Sering Gagalkan Diet, Ini 7 Penyebab Lapar Tengah Malam yang Perlu Kalian Waspadai

Kamis, 15 Oktober 2020 15:22 Penulis: Puput Saputro
Sering Gagalkan Diet, Ini 7 Penyebab Lapar Tengah Malam yang Perlu Kalian Waspadai
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Hampir setiap orang pasti pernah mengalami lapar di tengah malam. Saat mengalaminya, biasanya secara otomatis kita akan buru-buru mencari makanan yang bisa disantap saat itu juga. Tak seperti lapar pada siang hari, ternyata ada beberapa penyebab lapar di tengah malam. Penting untuk tahu penyebab itu, agar kita terhindar dari kondisi ini.

Walaupun terkesan lumrah dan bukan masalah serius, lapar tengah malam bisa jadi sangat menyebalkan jika terjadi saat kita sedang diet. Seperti yang kita tahu, makan di malam hari memang bisa berisiko menggagalkan diet. Terlebih, jika setelah makan kita langsung tidur. Tidak hanya menggagalkan diet, kebiasaan ini juga bisa picu masalah kesehatan serius.

Lantas, apa sajakah penyebab lapar tengah malam? Simak beberapa ulasannya berikut ini, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Kebiasaan Makan Sebelum Tidur

Makan sebelum tidur jadi salah satu kebiasaan yang harus dihindari. Terlebih jika jenis makanan yang dikonsumsi mengandung zat pati yang tinggi karena tidak baik untuk kesehatan. Pasalnya jenis-jenis makanan tersebut bisa memicu naiknya gula darah secara cepat ketika tidur.

Selain karena alasan kesehatan, ternyata makan makanan berzat pati sebelum tidur juga bisa jadi penyebab lapar tengah malam. Dilansir dari healthline.com, kadar gula yang melonjak naik juga berimbas pada produksi hormon insulin, sehingga sel tubuh menyerap gula. Akibatnya, kadar gula turun, tergantikan munculnya rasa lapar.

2. Premenstrual syndrome (PMS)

PMS atau premenstrual syndrome sering terjadi pada perempuan jelang masa datang bulan. Selama ini, PMS sering dikaitkan dengan kondisi emosi yang naik turun serta rasa nyeri di perut. Selain itu, ternyata berada di masa PMS juga bisa jadi penyebab lapar tengah malam pada perempuan.

Saat mengalami PMS, terjadi perubahan hormon pada diri perempuan. Salah satu efeknya, mereka bisa cenderung menginginkan makanan, terutama camilan manis. Lebih lanjut, hal ini bisa diikuti dengan beberapa gejala yang umum terjadi, seperti perut kembung dan mudah lelah. Jadi, saat memasuki masa PMS sebaiknya kalian mulai lebih waspada.

3. Stres

Pada beberapa orang makanan jadi sering dijadikan pelarian dari rasa stres atau depresi. Hal ini sebenarnya cukup masuk akal, sebab saat stres kita akan hormon tertentu, seperti kortisol sehingga menyebabkan kadar gula dalam tubuh dilepaskan ke aliran darah untuk dijadikan energi. Akibatnya, kita akan lebih cepat lapar tanpa memandang waktu, termasuk di tengah malam.

Untuk mengatasinya, kalian bisa melakukan yoga atau meditasi untuk lebih mengatur emosi. Saat tubuh dan pikiran menjadi rileks, stres akan lebih teratasi dan rasa cepat lapar juga akan menghilang.

4. Haus

Bisa jadi saat terbangun dari tidur dan merasa perut tidak nyaman, sebenarnya itu bukanlah lapar melainkan hanya haus saja. Ya, haus memang sering kali disalahartikan sebagai rasa lapar. Kekurangan cairan atau dehidrasi memang sering diikuti rasa lesu, sehingga terkesan seperti sedang merasa lapar.

Jadi, saat terbangun di tengah malam karena merasa lapar cobalah minum segelas besar air terlebih dahulu. Lalu, tunggu reaksi perut kalian beberapa menit. Jika rasa ingin makan kalian hilang. Artinya, yang kalian alami bukanlah lapar. Melainkan hanya haus saja.

5. Olahraga di Malam Hari

Olahraga jadi salah satu kegiatan fisik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Olahraga memang mampu memberi banyak manfaat bagi tubuh, seperti mengontrol lonjakan gula darah. Saat berolahraga, kadar gula darah akan turun karena otot-otot tubuh yang aktif turut menyerap gula dari darah.

Karena keterbatasan waktu, orang-orang kerap melakukan olahraga di malam hari. Meski tetap bermanfaat bagi kesehatan, nyatanya olahraga di malam hari bisa memicu rasa lapar saat tidur. Hal ini disebabkan, kadar gula yang turun ketika olahraga di malam hari bisa terjadi secara drastis. Sehingga, kita akan lebih cepat merasa lapar.

6. Sedang Hamil

Selain PMS, perempuan yang tengah hamil juga lebih berisiko mengalami lapar di tengah malam. Sudah jadi rahasia umum, perempuan hamil mempunyai nafsu makan yang meningkat. Meskipun terbilang wajar, sebaiknya ibu hamil tetap memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi tengah malam.

Pilih camilan berprotein tinggi atau segelas susu hangat. Keduanya diyakini dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil sepanjang malam.

7. Night Eating Syndrome (NES)

Penyebab lapar tengah malam yang berikutnya yaitu kelainan pola makan yang disebut Night eating syndrome (NES). Kelainan ini menyebabkan seseorang mengalami kurang nafsu makan di pagi hari. Sebaliknya, nafsu makan di malam hari justru meningkat. Selain itu, hal ini juga sering berdampak pada kondisi sulit tidur.

Itulah di antaranya beberapa penyebab lapar tengah malam. Semoga bermanfaat!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI