Idolanya Pensiun, Perusahaan di Jepang Izinkan Karyawan Cuti 10 Hari

Selasa, 23 Maret 2021 15:16
Idolanya Pensiun, Perusahaan di Jepang Izinkan Karyawan Cuti 10 Hari
AKB48 dan JKT48 © KapanLagi


Kapanlagi Plus - Jepang dikenal sebagai negara yang masyarakatnya pekerja keras dan disiplin. Maka tak heran kalau mereka selalu berdedikasi untuk memberikan yang terbaik selama bekerja. Bahkan tak sedikit perusahaan yang jarang memberikan libur.

Namun, hal ini berbeda dengan salah satu perusahaan yang ada di Jepang. Perusahaan yang bernama Hiroro Inc. ini menjaga keseimbangan kehidupan dan pekerjaan bagi para karyawan mereka. Yakni dengan mengizinkan karyawan cuti saat sang idola pensiun.

 

1. Izinkan Cuti

Perusahaan itu langsung viral setelah membolehkan karyawan cuti selama 10 hari saat sang idola lulus atau menikah. Bahkan karyawan tersebut tetap diberi dibayar selama tak bekerja. Selain itu, perusahaan akan memberikan hari libur tambahan bagi karyawan untuk memulihkan diri saat kesehatan mental terganggu karena kelulusan idola.

Sistem ini disebut sebagai Sistem Liburan Oshi, dikutip dari Sora News24. Dibagi dalam beberapa bagian, untuk oshi (idola) terfavorit yang lulus/pensiun diberi hak cuti -10 hari. Sedangkan untuk oshi yang menjadi favorit kedua akan diberi hak cuti 3 hari. Sementara itu, karyawan juga mendapat hak cuti berbayar 10 hari ketika oshi mereka menikah.

 

2. Alasan Perusahaan

Hiroro Inc membuat kebijakan ini lantaran mereka adalah perusahaan di industri hiburan. Mereka sering mengadakan acara idola hingga menggarap video klip anggota AKB48.

"Aku sempat bertanya kepada para karyawan dan mereka mengalami depresi. Jadi aku merasa sangat bersalah. Aku juga menyadari bahwa sistem (cuti untuk idola) adalah sesuatu yang sangat penting bagi mereka untuk bekerja," kata Itaru selaku Presiden Hiroro Inc, dikutip dari Kumparan.

 

(kpl/lmp)



MORE STORIES




REKOMENDASI