Tak Hanya Susu, Ini 6 Makanan Mengandung Kalsium Tinggi yang Bisa Cegah Osteoporosis

Kamis, 15 Oktober 2020 18:11 Penulis: Puput Saputro
Tak Hanya Susu, Ini 6 Makanan Mengandung Kalsium Tinggi yang Bisa Cegah Osteoporosis
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kalsium jadi salah satu mineral yang diperlukan tubuh. Asupan kalsium dalam tubuh sangat berperan terhadap kesehatan dan kekuatan tulang. Selama ini yang kita tahu, susu menjadi salah satu sumber asupan kalsium. Padahal, tak hanya susu ada sejumlah makanan mengandung kalsium tinggi yang bisa kita konsumsi, demi terpenuhinya kebutuhan kalsium.

Selain itu, faktanya ada beberapa orang yang juga mengalami alergi laktosa, sehingga tidak bisa mengonsumsi susu. Maka, makanan kaya kalsium bisa jadi solusinya. Sebab bagaimanapun kebutuhan kalsium harus terpenuhi. Hal ini karena tulang menjadi salah satu organ penting yang berfungsi menyangga tubuh. Kekurangan kalsium juga bisa memicu osteoporosis atau tulang keropos.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis makanan mengandung kalsium tinggi.

 

1. Susu

Susu jadi salah satu sumber kalsium yang paling populer. Bahkan sejak kecil kita selalu disarankan untuk membiasakan minum susu. Pasalnya meminum susu secara rutin dipercaya bisa mempercepat pertumbuhan. Hal ini dikarenakan susu memang kaya akan kalsium sehingga baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang.

Selain itu, susu juga masih menyimpan banyak nutrisi lainnya, seperti protein, vitamin A, dan vitamin D. Jadi tak mengherankan jika susu disebut sebagai minuman yang wajib dikonsumsi selama masa pertumbuhan.

2. Kedelai

Seperti yang disebutkan sebelumnya, susu bukanlah satu-satunya sumber kalsium. Kalian masih bisa mendapatkan asupan kalsium dari makanan mengandung kalsium, salah satunya kedelai. Kedelai jadi salah satu bahan makanan yang cukup populer. Kedelai diolah jadi berbagai makanan dan minuman, mulai dari tahu, tempe, hingga susu kedelai.

Susu kedelai sering jadi solusi bagi orang yang mengalami alergi laktosa. Wajar saja, sebab dalam satu cangkir susu kedelai terdapat kandungan kalsium yang hampir sama dengan susu sapi. Selain itu, kacang kedelai juga mengandung banyak vitamin D, tapi mempunyai kandungan lemak jenuh yang lebih sedikit dari susu pada umumnya.

3. Kacang Almond

Kacang almond sering disebut sebagai camilan yang menyehatkan. Bahan makanan satu kerap dipakai sebagai bahan tambahan dalam pembuatan kue atau menu sarapan seperti oatmeal. Kacang almond yang mempunyai rasa gurih memang kaya akan nutrisi, seperti lemak baik, protein, magnesium, vitamin E, dan tentu saja kalsium.

Karena kaya kalsium, kacang almond juga sering diolah menjadi susu nabati. Mengonsumsi kacang almond secara rutin dapat membawa banyak khasiat untuk kesehatan. Mulai dari membantu tekanan darah, hingga mencegah penyakit metabolik.

4. Biji Bung Matahari

Biji bunga matahari yang berukuran kecil sering jadi camilan di saat santai. Siapa sangka di balik ukurannya yang kecil, biji bunga matahari menyimpan banyak nutrisi. Salah satunya kalsium yang bisa mencapai 109 mg per satu cangkir biji bunga matahari.

Selain itu, juga bunga matahari mengandung vitamin E dan tembaga. Kombinasi antara kalsium, vitamin E, dan tembaga dipercaya ampuh jaga kesehatan dan kekuatan tulang. Tak hanya itu saja, dalam biji matahari juga terdapat magnesium yang berguna untuk menjaga kesehatan saraf dan otot.

5. Ubi

Ubi jalar yang sering dijadikan kudapan ternyata tidak hanya mengandung karbohidrat saja. Dalam ubi jalar juga terkandung kalsium yang cukup tinggi. Dalam satu buah ubi berukuran sedang terdapat setidaknya 68 mg kalsium. Selain kalsium, ubi jalar juga menyimpan senyawa lainnya seperti vitamin A dan vitamin C yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Artinya, mengonsumsi ubi bisa membawa banyak manfaat. Berkat asupan kalsium, vitamin A, dan vitamin C yang terpenuhi, kesehatan tulang dan daya tahan tubuh jadi lebih terjaga.

6. Wijen

Biji wijen yang sering ditaburkan di atas makanan ternyata tidak saja berfungsi sebagai hiasan. Wijen juga bisa memberikan aroma dan rasa segar pada masakan. Selain itu, biji wijen ternyata juga termasuk salah satu makanan mengandung kalsium tinggi. Dilansir dari medicalnewstoday.com, dalam satu sendok makan biji wijen saja sudah terdapat setidaknya 88 mg kalsium.

Selain kalsium, dalam biji wijen juga tersimpan nutrisi lainnya, seperti seng dan tembaga. Keduanya juga diketahui sangat bermanfaat bagi tulang. Artinya, menaburkan biji wijen di makanan bisa jadi satu cara sederhana untuk mencegah gangguan kesehatan tulang, seperti osteoporosis.

Itulah di antaranya beberapa jenis makanan mengandung kalsium tinggi. Kalian bisa mengonsumsinya secara rutin agar kesehatan dan kekuatan tulang lebih terjaga. Serta, agar terbebas dari osteoporosis tentunya.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI