Fakta Audrey Yu Jia Hui Si Jenius, Belum Lulus S2 dan Tak Pernah Ketemu Jokowi

Rabu, 10 Juli 2019 12:40 Penulis: Rahmi Safitri
Fakta Audrey Yu Jia Hui Si Jenius, Belum Lulus S2 dan Tak Pernah Ketemu Jokowi
Audrey Yu © liputan6.com/Agustinus M Damar


Kapanlagi Plus - Minggu (7/7/2019), sebuah utas atau thread di Twitter yang dibuat oleh pemilik akun @nithasist . Di utas tersebut, Audrey diceritakan lulus SMA di usia 13 tahun lalu kuliah S1 dan S2 di Virginia, Amerika Serikat. Dua gelar tersebut didapatnya saat masih 16 tahun. 

Akun tersebut juga menjelaskan Audrey langsung diterima NASA dengan gaji Rp 200 juta per bulan. Ia bertemu dengan Jokowi pada acara KTT G-20 di Jepang beberapa waktu lalu yang membuat kagum sang presiden. Ia lalu ditawari masuk ke BPPT dan langsung mengiyakan tanpa berpikir gaji.

Namun setelah kisah penuh inspirasi ini viral, beberapa netizens menganggap ada yang janggal dengan cerita Audrey. Soal mendapat pekerjaan dari NASA dengan gaji 200 juta perbulan setelah lulus S3 dari Prancis, juga tak benar. Karena saat diwawancarai oleh liputan6.com di 2017, Audrey mengaku berprofesi sebagai guru di salah satu sekolah di Shanghai, China. Ia mengajar bahasa Inggris dan membantu mempersiapkan siswa untuk menempuh ujian SAT.

1. Judul Buku Audrey Sebenarnya

Setelah beberapa netizens menjelaskan kejanggalan dari kasus Audrey ini, akun Twitter penerbit Bentang Pustaka juga buka suara. Mereka membuat thread membantah apa yang dikatakan pemilik akun @nithasist.

"Kami merasa janggal karena Audrey tidak pernah bekerja di NASA. Kami mengenal baik Audrey karena pada 2014 dan 2015, Audrey menerbitkan 2 bukunya bersama Bentang Pustaka yang berjudul #MellowYellowDrama dan #MencariSilaKelima," tulis admin Bentang Pustaka.

Sebelumnya dalam thread-nya, @nithasist menyebut kalau judul buku Audrey Yu adalah 'Indonesia Tanah Airku, Aku Cinta Indonesiaku' dan katanya jadi best-seller di seluruh dunia.

2. Sinopsis Buku Audrey

Bentang Pustak juga menjelaskan sinopsis singkat tentang dua buku yang ditulis oleh Audrey. Mellow Yellow Drama berisi memorabilia Audrey. Di sini ia berbagi cerita mengenai dirinya yang patah hati saat dinilai tidak pantas menjadi orang Indonesia seutuhnya. Darah Tionghoa yang mengalir dalam dirinya membuat Audrey dipandang berbeda. Berbagai prestasi yang ia capai belum mampu membuatnya dihargai di negeri sendiri.

Di buku selanjutnya, Mencari Sila Kelima, Audrey menulis semacam surat cinta kepada Indonesia. Di buku ini, ia merinci dan memaparkan secara detail tentang nilai-nilai Pancasila yang menjadi modal dasar pemersatu bangsa.

3. Klarifikasi Ayah Audrey

Bentang Pustaka bahkan sampai menghubungi orangtua Audrey via chat WhatsApp untuk menanyakan soal rumor yang beredar di media sosial. Ayahanda Audrey, Budi Loekita, memberikan beberapa klarifikasi soal putrinya yang mendadak ramai dibicarakan di media sosial.

Inilah klarifikasi dari ayah Audrey:

"1. Audrey tidak pernah ketemu dengan bapak Presiden Jokowi

2. Audrey tidak bekerja di NASA

3. Audrey masih S1 dan sedang mengambil S2/S3 di Amerika

Semoga penjelasan di atas, bisa menjernihkan berita yang beredar saat ini."

4. Memang Benar Jenius

Namun ada beberapa yang benar dari thread buatan @nithasist. Audrey memang anak jenius. SMP hanya setahun, SMA ditempuh dalam 11 bulan, dan jadi sarjana saat usianya masih 16 tahun. Ia juga pernah menjadi satu dari 72 duta prestasi Indonesia dalam pagelaran Festival Prestasi Indonesia.

Sukses terus buat Audrey dan selalu berprestasi!

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri



MORE STORIES




REKOMENDASI