11 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami, Mudah dan Permanen

Selasa, 03 November 2020 13:44 Penulis: Dita Tamara
11 Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami, Mudah dan Permanen
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Masalah bau mulut memang seringkali menjadi momok sekaligus menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Memiliki bau mulut yang tak sedap juga sangat mengganggu dan membuat orang menjadi berkecil hati hingga membatasi diri untuk berbicara. Sebab, jika terus berbicara, bisa-bisa orang lain akan menghindar karena tidak tahan dengan mulut yang berbau tidak sedap. Sebenarnya, sangat mudah lho untuk menghindari diri dari bau mulut dengan tetap selalu menjaga kesehatan gigi dan gusi secara bersamaan.

Namun, jika tidak dijaga kebersihannya, maka bau mulut akan mengancam kalian. Tak hanya disebabkan oleh makanan penyebab bau mulut, akan tetapi juga banyak faktor lainnya seperti pencernaan yang buruk, sembelit, hingga masalah pada usus yang dapat menyebabkan aroma tak sedap pada mulut. Namun, kalian juga nggak perlu khawatir, sebab, ada banyak cara menghilangkan bau mulut secara alami dan permanen dengan beberapa langkah berikut ini. Apa saja? Daripada penasaran, simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Minum Air Jahe

Cara menghilangkan bau mulut yang pertama yaitu bisa memanfaatkan jahe. Selain memberikan rasa lega di tenggorokan, jahe juga bisa mengatasi bau mulut. Kalian cukup mencampurkan parutan jahe dan air agar mendapatkan perasaan jus jahe, kemudian jus jahe tersebut dicampurkan ke air hangat. Lalu berkumurlah dengan air jahe tersebut. Lakukan secara rutin jika ingin nafas kalian selalu segar.

 

2. Yogurt

Di balik manfaatnya untuk melancarkan pencernaan, yogurt ternyata bisa menghilangkan bau mulut lho. Nah buat kalian yang mengalami bau mulut atau nafas tak segar, yogurt bisa menjadi solusi untuk masalah kalian. Hal ini lantaran kandungan probiotik yang ampuh menyingkirkan bakteri jahat di mulut serta menurunkan jumlah hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh bakteri.

 

3. Teh Hijau

Cara mengatasi bau mulut selanjutnya yaitu dengan menggunakan teh hijau. Kandungan zat yang bersifat anti bakteri serta antioksida untuk mengurangi peradangan dan juga bau mulut. Kalian dapat mengatasi bau mulut yang terjadi dengan mengonsumsi teh hijau sebagai pengganti kopi pada pagi hari. Teh hijau juga baik untuk meredakan stress karena aromanya yang dapat memberikan rasa tenang.

 

4. Minyak Kelapa

Siapa sangka jika minyak kelapa juga dapat menghilangkan bau mulut lho. Kandungan asam laurat inilah yang berguna untuk menyingkirkan bakteri dalam gigi penyebab bau mulut. Cara menggunakannya, siapkan 1 sendok minyak kelapa dan kumur kan ke dalam mulut selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.

Setelah itu buang air kumur kan minyak kelapa dan bilas mulut menggunakan air hangat. Lakukan hal tersebut secara rutin, maka kalian akan mendapatkan mulut yang sehat beserta gigi yang putih.

 

5. Cuka Apel

Cara lain yang bisa kalian untuk menghilangkan bau mulut yaitu dengan berkumur dengan cuka apel dan air. Bahkan, cara menggunakannya terbilang sangat simpel. Pertama-tama, siapkan satu sendok cuka apel dan segelas air. Kemudian campurkan jadi satu lalu berkumurlah selama 3-4 menit pada pagi hari dan sebelum tidur. Kalian bisa melakukan cara ini secara rutin.

 

6. Daun Sirih

Cara menghilangkan bau mulut menggunakan daun sirih rupanya cukup populer sejak dulu. Kandungan minyak atsiri sendiri mengandung zat allylpyrocatechol (APC) yang dapat mengikat bakteri anaerob penyebab bau mulut. Cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih terbilang sangat mudah. Kalian hanya perlu mencuci 2-4 lembar daun sirih lalu memasukkannya ke dalam gelas dan seduh menggunakan air panas. Jika sudah tidak terlalu panas, kalian bisa menggunakannya sebagai obat kumur.

 

7. Air Garam

Selain berkumur menggunakan cuka apel. Cara sederhana lainnya yaitu berkumur menggunakan air garam. Selain berguna untuk meredakan sakit gigi, air garam juga dipercaya ampuh untuk mengatasi bau mulut. Nah, untuk menggunakannya, kalian cukup mencampurkan garam dengan air hangat lalu gunakan untuk berkumur.

 

8. Jeruk

Buah jeruk juga termasuk salah satu buah yang dapat menghilangkan bau mulut lho. Hal ini karena vitamin C pada jeruk membantu meningkatkan produksi air liur, sehingga dapat menghilangkan bau mulut. Sebab, banyak orang memiliki bau mulut karena tidak menghasilkan air liur yang cukup untuk menghilangkan bakteri. Dengan begitu, mulai sekarang kalian bisa mengonsumsi jeruk secara rutin demi menghasilkan nafas yang segar.

 

9. Baking Soda

Tak hanya membantu memutihkan gigi, baking soda juga memiliki manfaat untuk menghilangkan bau mulut. Kandungan natrium bikarbonat yang ada pada baking soda secara efektif dapat membunuh bakteri di mulut. Cara menghilangkan bau mulut dengan baking soda yaitu dengan menambahkan 2 sendok teh baking soda ke-1 cangkir air hangat. Kemudian kumur dengan cairan tersebut selama 30 detik.

 

10. Peterseli

Peterseli merupakan salah satu tanaman yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut secara alami. Aroma segar dan kandungan klorofil yang tinggi di dalamnya memiliki efek untuk menghilangkan bau mulut. Cara menggunakan peterseli sangat mudah yaitu hanya dengan mengunyahnya setiap kalian selesai makan.

 

11. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut karena memiliki sifat antijamur dan antibakteri alami. Cara menghilangkan bau mulut secara alami menggunakan lidah buaya ini bisa dengan merebus air bersama dengan gel lidah buaya. Setelah suhu sudah agak dingin, cobalah untuk berkumur dengan campuran tersebut. Kalian juga bisa menambahkan minyak pepermint secukupnya. Lakukan langkah tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah sederet cara menghilangkan bau mulut secara alami yang mudah untuk dilakukan. Terpenting, kalian tetap harus menjaga kesehatan mulut dengan rajin menggosok gigi, menghindari makanan penyebab bau mulut, rutin mengonsumsi air putih, hingga menjaga gusi. Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI