Ibu Wajib Tahu, Ini 7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Tanpa Menggunakan Obat

Sabtu, 25 Juli 2020 19:11 Penulis: Dita Tamara
Ibu Wajib Tahu, Ini 7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Tanpa Menggunakan Obat
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Bagi orang dewasa, mengalami hidung tersumbat rasanya begitu mengganggu. Lalu, bagaimana jika hal tersebut terjadi pada bayi? Tentu akan membuatnya merasa tidak nyaman sehingga bayi akan rewel sepanjang hari. Akibatnya, bayi akan merasa susah ketika menyusu dan kesusahan untuk tidur nyenyak. Tidak berdampak pada bayi saja, orangtua juga akan bingung dan mencari cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi sebagai solusinya.

Nah, namun jangan merasa khawatir berlebih karena ada berbagai cara mengatasinya. Hal ini penting diketahui untuk para ibu, apalagi untuk ibu muda yang baru kali pertama memiliki momongan. Umumnya, hidung tersumbat merupakan kondisi yang biasanya terjadi pada bayi ketika mereka pilek. Hal ini disebabkan karena sistem kekebalan tubuh mereka masih berkembang.

Untuk solusinya, berikut ini ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang perlu kalian ketahui. Apa saja? Yuk langsung simak ulasan lengkapnya.

 

1. Penguapan

Melakukan penguapan salah satu cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Cara melakukannya pun cukup sederhana. Pertama-tama, siapkan baskom berisi air hangat, kemudian bantu bayi menghirup uap dari baskom tersebut. Pastikan jangan terlalu dekat dengan baskom.

Cara lainnya, jika kalian memiliki water heater di kamar mandi, bawalah bayi kalian masuk. Kemudian nyalakan air panasnya supaya bayi dapat menghirup uapnya. Dengan begitu akan membantu pernafasan bayi kembali normal.

2. Lakukan Pijatan Pada Punggung Bayi

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi bisa kalian lakukan dengan pijatan pada daerah punggung bayi. Diawali dengan menepuk-nepuk pada punggung bayi secara perlahan sambil tengkurap. Pertama-tama balurkan minyak telon, kemudian gerakan membentuk love di punggung dan dada bayi. Kedua, gosok dada dengan gerakan menyilang menggunakan tangan secara bergantian.

Hal ini akan memberi kenyamanan pada bayi dan membantu mengeluarkan dahak yang berada di dalam dada. Sehingga akan lebih mudah bagi bayi untuk mudah mengeluarkannya.

 

3. Posisi Tidur yang Tepat

Selanjutnya, posisi tidur pada bayi juga dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Kalian bisa melakukannya dengan cara meninggikan posisi kepalanya. Posisi kepala yang lebih tinggi membuat bayi lebih mudah menghirup udara. Selain itu, posisi ini juga membuat lendir tidak menggumpal di dalam hidung. Selain itu, hal tersebut juga mencegah supaya si kecil tidak rewel dan bisa tidur dengan nyenyak.

4. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Saat hidung bayi tersumbat? Perlu kalian ketahui untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan. Hal ini sebagai salah satu cara mengobati dengan membuang kotoran dan virus dalam tubuh bayi. Oleh sebab itu, berikanlah bayi ASI atau susu formula secara teratur setiap harinya, jangan sampai kekurangan. Selanjutnya jika bayi kalian sudah bisa diberikan MPASI, ada baiknya kalian memberikannya sup hangat untuk memulihkannya.

5. Sedot Ingus Bayi dengan Bulb Syringe

Bulb syringe merupakan salah satu alat untuk menyedot ingus bayi yang bisa kalian temukan di pasaran. Alat ini bisa menjadi pilihan terakhir jika ingus tak kunjung keluar setelah dilakukan beberapa cara seperti obat tetes atau semprot. Perlu diketahui jika menggunakan alat ini untuk bayi yang masih berusia di bawah 6 bulan.

Caranya, kalian bisa tekan bagian yang menggembung pada alat. Kemudian, masukkan pipet ke dalam lubang hidung dan lepaskan bagian yang menggembung. Dengan begitu, ingus akan tersedot ke dalam alat tersebut.

6. Rajin Membersihkan Ingus Bayi

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi berikutnya ialah bersihkan lendir yang mengering di bagian hidung, Kalian dapat membantu membersihkannya dengan menggunakan tisu atau kain yang diberikan air hangat. Jadi jangan biarkan lendir yang keluar dan menempel di sekitar hidung mengeras dan membuat bayi tidak nyaman.

7. Menjaga Udara Bersih di Rumah

Menjaga udara bersih di rumah sangat penting dilakukan. Hal ini sangat berguna untuk kesehatan bayi. Sebab, udara yang kotor dan berpolusi akan membuat saluran pernapasan bayi menjadi radang dan memperberat kondisi hidung yang tersumbat. Sehingga, dibutuhkan peran orangtua untuk senantiasa membersihkan rumah.

Itulah sederet cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Alangkah lebih baiknya, kalian juga menjemur bayi pada pagi hari supaya mengencerkan lendir dan imunitas bayi menjadi meningkat. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI