Bikin Nyenyak! Ini 6 Obat Tidur Alami Atasi Insomnia Parah

Senin, 12 Oktober 2020 15:11 Penulis: Dita Tamara
Bikin Nyenyak! Ini 6 Obat Tidur Alami Atasi Insomnia Parah
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Insomnia mungkin sering terdengar di kehidupan sehari-hari. Insomnia sendiri merupakan gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur atau tidak cukup tidur. Tentu saja gangguan tersebut bisa berpengaruh bagi penderitanya akibat terganggunya aktivitas keesokan harinya. Sebab, apabila tubuh kurang tidur maka seseorang akan cepat mudah marah karena kondisi tubuh tidak prima. Padahal perlu kita ketahui jika tidur merupakan kebutuhan alamiah manusia yang baik untuk kesehatan tubuh, termasuk otak.

Normalnya, rata-rata manusia membutuhkan tidur selama 6-8 jam per hari. Namun pada kenyataannya tidak sedikit orang yang mengalami gangguan sulit tidur. Mereka yang mengalami insomnia akan kesulitan memenuhi kebutuhan tidurnya. Pada dasarnya, insomnia bisa terjadi karena suatu penyakit kronis. Selain itu, bisa disebabkan karena depresi, stress, dan gangguan kecemasan berlebih.

Akibatnya, banyak orang yang mengonsumsi obat-obatan supaya mendapatkan tidur yang berkualitas. Jika terus dilakukan, cara tersebut tentu sangat berbahaya dan memberikan efek samping bagi tubuh. Lantas, adakah yang lebih efektif untuk cara mengatasi insomnia parah tanpa obat-obatan berbahan kimia?

Berikut ini ada sederet obat tidur alami atasi insomnia. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Bunga Lavender

Bunga lavender menjadi salah satu bahan alami yang bisa meningkatkan kualitas akibat insomnia. Kalian bisa mendapatkan manfaat bunga lavender pada aroma yang sering digunakan sebagai aromaterapi yang dapat memberikan ketenangan bagi tubuh sehingga mempercepat seseorang untuk tidur cepat. Manfaat lainnya dari mencium aroma lavender sebelum tidur juga dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Kalian bisa mencium aroma lavender selama 30 menit sebelum tidur.

2. Teh Bunga Chamomile

Sejak zaman dahulu bunga Chamomile merupakan obat tidur alami yang dipercaya ampuh mengatasi insomnia. Kalian bisa menemukan bahan alami ini di pasaran yang telah diolah menjadi teh, ekstrak, hingga minyak aromatik.

Teh bunga chamomile dikenal sebagai obat tidur alami lantaran mampu menenangkan tubuh seseorang. Sebagai variasi, kalian bisa menambahkan susu, madu atau irisan lemon supaya tubuh lebih sehat dan bugar ketika bangun pada pagi hari.

3. Daun Selada

Selada memang kerap dijumpai pada pelengkap lalapan. Namun, rupanya ada manfaat lainnya dari daun selada yakni sebagai obat mengatasi insomnia. Sebab, daun selada mempunyai kandungan zat yang mampu menghilangkan kegelisahan dan mengurangi kecemasan.

Caranya, kalian bisa langsung mengonsumsi 1-2 lembar daun selada untuk membantu mengatasi insomnia. Sayur ini juga mampu meredakan sakit kepala, nyeri otot, hingga nyeri sendi sehingga kalian mendapatkan kualitas tidur yang baik.

4. Magnesium

Sebuah studi menyebutkan jika tubuh kekurangan magnesium bisa mengakibatkan insomnia dan tidur kurang nyenyak. Mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium memiliki kemampuan untuk meregulasi produksi melatonin, hormon yang bisa mengatur siklus tidur.

Makanan yang mengandung magnesium yakni susu, alpukat, kacang-kacangan, pisang, bayam, brokoli, gandum, hingga sawi hijau. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium, maka tubuh dan pikiran dapat kembali rileks dan dapat tidur dengan nyenyak.

5. Tomat

Obat alami selanjutnya untuk mengatasi insomnia yakni dengan mengonsumsi tomat. Ya, rupanya tomat mampu memberikan manfaat bagi tubuh mengatasi masalah tidur. Hal ini lantaran tomat memiliki kandungan melatonin yang tinggi sehingga dapat mengendalikan siklus tidur seseorang. Untuk mendapatkan manfaatnya, kalian bisa mengonsumsinya secara langsung. Selain itu, kalian bisa mengolahnya menjadi jus yang menyegarkan.

6. Pisang dan Kayu Manis

Kedua bahan pisang dan kayu manis bisa kalian buat ramuan alami untuk membantu menenangkan kecemasan sekaligus supaya tubuh tidur dengan cepat. Caranya, pertama-tama kalian rebus dua buah pisang beserta kulitnya hingga mendidih. Selanjutnya, kalian bisa meniriskan dan saring airnya. Kalian bisa menaburkan kayu manis dalam air pisang tadi. Setelah itu, kalian bisa mengonsumsi ramuan pisang dan kayu manis selagi hangat. Aroma kayu manis inilah yang dapat menenangkan pikiran menjadi rileks.

Nah itulah beberapa obat alami atasi insomnia, kalian bisa langsung mencoba salah satu tips di atas. Namun perlu diingat kalian juga harus berpikir positif dan melakukan pola hidup sehat supaya mendapatkan kualitas tidur yang cukup. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI