Selain Dagingnya, Ini 5 Manfaat Biji Kurma Bagi Kesehatan

Jum'at, 24 Juli 2020 12:11 Penulis: Dhia Amira
Selain Dagingnya, Ini 5 Manfaat Biji Kurma Bagi Kesehatan
Manfaat biji kurma (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Buah kurma memang menjadi salah satu buah yang memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat buah kurma ini sering sekali digunakan orang muslim sebagai obat herbal dan juga sumber vitamin. Hal ini karena buah kurma menjadi salah satu makanan yang banyak disebut dalam kitab suci Al Quran.

Tapi bagaimana ya bila bukan hanya daging buahnya saja yang memiliki manfaat, tetapi biji dari kurma juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Kira-kira apa saja manfaat biji kurma tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 manfaat biji kurma bagi kesehatan tubuh. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat biji kurma yang pertama yaitu dapat memberikan kesehatan pada tulang dan juga gigi. Hal ini karena di dalam biji kurma terdapat kandungan kalsium, magnesium, dan berbagai macam mineral yang sangat berguna untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi. Sehingga biji kurma dapat menjadi sumber nutrisi yang baik bagi tulang serta gigi kalian.

Selain dapat memberikan nutrisi pada tulang dan juga gigi, kandungan kalsium, magnesium, dan juga mineral pada biji kurma juga dapat mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang yang sering terjadi pada usia lanjut. Kalian hanya perlu memanfaatkan dan mengolah biji kurma tersebut dengan baik, agar menjadi obat alami.

2. Melancarkan Pencernaan

Manfaat biji kopi yang selanjutnya yaitu dapat melancarkan pencernaan. Hal ini karena di dalam biji kurma terdapat kandungan serat yang tinggi, tidak hanya dagingnya saja yang memiliki kandungan serat tetapi bijinya pun memiliki kandungan tersebut. Itulah mengapa biji kurma dapat melancarkan pencernaan.

Kandungan serat yang tinggi dapat memperlancar saluran pencernaan dengan baik, sehingga tidak akan terjadi sembelit. Bila kalian sering mengalami sembelit, kalian bisa menjadikan buah kurma beserta bijinya sebagai obat alami untuk memperlancar pencernaan dengan baik.

3. Memberikan Kesehatan Jantung

Ternyata manfaat biji kurma juga dapat memberikan kesehatan pada jantung loh KLovers. Hal ini karena kandungan antioksidan yang terdapat dalam biji kurma dapat menangkal radikal bebas yang merusak jaringan tubuh. Radikal bebas merupakan zat asing yang dapat merusak sel di dalam tubuh, sehingga bisa mengganggu sistem kerja jantung yang membuat jantung tidak sehat.

Selain itu, kandungan magnesium pada biji kurma ternyata dapat berkhasiat melenturkan pembuluh darah dan mengurangi timbunan lemak pada dinding pembuluh darah. Sehingga tidak terjadi penyumbatan yang dapat membuat jantung berhenti secara seketika.

4. Mengatasi Kerontokan Rambut

Sudah sejak lama dipercaya bahwa biji kurma dapat mengatasi kerontokan pada rambut. Bila kalian mengalami kerontokan pada rambut, maka kalian dapat menggunakan biji kurma sebagai obat alami.

Kalian bisa menjadikan biji kurma seperti bubuk untuk menjadi masker rambut alami. Masker tersebut juga bisa kalian campurkan dengan menggunakan minyak zaitun agar mendapatkan hasil yang lebih lagi.

5. Memperbaiki kulit

Dan manfaat biji kurma yang terakhir yaitu dapat memperbaiki kulit yang bermasalah. Hal ini karena di dalam biji kurma terdapat kandungan vitamin B berupa asam panthothenic yang berfungsi efektif mencegah kerusakan kulit yang dipicu radikal bebas. Sehingga kulit akan terasa membaik, kembali kenyal, dan juga bersinar.

Selain itu kandungan vitamin C pada biji kurma juga dapat menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini. Itulah mengapa bila kalian memiliki masalah kerusakan pada kulit, kalian dapat menggunakan biji kurma sebagai bahan alami untuk perawatan kulit.

6. Pemanfaatan Biji Kurma

Untuk dapat menggunakan biji kurma dengan baik, ada banyak cara kok KLovers. Kalian bisa membeli kopi dari biji kurma agar dapat dikonsumsi dengan baik. Dan bila untuk wajah atau rambut, kalian bisa membeli minyak biji kurma. Yup! biji kurma juga dapat menjadi minyak esensial yang dapat mengatasi masalah kulit dan juga rambut secara alami.

Lalu cara terakhir yaitu dengan mengeringkan biji kurma serta menjadikannya sebagai bubuk obat. Dan obat ini dapat kalian konsumsi dengan mencampurkan pada makanan, atau dapat juga dibuat sebagai masker rambut serta wajah dengan mencampurkan bersama minyak zaitun.

Itulah 5 manfaat biji kurma bagi kesehatan tubuh. Ternyata selain dagingnya, kalian juga dapat memanfaatkan biji kurma untuk memberi nutrisi dan membantu pengobatan tubuh secara alami.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI