Ganggu Percaya Diri, Ini 6 Penyebab Gusi Hitam Karena Kebiasaan - Penyakit

Selasa, 13 Oktober 2020 16:11 Penulis: Puput Saputro
Ganggu Percaya Diri, Ini 6 Penyebab Gusi Hitam Karena Kebiasaan - Penyakit
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Gusi jadi salah satu bagian penting dalam mulut kita. Sama halnya dengan gigi, lidah, atau bagian tubuh dalam mulut, gusi juga sering berbagai masalah. Salah satu yang sering terjadi ialah gusi hitam. Meskipun umum terjadi, nyatanya tak banyak orang yang tahu apa penyebab gusi hitam. Padahal, gusi hitam bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Bisa jadi di penyebab dari gusi hitam merupakan kebiasaan kita sehari-hari. Atau bisa juga penyakit yang harus segera diobati. Artinya, penting untuk tahu penyebab tersebut agar kita bisa melakukan langkah pencegahan. Selain itu, gusi hitam sebaiknya segera diatasi. Sebab walaupun tidak menimbulkan rasa sakit, gusi hitam bisa mengganggu rasa percaya diri seseorang.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa penyebab gusi hitam.

 

1. Merokok

Tak hanya berdampak buruk bagi kesehatan pernapasan, kebiasaan merokok ternyata juga bisa ganggu penampilan. Selama ini merokok sering disebut bisa menyebabkan bibir berwarna gelap. Ternyata bukan itu saja dampak buruknya. Kebiasaan merokok juga bisa jadi salah satu penyebab gusi hitam.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, gusi yang hitam karena merokok dikenal dengan istilah melanosis perokok. Hal ini diakibatkan kandungan nikotin dalam tembakau yang menyebabkan melanosit menghasilkan lebih banyak melanin dari biasanya. Akibatnya terjadi perubahan warna menjadi lebih gelap pada mulut, termasuk dalam pipi, bibir bawah, dan gusi.

2. Pengaruh Obat

Seperti yang kita tahu, selain menyembuhkan obat-obatan sering mempunyai efek samping tertentu bagi kesehatan. Seperti minocycline yang biasa digunakan untuk mengatasi jerawat dan infeksi. Jenis obat kimia ini ternyata bisa menimbulkan efek perubahan warna pada organ di mulut, seperti gusi.

Oleh karena itu, sebaiknya mulai sekarang pastikan obat atau produk perawatan wajah dan kulit kalian tidak mengandung zat ini. Agar bisa lebih terhindar dari risiko gusi hitam. Selain minocycline terdapat beberapa jenis obat yang punya reaksi serupa. Jadi tak ada salahnya mengkonsultasikan jenis obat pada dokter sebelum mengonsumsinya.

3. Paparan Logam

Penyebab gusi hitam berikutnya yaitu bisa disebabkan paparan logam. Dilansir dari klikdokter.com, beberapa jenis logam seperti timah, merkuri, silver, arsenik, dan emas bisa menyebabkan gusi menjadi hitam. Walaupun bisa dibilang kecil kemungkinannya, nyatanya logam-logam tersebut sangat mungkin masuk ke tubuh kita. Melalui makanan, minuman, obat-obatan, atau produk lain seperti cat atau kosmetik.

Masih dari klikdokter.com, biasanya gusi hitam akibat logam ditandai dengan munculnya garis hitam kebiruan di sepanjang gusi. Apabila hal ini terjadi, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Sebab, jika dibiarkan berlanjut dikhawatirkan bisa menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Misalnya, keracunan logam.

4. Penyakit atau Sindrom Addison

Penyakit atau sindrom addison barang kali masih asing di telinga orang awam. Penyakit ini umumnya terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang terganggu akibat kelenjar adrenal yang terganggu. Dilansir dari medicalnewstoday.com, penyakit ini mempunyai beberapa gejala, salah satunya bibir dan gusi yang menghitam.

Selain itu, masih ada pula gejala lainnya seperti kelelahan, mudah haus, berat badan menurun, nafsu makan hilang, hingga otot tubuh melemah. Jadi jika kalian mengalami gusi hitam disertai gejala-gejala tersebut, tak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

5. Luka Memar

Tanpa disadari kita sering kali melukai gusi kita hingga menjadi memar. Saat memar, gusi akan berwarna merah gelap, ungu, hingga kehitaman. Luka memar pada gusi bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti menggosok gigi terlalu keras. Benturan atau gesekan dengan makanan yang teksturnya tajam. Bahkan, bisa juga akibat terjatuh atau kecelakaan. Tapi jangan khawatir, memar pada gusi pada umumnya memang bisa pulih dengan sendirinya.

6. Gejala Kanker Mulut

Gusi hitam juga bisa jadi pertanda masalah kesehatan yang serius, seperti kanker mulut. Dilansir dari healthline.com, penyebab gusi hitam karena kanker biasanya disertai dengan pembengkakan, munculnya luka terbuka, hingga pendarahan.

Namun untuk mengetahuinya secara pasti tetap diperlukan tes biopsi khusus. Untuk tidak memperparah kondisi ini, disarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol dan berhenti merokok. Pasalnya, konsumsi alkohol dan tembakau dalam jumlah besar bisa meningkatkan faktor risiko kanker mulut.

Itulah beberapa penyebab gusi hitam. Jadi hindari penyebab yang selama ini jadi kebiasaan. Selain itu, jangan segan lakukan pemeriksaan apabila gusi kalian yang hitam tak kunjung sembuh. Semoga bermanfaat!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI