Tak Hanya Kecantikan, Ini 11 Manfaat Lemon yang Juga Baik Buat Kesehatan

Selasa, 03 November 2020 12:33 Penulis: Dhia Amira
Tak Hanya Kecantikan, Ini 11 Manfaat Lemon yang Juga Baik Buat Kesehatan
Manfaat Lemon (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Lemon menjadi salah satu buah yang tergolong asam, dengan bentuk bulat dan berwarna kuning cerah. Buah ini sangat populer bagi para perempuan, karena bisa memberikan nutrisi pada wajah mereka, serta dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Memiliki banyak sekali nutrisi yang baik bagi tubuh, nyatanya manfaat lemon bukan hanya untuk segi kecantikan saja loh KLovers.

Lemon juga sangat baik dalam memberikan nutrisi bagi kesehatan tubuh kalian, dan membuat tubuh jadi lebih sehat. Bahkan lemon mampu mengatasi racun-racun berbahaya yang ada di tubuh kalian. Kira-kira apa saja ya manfaat lemon bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Dektoksifikasi Hati

Manfaat lemon yang pertama yaitu dapat mendetoksifikasi hati. Yup! Hati merupakan salah satu organ dalam yang sangat penting bagi tubuh. Bila tidak diberikan kesehatan, maka hati akan mengalami kerusakan. Dan kalau sudah begitu maka tubuh akan mengalami berbagai masalah kesehatan, salah satunya penyakit liver.

Bila sudah begitu, maka kesembuhan yang dapat diberikan adalah transplantasi hati. Namun tenang KLovers, kalian masih bisa kok memberikan kesehatan hati dengan mengonsumsi makanan sehat, salah satunya adalah buah lemon.

Nyatanya lemon mampu mendetoksifikasi hati dari racun-racun yang berbahaya. Hal ini karena lemon mengandung asam sitrat yang efektif melakukan proses detoksifikasi. Selain itu lemon juga membantu kinerja hati, ginjal dan sistem pencernaan lainnya dalam membuang kotoran.

 

2. Mencegah Batu Ginjal

Manfaat lemon yang lainnya yaitu dapat mencegah batu ginjal. Bukan hanya dapat mendetoksifikasi hati saja, lemon juga dapat mengatasi batu ginjal. Hal ini karena kandungan asam sitrat yang terdapat dalam buah lemon. Kandungan asam sitrat di dalam lemon ini yang akan membantu mencegah batu ginjal, dengan meningkatkan volume urine dan meningkatkan pH urine.

Sehingga risiko terkena batu ginjal sangat sedikit, terutama untuk pria. Kalian bisa mengonsumsi 1/2 cangkir jus lemon tiap hari, ramuan ini dipercaya bisa membantu kamu mencegah pembentukan batu ginjal di dalam tubuh.

 

3. Menyehatkan Jantung

Tidak hanya ginjal saja, nyatanya lemon juga sangat membantu dalam menyehatkan jantung loh KLovers. Memiliki jantung sehat adalah keharusan setiap orang, karena jantung merupakan salah satu organ penting di dalam tubuh.

Penyakit jantung sendiri bisa terjadi karena banyak hal, serta pola hidup yang tidak sehat. Namun kalian bisa mendapatkan jantung serta tubuh yang sehat dengan mengonsumsi lemon secara rutin loh KLovers. Hal ini karena kandungan vitamin C yang ada di buah lemon.

Dalam berbagai study menemukan bahwa, mengonsumsi makanan yang kaya dengan vitamin C dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Dan kalian bisa mendapatkan hal tersebut dari buah lemon, karena buah lemon dapat memberikan 51 persen dari kebutuhan harian vitamin C yang direkomendasikan.

 

4. Mengecilkan Perut Buncit

Perut buncit memang menjadi masalah setiap orang, bahkan akan mengganggu penampilan. Bukan hanya tampak tidak indah pada tubuh, perut buncit juga merupakan tanda bahwa tubuh tidak sehat. Itulah mengapa wajib bagi kalian yang memiliki perut buncit untuk mengatasi hal tersebut dengan menggunakan manfaat lemon.

Sudah bukan hal yang asing lagi bila lemon mampu mengatasi masalah pada perut buncit. Hal ini karena kandungan vitamin C dalam lemon mampu meluruhkan timbunan lemak, terutama pada bagian perut kalian.

Menurut beberapa sumber artikel kesehatan, lemon dan jahe bisa menjadi kombinasi ampuh untuk mengecilkan perut. Bahkan kombinasi lemon dan juga madu dapat membakar kalori dengan cepat. Bila kalian ingin memiliki perut yang ramping, maka kalian bisa mengonsumsi minuman dengan kombinasi jahe atau madu.

 

5. Meminimalkan Risiko Stroke

Stroke merupakan salah satu penyakit yang membuat penderitanya sulit berjalan, berbicara, dan memahami. Bahkan mengalami kelumpuhan hingga mati rasa pada wajah, lengan, atau tungkai. Bukan hanya lansia saja yang bisa mengalami hal ini, usia muda juga saat ini sudah banyak yang terkena stroke.

Namun untuk meminimalkan risiko tersebut kalian bisa kok mencegahnya dengan mengonsumsi buah lemon. Menurut sebuah penelitian oleh American Heart Association menyatakan bahwa, mengonsumsi buah lemon yang kaya vitamin C mampu mengurangi risiko stroke iskemik.

Jenis stroke tersebut umumnya disebabkan oleh terhambatnya aliran darah menuju otak. Sementara itu, salah satu manfaat lemon bagi tubuh adalah melancarkan pembuluh darah sehingga mampu mengatasi risiko stroke yang juga terjadi karena pembuluh darah yang minim.

 

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bukan hal yang asing lagi bila lemon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Itulah mengapa banyak suplemen yang menggunakan lemon sebagai nutrisi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun tidak perlu suplemen, kalian bisa kok menggunakan lemon secara langsung untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Buah lemon kaya akan vitamin C, yang merupakan antioksidan utama dalam membantu melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Sehingga hal ini secara otomatis meningkatkan sistem kekebalan tubuh kalian. Melansir dari Healthline, vitamin C ampuh dalam mencegah atau membatasi durasi flu biasa pada beberapa orang.

 

7. Melancarkan Pencernaan

Memiliki pencernaan yang lancar dapat memberikan kesehatan tubuh. Jika pencernaan tidak lancar maka hal ini dapat membuat kalian terkena sembelit, wasir, bahkan yang lebih parah lagi akan terkena kanker perut.

Dan untuk mendapatkan pencernaan yang sehat, kalian bisa menggunakan manfaat lemon. Karena rasa asam dari air lemon bisa membantu mencerna makanan. Rasa asam itu juga bisa memperbaiki sistem pencernaan yang terganggu.

Selain itu Serat yang ada di daging lemon juga dapat menyehatkan usus kalian loh KLovers. Air lemon juga bisa membantu melancarkan buang air besar. Jadi kalian bisa memberikan kesehatan pencernaan dengan menggunakan manfaat lemon.

 

8. Merawat Kesehatan Mulut

Menjaga kesehatan mulut memang sangat penting bagi kesehatan tubuh kalian. Karena mulut adalah tempat yang mudah untuk terserang bakteri. Bila bakteri bersarang di mulut, maka hal tersebut dapat menyebabkan gigi memiliki plak, berlubang, hingga mengalami bau mulut.

Hal ini tentu akan menurunkan rasa percaya diri kalian. Sehingga itulah mengapa menjaga kesehatan mulut sangat penting. Selain rajin menyikat gigi, kalian juga bisa menggunakan manfaat lemon loh KLovers. Kalian bisa menghindari bau mulut dengan meminum segelas air lemon setelah makan dan ketika bangun di pagi hari.

Hal ini karena lemon dipercaya dapat merangsang air liur dan air juga membantu mencegah mulut kering, yang dapat menyebabkan bau mulut. Jadi untuk menjaga kesehatan mulut, kalian bisa menggunakan lemon bagi kesehatan tubuh kalian.

 

9. Mencerahkan Kulit

Tidak hanya mulut saja, lemon juga mampu memberikan nutrisi pada kulit wajah kalian loh. Kulit wajah yang cerah memang dambaan setiap orang. Namun untuk mengatasi wajah yang kusam akibat berbagai alasan, kalian bisa kok menggunakan cara alami, salah satunya dengan menggunakan manfaat lemon.

Hal ini karena kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah lemon dapat mengatasi berbagai macam masalah, salah satunya memudarkan flek hitam sehingga kulit nampak lebih cerah. Caranya cukup mudah kok KLovers, kalian hanya perlu mencampurkan perasan air lemon dengan madu dan air mawar. Aplikasikan ke wajah, dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air. lakukan cara ini secara rutin ya agar wajah cerah yang lebih cepat.

 

10. Menutrisi Rambut

Manfaat lemon yang selanjutnya yaitu dapat memberikan nutrisi pada rambut kalian. Bukan hanya mampu memberikan nutrisi pada kulit wajah saja, nyatanya lemon juga mampu menutrisi dengan baik rambut kalian.

Ini karena lemon juga mengandung nutrisi lain yang memiliki potensi untuk menyehatkan kulit kepala, termasuk vitamin C dan vitamin B. Vitamin C memiliki efek antioksidan yang tak hanya menguatkan folikel rambut, namun juga merangsang produksi kolagen untuk memperbaiki kerusakan sel kulit kepala rambut.

 

11. Mengatasi Penuaan Dini

Dan manfaat lemon yang terakhir yaitu dapat mengatasi penuaan dini. Wajah yang sudah mengalami efek penuaan dini terjadi akibat terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung, atau kurangnya mengonsumsi air putih sehingga kulit kering.

Bila sudah seperti ini maka kerutan pada wajah cepat muncul, yang mengakibatkan efek penuaan dini. Untuk mengatasi hal tersebut, maka kalian bisa kok menggunakan manfaat lemon untuk mengatasi penuaan dini. Hal ini karena kandungan vitamin C yang merupakan antioksidan tinggi di buah lemon dapat membuat kulit lebih kencang dan juga cerah.

Itulah 11 manfaat buah lemon yang baik bagi kesehatan tubuh kalian. Bukan hanya untuk kecantikan wajah saja, nyatanya buah lemon juga memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan tubuh kalian.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI