdengar sepele, namun komitmen menjadi hal yang sangat penting. Dengan komitmen yang kuat, kalian akan lebih disiplin dan berhemat untuk melunasi hutang. Kalian juga akan lebih terhindar dari berbagai hal atau godaan yang sekiranya bakal menghambat proses melunasi hutang.

2. Buat Daftar Skala Prioritas

Setelah komitmen terbangun, selanjutnya kalian perlu membuat daftar skala prioritas hutang. Terlebih apabila kalian mempunyai utang yang menumpuk. Kalian bisa mengurutkan utang berdasarkan besaran dan waktu tempo pembayarannya. Tujuannya agar kalian tahu utang mana yang harus diselesaikan lebih dulu. Kalian juga bisa menyisihkan penghasilan kalian untuk mencicil hutang tersebut. Besar cicilan, kalian bisa sesuaikan dengan besaran hutangnya.

3. Jangan Bayar Utang dengan Cara Berutang

Jangan pernah sekalipun berpikir untuk melunasi hutang dengan cara berutang atau istilahnya "gali lubang tutup lubang". Hal ini tidak akan membuat kalian terbebas dari permasalahan hutang. Sebaliknya, membayar utang dengan berutang justru berpotensi menghasilkan hutang baru. Dampaknya, utang akan semakin menumpuk dan kalian bisa semakin kewalahan untuk menyelesaikannya.

4. Pakai Tabungan

Untuk melunasi hutang sebaiknya kalian menggunakan uang tabungan. Hutang termasuk pengeluaran mendesak dan ada kewajiban untuk menyelesaikannya. Sehingga, tak masalah jika kalian menggunakan uang tabungan yang selama ini kalian kumpulkan untuk tujuan tertentu. Selain dengan tabungan yang sudah dikumpulkan lama, kalian juga bisa menabung atau mengumpulkan uang dengan menyisihkan penghasilan.

5. Gadaikan Barang atau Sumber Aset Lainnya

Tidak hanya memakai tabungan, jika kalian mempunyai sumber aset lainnya, kalian bisa menggunakannya untuk melunasi hutang. Kalian bisa menggadaikan barang lalu menebusnya kembali saat kondisi keuangan kalian sudah stabil. Di samping itu, kalian juga bisa menjual barang yang tidak terpakai atau mencairkan investasi jika punya. Cara melunasi hutang ini bisa kalian lakukan dalam keadaan yang mendesak.

6. Bayar dengan Cara Dicicil

Seperti yang disebutkan sebelumnya, selain melunasi hutang kita juga harus memenuhi kebutuhan. Hal ini akan membuat keadaan relatif semakin sulit. Namun, kalian tak perlu panik. Kalian bisa membayar utang dengan cara dicicil. Tentunya, tergantung pada kesepakatan pemberi hutang. Sebisa mungkin atur besar cicilan, sesuaikan dengan penghasilan dan kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi. Sehingga, utang lunas dan kebutuhan tetap terpenuhi.

Nah itulah di antaranya beberapa cara melunasi hutang yang bisa kalian coba. Setelah hutang lunas, pastikan untuk lebih bijak dalam mengatur keuangan ya.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI