Nggak Hanya Bahan Kue, Ini 8 Khasiat Menakjubkan Baking Soda untuk Kecantikan

Jum'at, 24 Juli 2020 16:11 Penulis: Nurul Wahida
Nggak Hanya Bahan Kue, Ini 8 Khasiat Menakjubkan Baking Soda untuk Kecantikan
Manfaat baking soda (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Baking soda menjadi salah satu bahan tambahan yang sering digunakan untuk membuat kue. Namun selain berfungsi sebagai pengembang adonan, khasiat menakjubkan baking soda juga bisa digunakan untuk tubuh dan kecantikan. Tak tanggung-tanggung sejumlah masalah tubuh dan kecantikan bisa teratasi dengan menggunakan baking soda.

Baking soda atau soda kue merupakan bahan yang sudah sangat akrab digunakan untuk membuat kue serta roti. Sebab, bahan ini bisa membuat adonan mengembang dengan baik hingga buat kue dan roti miliki penampilan sempurna dan nikmat untuk dikonsumsi.

Baking soda juga dikenal dengan sebutan natrium bikarbonat, natrium hydrogen karbonat, ataupun sodium bikarbonat. Namun baking soda bukan saja sering digunakan untuk bahan sejumlah resep makanan, melainkan mengandung khasiat menakjubkan untuk tubuh dan kecantikan.

Tak heran apabila baking soda ini cukup populer untuk perawatan tubuh dan kecantikan karena manfaatnya yang begitu besar. Mulai dari tubuh bagian luar hingga tubuh bagian dalam, bisa diperoleh khasiat menakjubkan baking soda yang tak banyak diketahui.

Lalu apa saja khasiat menakjubkan baking soda untuk tubuh dan kecantikan?

Adapun khasiat menakjubkan baking soda untuk tubuh dan kecantikan terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Sehingga dengan mengetahui khasiat menakjubkan baking soda bisa menjadi referensi perawatan tubuh dan kecantikan secara alami. Berikut khasiat menakjubkan baking soda untuk tubuh dan kecantikan bersumber dari food.ndtv.com, healthline.com, dan tasteofhome.com.

 

 

1. Putihkan Gigi

Khasiat menakjubkan baking soda untuk tubuh dan kecantikan salah satunya dapat digunakan untuk memutihkan gigi. Sebab, baking soda diketahui miliki sifat abrasif yang mampu mengatasi gigi kuning hingga bisa memutihkannya.

Mengutip dari healthline.com berdasarkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa baking soda bekerja lebih baik dari pasta gigi untuk membantu mengatasi gigi kuning. Karena sifat abrasive baking soda tersebut mampu menghilangkan noda gigi dan memutihkannya termasuk mengatasi plak yang muncul pada gigi. Namun perlu diperhatikan untuk menggunakan baking soda dengan batas wajar dan tak berlebihan.

2. Atasi Bau Ketiak

Khasiat menakjubkan baking soda untuk tubuh dan kecantikan selanjutnya adalah bisa mengatasi bau ketiak. Dimana bau ketiak atau bau badan ini merupakan masalah umum yang kerap dialami setiap orang. Keringat yang berlebih bisa menjadi salah satu faktor tubuh miliki bau tak sedap.

Namun kondisi ini bisa diatasi dengan menggunakan baking soda yang mampu atasi bau badan termasuk pada ketiak. Untuk menggunakannya, baking soda bisa difungsikan sebagai deodorant tubuh dan mengoleskan pada ketiak agar bau badan tersebut dapat teratasi.

3. Mencegah Rasa Gatal

Iritasi kulit terkadang kerap menimbulkan rasa gatal dan panas menyengat. Namun kondisi ini bisa diatasi dengan menggunakan baking soda dan memperoleh khasiat menakjubkannya. Sebab khasiat menakjubkan baking soda bisa digunakan untuk mencegah rasa gatal pada kulit karena iritasi.

Caranya cukup mudah yakni dengan mencampurkan secukupnya baking soda dengan air lalu mengoleskan pada kulit gatal tersebut secara hati-hati. Kulit terbakar karena sinar matahari juga bisa membantu mengatasi ruam tersebut dengan menambahkan baking soda ke dalam bak mandi. Namun perlu diperhatikan untuk tidak menggunakan pada kulit luka agar tak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

4. Atasi Sariawan

Khasiat menakjubkan baking soda untuk tubuh dan kecantikan juga bisa atasi sariawan. Sariawan sendiri merupakan salah satu masalah kesehatan mulut yang sering dialami sejumlah orang. Namun hal ini bisa diatasi dengan memanfaatkan baking soda sebagai pengobatan alami atasi sariawan. Baking soda ini dapat digunakan untuk membasuh mulut atau berkumur agar dapat mengatasi sejumlah masalah pada mulut termasuk membersihkan gigi.

5. Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel kulit mati dapat menyebabkan tampilan kulit terlihat lebih kusam. Sebab, adanya sel kulit mati yang menutup pori-pori ini menjadi penyebab utama kulit tampak lebih kusam. Apabila tak segera diatasi, maka produksi sel baru mungkin akan terhambat.

Sehingga mengangkat sel kulit mati secara rutin diperlukan agar kondisi kulit tetap sehat dan cantik. Salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati adalah dengan baking soda. Sebab, mencampurkan baking soda dengan air lalu menggosokkan perlahan pada kulit bisa atasi sel kulit mati dan membantu menghilangkannya.

6. Netralkan Asam Lambung

Khasiat menakjubkan baking soda untuk tubuh dan kecantikan rupanya juga bisa menetralkan asam lambung yang menyebabkan perut terasa sakit. Namun penggunaan baking soda untuk masalah kesehatan ini harus digunakan secara hati-hati dan dalam takaran wajar.

Mengutip dari tasteofhome, untuk orang dewasa bisa menggunakan baking soda sebanyak ΒΌ sendok the lalu mencampurkan dengan segelas air putih dan meminum secara perlahan. Namun perlu diketahui terlebih dahulu apakah faktor sakit perut tersebut disebabkan asam lambung naik atau karena faktor lainnya. Sebab penggunaan baking soda secara berlebihan dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan tertentu salah satunya masalah jantung.

7. Mencegah Jerawat

Khasiat menakjubkan baking soda untuk tubuh dan kecantikan juga dapat digunakan sebagai bahan alami atasi jerawat. Dimana jerawat sendiri merupakan masalah umum yang timbul pada kulit tubuh. Salah satunya bisa menggunakan baking soda sebagai masker kulit tubuh atau membasuh larutan baking soda pada kulit.

8. Menjaga Kesehatan Rambut

Khasiat menakjubkan baking soda untuk tubuh dan kecantikan dapat pula dipakai sebagai perawatan rambut alami. Baking soda ini dapat digunakan seperti sampo untuk membersihkan rambut dan mengatasi sejumlah masalahnya seperti rambut berminyak.

Sehingga kesehatan rambut tetap terjaga dengan perawatan alami memakai baking baking soda. Adapun kalian bisa mencampurkan baking soda dengan tepung jagung lalu digunakan untuk membersihkan rambut.

Nah itulah 8 khasiat menakjubkan baking soda untuk tubuh dan kecantikan, dari putihkan gigi hingga atasi bau badan. Sekali lagi untuk menggunakan baking soda dalam batas normal dan tidak berlebihan. Sehingga khasiatnya dapat diperoleh dan tak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI