Gili Lawa Kebakaran Demi Foto Bagus Wisatawan, Terduga Pelaku Diamankan

Jum'at, 03 Agustus 2018 08:18 Penulis: Rezka Aulia
Gili Lawa Kebakaran Demi Foto Bagus Wisatawan, Terduga Pelaku Diamankan
Gili Lawa kebakaran karena ulah wisatawan tak bertanggung jawab. (via instagram: @marischkaprue @asokaremadja)

Kapanlagi Plus - Sebuah berita menyedihkan datang dari kawasan Taman Nasional Komodo, Flores. Destinasi wisata yang sedang naik daun ini mengalami kebakaran hebat. Tepatnya di Gili Lawa, api menyerang dengan ganas di perbukitan itu.

Kebakaran terjadi pada malam hari, saking hebatnya api menjalar sampai ke puncak Gili Lawa. Kebakaran semakin mengganas karena kondisi angin yang memang sedang kencang-kencangnya. Beruntung, pada saat kebakaran terjadi ada beberapa turis dan warga lokal yang melihat.

Para saksi segera mengambil inisiatif untuk menghubungi pihak Taman Nasional dan pemerintah. Dilansir dari akun saksi mata, mereka melihat beberapa wisatawan di Gili Lawa sebelum titik api penyebab kebakaran muncul. Namun sayang, tim pemadam tak bisa menyelamatkan Gili Lawa yang cantik ini.

Kondisi kebakaran dan penuturan saksi mata. (via Instagram: @asokaremadja)Kondisi kebakaran dan penuturan saksi mata. (via Instagram: @asokaremadja)

Para terduga pelaku dan travel agen telah mengakui dan kini diproses Polres Labuan Bajo. (via @asokaremadja)Para terduga pelaku dan travel agen telah mengakui dan kini diproses Polres Labuan Bajo. (via @asokaremadja)

Para terduga pelaku yakini beberapa wisatawan dan seorang tour leader berada di tempat saat sore. Mereka menyusuri bukit yang indah ini demi mencari spot foto. Menurut saksi yang melihat, terdapat beberapa titik api saat mereka di bukit. Diduga unsur api digunakan untuk segi estetika foto para wisatawan.

Hingga berita ini ditulis, tur leader dan para wisatawan yang diduga menyebabkan kebakaran telah diamankan. Mereka akan dibawa ke Polres Labuan Bajo untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Informasi ini kami lansir dari akun travel blogger @asokaremadja dan penyelenggara trip @indonesiajuaratrip yang telah mengkonfirmasi pemeriksaan yang dilakukan kepada salah satu tour leadernya.

Pihak travel agent yang membawa wisatawan pun telah mengkonfirmasi tuduhan ini. Mereka mengakui tour leadernya kini sedang melalui pemeriksaan polisi dan bersedia mengikuti prosedur hukum yang berlaku. Kejadian ini amat disayangkan, pasalnya penggerak sektor pariwisata malah yang merusak keindahan alam.

Kawasan Indonesia Timur memang selalu menawarkan sejuta pesonanya. Deretan kepulauan menawan dan garis pantai yang indah akan selalu menarik untuk dijelajahi. Namun sayang bila kegiatan wisata yang dilakukan malah berujung merusak serta mengeksploitasi alam. Apa pendapat KLovers tentang wisatawan yang melupakan unsur keselamatan demi eksistensi?

(kpl/rna)

Editor:

Rezka Aulia



MORE STORIES




REKOMENDASI