Jangan Panik, 6 Makanan Ini Bisa Jadi Penambah Nafsu Makan Pada Bayi

Jum'at, 16 Oktober 2020 12:11 Penulis: Dhia Amira
Jangan Panik, 6 Makanan Ini Bisa Jadi Penambah Nafsu Makan Pada Bayi
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Makanan pada bayi memang menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Itulah mengapa mencari tahu makanan penambah nafsu mana pada bayi merupakan hal yang penting kalian lakukan. Karena ada kalanya bayi akan kekurangan nafsu makan mereka.

Namun jangan sembarangan ya KLovers, walaupun sehat tetapi ada beberapa makanan yang nyatanya bisa membuat bayi alergi, ini karena mereka masih sangat sensitif. Tidak hanya menambah nafsu makan saja, nyatanya memperhatikan asupan makan pada bayi juga menjadi hal utama yang bisa kalian lakukan untuk mengolah makanan tersebut.

Kira-kira makanan apa saja ya yang dapat memberikan nafsu makan pada anak kalian? Dilansir dari berbagai sumber, ini 6 makanan penambah nafsu makan bayi yang sehat. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Jahe

Makanan penambah nafsu makan yang pertama pada bayi yaitu ada jahe. Yup! Ternyata makanan ini mampu memberikan nafsu makan pada anak loh KLovers, terutama pada bayi. Namun bila kalian takut merasa pedas maka jangan terlalu banyak untuk memberikan jahe tersebut ya KLovers.

Kalian bisa memberikan sedikit pada sup yang akan anak konsumsi. Selain untuk menambah nafsu makan, jahe juga bisa loh membuat tubuh anak menjadi lebih sehat. Tetapi perlu dipastikan bila anak sudah berusia lebih dari 8 bulan ya KLovers saat diberikan menu MPASI jahe.

2. Kunyit

Kemudian ada kunyit yang menjadi makanan penambah nafsu makan pada anak yang selanjutnya. Jangan khawatir, nyatanya kalian bisa loh memasukkan kunyit pada menu MPASI pada bayi kalian. Hal ini karena kunyit segar mampu meningkatkan nafsu makan bayi hingga meredam demam.

Hal ini karena kunyit memiliki kandungan antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi. Sehingga mampu menurunkan panas pada bayi, meningkatkan daya tahan tubuh, hingga menambah nafsu makan. Jadi jangan sungkan untuk menambah sedikit kunyit untuk menambah nafsu makan pada anak ya KLovers.

3. Kayu Manis

Kayu manis ternyata bukan hanya dapat dikonsumsi orang dewasa saja loh KLovers, namun juga bisa loh dikonsumsi pada bayi yang sedang masa MPASI. Kalian bisa memasukkan kayu manis pada makanan menu MPASI anak, sehingga nafsu makan anak pun bertambah.

kayu manis selalu bisa menambah cita rasa dan aroma, sehingga mampu memberikan nafsu makan pada bayi yang sulit untuk makan. Tidak harus bubuk kayu manis, ketika kalian merebus kentang untuk MPASI maka bisa kalian rebus bersama dengan kayu manis.

Hal ini karena kayu manis memiliki kandungan hydroxychalcone, yang sangat efektif untuk meningkatkan nafsu makan anak dan juga orang dewasa. Tetapi harus diperhatikan, kayu manis sebaiknya baru diberikan ketika anak sudah berusia di atas 8 bulan saja.

4. Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan menjadi salah satu makanan yang memiliki banyak sumber zinc, dan kandungan ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan meningkatkan selera makan anak. Namun sayangnya tidak semua anak dapat mengonsumsi kacang ya KLovers, jadi sebaiknya hal ini perlu diperhatikan dengan sangat baik.

Selain itu ada baiknya untuk tidak membiarkan anak mengonsumsi kacang dalam keadaan utuh ya. Pastikan kalian membiarkan kacang dalam bentuk yang sedikit lebih kecil atau dihaluskan. Hal ini agar anak tidak tersedak dan mudah untuk dikonsumsi.

5. Wortel

Bukan hanya rempah-rempah saja, nyatanya sayuran juga mampu memberikan nafsu makan pada anak loh KLovers. Hal ini karena wortel dapat memberikan rangsangan rasa lapar hingga dapat mempersiapkan saluran pencernaan untuk menerima makanan.

Kalian bisa menjadikan wortel sebagai jus atau bisa juga dicampurkan makanan yang akan anak konsumsi. Dan wortel ini tentu menjadi salah satu makanan yang aman untuk dikonsumsi pada bayi kalian.

6. Alpukat

Dan makanan terakhir yang bisa menambah nafsu makan anak yaitu ada alpukat. Yup! Bukan hanya sayuran saja, nyatanya buah juga bisa loh memberikan nafsu makan pada anak, salah satunya alpukat. Hal ini karena rasa alpukat yang gurih membuat buah ini sangat disukai, termasuk dengan anak-anak.

Selain itu alpukat juga tinggi akan kalori dan mengandung 20 jenis vitamin serta mineral, hingga lemak tak jenuh. Sama seperti wortel, alpukat juga dapat disajikan dengan berbagai cara. Kalian bisa potongan seukuran genggaman si kecil untuk dijadikan camilan, atau dapat dijadikan jus.

Itulah 6 makanan yang dapat memberikan nafsu makan yang baik pada anak. Makanan-makanan ini bukan hanya dapat memberikan nafsu makan saja, nyatanya juga dapat memberikan nutrisi pada anak kalian.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI