7 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan, Mengobati Luka - Menyehatkan Otak

Kamis, 16 Juli 2020 17:44 Penulis: Puput Saputro
7 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan, Mengobati Luka - Menyehatkan Otak
Manfaat daun pegagan(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Pegagan selama ini dikenal sebagai tanaman liar yang biasa dijumpai di area persawahan. Karena seolah tak berharga, siapa sangka ternyata tanaman ini punya banyak sekali manfaat. Tanaman dengan nama ilmiah Centella asiatica ini dipercaya mengandung senyawa yang berguna untuk kesehatan tubuh. Manfaat daun pegagan untuk kesehatan cukup beragam, mulai dari mengobati luka ringan hingga menyehatkan otak.

Tidak hanya di Indonesia, di berbagai belahan dunia daun pegagan juga sudah dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Maklum saja, pegagan memang bisa tumbuh di mana saja, terutama di kawasan Asia. Bahkan, di Tiongkok daun pegagan mendapat label "ramuan umur panjang".

Lantas, apa saja manfaat daun pegagan untuk kesehatan? Berikut beberapa ulasannya, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengobati Luka

Ramuan daun pegagan dipercaya berkhasiat bisa mempercepat proses penyembuhan luka. Khasiat daun pegagan yang satu ini sudah dimanfaatkan oleh masyarakat tradisional sejak lama dan secara turun temurun. Daun pegagan ternyata mengandung senyawa triterpenoid yang bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Selain itu, kandungan tersebut juga berperan dalam meningkatkan produksi antioksidan dan suplai darah ke area luka.

Saking ampuhnya dalam mempercepat penyembuhan luka, ramuan daun pegagan dianjurkan untuk diminum pasca melakukan operasi. Namun, tentunya setelah mendapat persetujuan dari dokter terlebih dahulu.

2. Melancarkan Aliran Darah

Sudah disinggung sebelumnya, bahwa kandungan trupernoid dalam pegagan bisa memberi efek lancarnya aliran darah ke area luka. Kandungan dalam daun pegagan juga dipercaya mampu melancarkan aliran darah seluruh tubuh.

Dalam daun pegagan, juga terdapat kandungan senyawa triterpenes yang bisa berfungsi sebagai antiperadangan. Efeknya, selain aliran darah menjadi lancar tubuh juga bisa terhindar dari masalah karena aliran darah terhambat, seperti hipertensi vena hingga varises.

3. Mengatasi Stres

Manfaat daun pegagan lainnya adalah mengatasi stres. Daun pegagan mempunyai senyawa bernama riterpenoid glikosida. Salah satu manfaat dari senyawa ini adalah pereda stres. Kemampuan daun pegagan dalam mengatasi stres sudah teruji melalui penelitian. Dilansir dari liputan6.com, sebuah penelitian mengungkapkan ekstrak daun pegagan yang dikonsumsi selama 60 hari dapat menurunkan stres pada 33 orang dengan gangguan kecemasan.

4. Menyehatkan Otak

Seperti yang sudah disinggung di awal, salah satu manfaat daun pegagan ialah baik untuk kesehatan otak. Tak sekadar menyehatkan, kandungan dalam daun pegagan juga dipercaya bisa meningkatkan fungsi kognitif otak.

Dilansir dari healthline.com, kandungan dalam pegagan sama kuatnya dengan asam folat dalam meningkatkan fungsi kognitif otak. Malahan, pegagan dinilai lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan otak menyimpan memori.

5. Mencegah Alzaimer

Masih berkaitan dengan kesehatan otak, daun pegagan juga dipercaya berkhasiat mencegah alzaimer. Hal ini sejalan dengan manfaat daun pegagan dalam meningkatkan kemampuan otak dalam mengingat dan menyimpan memori. Daun pegagan juga diyakini mampu meningkatkan kemampuan sel-sel otak. Sehingga akan terhindar dari kerusakan, dan mencegah munculnya plak yang bisa jadi pemicu Alzheimer.

6. Mengatasi Insomnia

Apabila kalian sering mengalami gangguan sulit tidur atau insomnia, tak ada salahnya kalian coba mengatasinya dengan daun pegagan. Ya, daun pegagan dipercaya bisa mengatasi insomnia. Manfaat daun pegagan yang satu ini masih berkaitan dengan kemampuannya dalam mengatasi stres dan menyehatkan otak.

Sebab, seperti yang kita tahu salah satu pemicu dari gangguan tidur ialah stres. Sehingga, mengonsumsi daun pegagan akan jadi solusi untuk mengatasi stres dan insomnia sekaligus.

7. Menyamarkan Stretch Mark

Keberadaan stretch mark sering kali mengganggu rasa percaya diri seseorang. Jangan khawatir, daun pegagan bisa jadi solusi mengatasi stretch mark. Kandungan terpenoid dalam pegagan akan meningkatkan kolagen dalam tubuh. Hal ini secara tidak langsung akan mencegah munculnya stretch mark. Kandungan ini pula yang kemudian juga dipercaya bisa menyamarkan bekas luka.

8. Efek Samping Daun Pegagan

Sudah tak perlu diragukan lagi bahwa pegagan memang jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Meski begitu, ternyata ada sejumlah aturan yang tetap harus diperhatikan dalam mengonsumsi tanaman obat satu ini. Sebab, sama seperti tanaman obat lainnya, mengonsumsi pegagan juga bisa jadi akan menimbulkan berbagai efek samping.

Dilansir dari healthline.com, daun pegagan bisa menimbulkan berbagai efek samping seperti sakit kepala, sakit perut, dan pusing. Selain itu, penggunaan daun pegagan sebagai obat oles juga bisa berpotensi menimbulkan iritasi. Selain itu, saat dalam keadaan hamil, menyusui, dan mengalami sakit serius seperti kanker dan hepatitis tidak dianjurkan untuk mengonsumsi pegagan.

Nah itulah di antaranya beberapa manfaat daun pegagan berikut efek sampingnya. Kalian bisa mengonsumsinya sebagai salah satu obat herbal. Namun, jangan sampai berlebihan agar untuk menghindari efek samping.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI