Hari Aktif Kerja, Pemeriksaan Kendaraan Masuk Malang Timbulkan Kemacetan

Senin, 18 Mei 2020 16:55 Penulis: Canda Dian Permana
Hari Aktif Kerja, Pemeriksaan Kendaraan Masuk Malang Timbulkan Kemacetan
PSBB di Malang jadi macet © KapanLagi.com/Darmadi Sasongko


Kapanlagi Plus - Hari aktif kerja pertama di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terjadi kepadatan arus kendaraan masuk Kota Malang. Puncak kepadatan terjadi pagi hari, sekitar waktu berangkat kerja.

Pemeriksaan kendaraan roda empat berlangsung di cek point Halaman Perumahan Graha Kencana, sementara kendaraan roda dua di halaman sebuah toko depo bangunan. Pemeriksaan ribuan kendaraan menimbulkan kemacetan panjang hingga underpass Karanglo.

1. Sempat Arahkan Batu

Guna mengurangi kemacetan arus lalu lintas, kendaraan dari Surabaya non tol sempat diarahkan ke Kota Batu di Perempatan Karanglo. Sehingga tidak menambah panjang kemacetan.

"Hari pertama kemarin karena hari libur, kita tidak dipusingkan dengan volume kendaraan. Tetapi di hari kerja, Senin pagi, kita sejak pukul 05.00 sudah dilakukan pengaturan," kata Komjen Leonardus Simamarta, Kapolresta Malang Kota, Senin (18/5).

Leo yang langsung memantau di lapangan menoleransi kemacetan hanya sampai di mulut uncerpass. Begitu arus terlihat padat, kendaraan diminta belok ke arah Kota Batu, dan menjalani pemeriksaan di cek point di Pendem.

"Kita sudah jaga ekor kemacetan, tidak sampai 300 meter. Sampai batas sebelum underpass. Lalu kita lakukan putar di Karanglo. Ini hari paling padat, karena hari kerja, Senin," sambungnya.

2. Plat N Juga Diperiksa

Seluruh sepeda motor menjalani pemeriksaan, termasuk plat Malang (N) yang memang meliputi wilayah Malang, Pasuruan, Batu, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang. Kondisi ini berbeda dengan sehari sebelumnya yang hanya memeriksa kendaraan non Malang.

Pemeriksaan guna memastikan warga hendak ke Kota Malang bertujuan jelas dengan dibuktikan keterangan dari tempat kerja. Karena ditemukan juga kendaraan N, tetapi ternyata pengendarannya bukan warga Malang.

"Ini untuk meyakinkan, sehingga kami memeriksa seluruhnya, kami mau meyakinkan sehingga plat malang pun kami periksa," terang Leo.

Sementara itu, Data Posko Cek Point Balearjosari menunjukkan 6000 kendaraan roda dua masuk ke Kota Malang dan 120 diminta untuk balik arah. Sementara 2000 kendaraan roda empat yang masuk Kota Malang 70 kendaraan diminta balik arah.

(kpl/dar/nda)

Reporter:

Darmadi Sasongko



MORE STORIES




REKOMENDASI