10 Mainan Bayi 0-12 Bulan yang Baik untuk Tumbuh Kembang - Kecerdasan Otak

Selasa, 03 November 2020 14:44 Penulis: Dhia Amira
10 Mainan Bayi 0-12 Bulan yang Baik untuk Tumbuh Kembang - Kecerdasan Otak
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Bukan hanya makanan saja yang harus diperhatikan, namun mainan pada bayi juga harus diperhatikan loh KLovers. Nyatanya mainan bayi juga dapat dengan baik membantu dalam tumbuh kembang mereka.

Namun memilih mainan tersebut juga tidak sembarang ya KLovers. Selain bahan pada mainan tersebut, jenis mainan juga harus diperhatikan ya. Karena hal ini juga demi keamanan sang buah hati saat akan bermain dengan mainannya tersebut.

Kira-kira mainan bayi dengan jenis dan bentuk seperti apa saja ya? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Karpet dengan Mainan Gantung

Mainan bayi pertama yaitu ada karpet dan juga mainan gantung. Dua barang ini ternyata dapat membantu dengan baik bayi dalam belajar bergerak loh KLovers. Dengan bermain mainan gantung di sebuah karpet, maka bayi dapat mengembangkan kemampuan motoriknya.

Pilihlah mainan yang memiliki warna cerah untuk digantung supaya bayi tertarik untuk meraihnya. Selain itu, pastikan mainan menggantung itu masih berada di jangkauan tangan bayi ya. Sebaiknya kalian juga selalu memperhatikan bayi saat sedang bermain dengan mainan gantung. Karena hal ini dilakukan agar bayi tidak terbelit dengan tali-talinya.

 

2. Bola

Mainan bayi yang kedua yaitu ada bola. Mainan ini memang menjadi salah satu mainan favorit bayi yang sudah sejak lama dipercaya dalam menemani si kecil. Menurut sebuah studi, bola adalah mainan bayi yang dapat meningkatkan kemampuan motorik dan membantu si kecil lebih akrab dengan lingkungan sekitarnya.

Selain itu bayi juga sangat senang dengan mainan berguling seperti bola. Dengan bola, bayi juga bisa belajar memindahkan sebuah objek dari tangan kiri ke tangan kanannya. bahkan menggulingkan bola dengan orangtua atau saudara bisa menciptakan ikatan sosial yang baik untuk tumbuh kembang bayi.

Untuk diperhatikan agar kalian memberikan bola dengan bahan lembut ya KLovers. Saat ini sudah banyak sekali jualan bola dalam bentuk boneka yang lembut dan juga aman bagi sang bayi.

 

3. Bermain dengan Kaca

Kita sering melihat bayi terkadang senang bermain dengan pantulan tubuhnya sendiri, bahkan mereka layaknya seperti berbicara sendiri dengan bayangannya tersebut. Dan ternyata hal tersebut sangat baik loh KLovers bagi sang anak.

Saat bayi bermain dengan dirinya sendiri di kaca, maka mereka mengeksplorasi dirinya. Saat melihat ada dirinya di dalam kaca, ia akan melihatnya sebagai teman baru. Selain itu, bayi juga bisa mempelajari refleksi tubuhnya lewat kaca.

Dalam momen ini, kalian juga bisa mengajarkan nama-nama anggota tubuh pada mereka. Saat bayi sedang melihat dirinya di kaca, cobalah tunjuk bagian tubuhnya dan sebutkan nama dari bagian tubuh tersebut.

 

4. Buku dengan Bahan Kain

Menceritakan sebuah dongeng pada anak memang sangat baik. Hal ini akan membuat daya pikirnya lebih kuat dengan imajinasi. Selain itu, anak juga bisa melihat berbagai jenis gambar dengan bentuk dan warna unik.

Kalian bisa memilih buku dengan bahan kain halus, yang menawarkan banyak warna sekaligus gambar yang dapat ditangkap oleh mata bayi. Selain bertekstur halus dan aman dimainkan, buku berbahan kain halus dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan motorik pada bayi.

 

5. Puzzle

Terlihat seperti sulit dan butuh berpikir, namun mainan puzzle sangat baik loh untuk perkembangan anak. Mainan bayi yang satu ini sangat direkomendasikan, karena sangat dapat membantu tumbuh kembang anak.

Dengan puzzle, si kecil dapat belajar untuk mencari solusi dalam menyelesaikan masalah, meningkatkan kemampuan motorik, dan kognitifnya. Bahkan beberapa permainan puzzle juga bisa memperkenalkan matematika dasar pada bayi.

Dalam permainan puzzle ini kalian bisa bermain bersama dengan sang buah hati. Sembari mengajarkan mereka berbagai jenis pelajaran ringan yang membantu tumbuh kembang otak pada anak.

 

6. Balok

Tidak hanya puzzle saja, nyatanya kalian juga bisa menggunakan balok untuk membantu tumbuh kembang anak loh KLovers. Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), mainan balok susun dapat memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang bayi.

Meskipun usianya masih sangat kecil, bayi dapat belajar menyelesaikan masalah, menggunakan imajinasinya, dan mengembangkan kemampuan motoriknya dengan bermain balok. Kalian bisa mencari balok yang memiliki banyak warna, terutama hitam dan putih.

Kedua warna ini dipercaya dapat merangsang indra penglihatan bayi yang baru lahir. Ditambah lagi, warna hitam dan putih dapat menstimulasi saraf optik dan mendorong perkembangan kognitif bayi.

 

7. Mainan dengan Suara

Mainan dengan suara juga menjadi salah satu mainan favorit yang dipilih orangtua sejak lama. Dan nyatanya mainan ini memang sangat baik loh bagi tumbuh kembang anak KLovers. Menurut sebuah penelitian, mainan bayi yang memiliki suara dapat membawa dampak baik pada tumbuh kembang bayi.

Sebab, saat orangtua yang menggerakkan mainan berbunyi tersebut akan membuat mata bayi tertuju pada suara yang dihasilkan dari mainan. Hal ini dapat membantu bayi untuk memfokuskan penglihatan dan mengoordinasikan kedua matanya.

 

8. Teether

Bayi memang sering sekali memasukkan mainan ke dalam mulut mereka, apa lagi ketika mereka sudah akan mulai tumbuh gigi. Dan dengan mainan ini mereka juga akan belajar menggigit dan mengunyah dengan mainan tersebut. Itulah mengapa kalian harus memilih mainan yang didesain untuk merangsang kemampuan bayi dalam menggigit dan mengunyah, misalnya teether.

Selain itu, saat bayi mengunyah dan menggigit maka teether akan merangsang lidah bayi untuk bergerak sehingga kemampuannya dalam berbicara akan terasah. Dan faktanya, menggigit dan mengunyah teether juga akan memberikan rasa nyaman pada bayi, terutama saat gigi mereka saat sedang tumbuh.

Kalian bisa memilih mainan bayi dengan bahan karet yang bebas dari BPA (bahan kimia Bisphenol-A). Dan jauhkan mainan dengan ukuran yang sangat kecil, hal ini akan sangat berbahaya untuk bayi karena akan mudah tertelan.

 

9. Baby Walker

Mainan bayi yang selanjutnya yaitu dengan memilih mainan yang bisa didorong dan juga ditarik. Mainan dengan jenis ini sangat bagus untuk bayi yang baru mulai belajar berjalan. Biasanya, bayi akan mulai belajar berjalan saat usianya mencapai 9-15 bulan.

Untuk mendukung proses belajarnya, maka kalian bisa memberikan mainan bayi yang dapat didorong dan ditarik seperti baby walker. Mainan yang dapat didorong dan ditarik ini sangat ideal bagi bayi, karena mampu mempercepat proses belajar berjalan mereka.

Namun tentu saja, kalian sebagai orangtua harus selalu menjaga bayi saat sedang bermain dengan mainan jenis ini ya. Dan memberikan pengawasan yang cukup ketat, agar tidak terjadi hal yang berbahaya bagi sang bayi.

 

10. Boneka

Dan mainan terakhir yang dapat dimainkan anak yaitu ada boneka. Boneka dalam bentuk hewan, manusia, atau benda seperti mobil-mobilan, merupakan mainan bayi yang dapat dimainkan bersama dengan orangtuanya.

Selain dapat meningkatkan ikatan batin antara anak dan orangtua, boneka juga dapat menjadi sarana bagi si kecil untuk berimajinasi dan mempelajari kata-kata baru. Dalam situasi ini, bayi akan belajar berimajinasi, bahkan mempelajari kata-kata yang disampaikan oleh boneka tersebut.

 

11. Cara Memilih Mainan yang Aman

Dan untuk membantu dalam memilih mainan yang terbaik, maka kalian harus memperhatikan hal-hal ini. Selain harus melihat secara detail, mainan tersebut juga harus aman bagi sang bayi. Dan inilah beberapa cara memilih mainan yang aman.

- Cara pertama yaitu dengan melihat ukuran mainan tersebut. Setidaknya, mainan yang dibeli harus memiliki diameter 3 cm dan panjang 6 cm, sehingga tidak dapat ditelan dan tersangkut di tenggorokan.

Jangan lupa untuk menjauhkan mainan dengan ukuran kecil ya KLovers. Kalian harus melihat secara detail mainan yang tidak ada tambahan bola, koin, hingga kelereng. Karena mainan tersebut dapat tertelan dan terperangkap di tenggorokan bayi.

- Kemudian hindari mainan berbahan kuat, karena bayi lebih senang menggigit mainan mereka. Maka pastikan bahan mainan itu kuat agar tidak pecah dan tertelan oleh sang bayi. Selain itu, pastikan mainan yang dibeli tidak memiliki ujung yang tajam supaya tidak melukai bayi.

- Dan cara memilih mainan yang terakhir yaitu bebas dari bahan kimia. Yup! Cara ini memang paling utama dan harus diperhatikan dengan teliti ya KLovers.

Bayi cenderung menggigit apa pun yang dipegangnya. Jadi, carilah mainan yang terbebas dari bahan-bahan kimia berbahaya. Hal ini dilakukan agar bayi tidak menelan bahan kimia yang bisa merugikan kesehatannya.

Itulah 10 mainan bayi yang dapat membantu tumbuh kembang mereka. Tidak mudah mencari mainan untuk sang buah hati, karena kalian harus memperhatikan dengan seksama dan juga detail dalam melihat bentuk hingga bahan dari mainan tersebut.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI