Cocok Buat Orang Mager, Ini 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Tempat Tidur

Kamis, 15 Oktober 2020 15:44 Penulis: Dita Tamara
Cocok Buat Orang Mager, Ini 5 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Tempat Tidur
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Semua orang pasti sudah mengetahui manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh. Meski begitu, rasa malas kerap kali menghantui sehingga melewatkan rutinitas menyehatkan ini. Padahal, tidak berolahraga bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja bagi kalian yang suka banyak makan dan terlalu sedikit berolahraga tentu saja banyak menimbulkan masalah kesehatan yang berbahaya seperti, diabetes, stroke, hingga jantung. Belum lagi kalian yang seharian berdiam diri duduk di meja kantor dan sangat minim bergerak, hal tersebut juga akan berdampak buruk bagi kesehatan, dimana risiko kematian lebih tinggi dibanding orang yang banyak gerak.

Meski begitu, adanya waktu longgar biasanya dibuat kebanyakan orang untuk bermalas-malasan di tempat tidur. Padahal, apabila membiasakan diri berolahraga tentu akan ada segudang manfaat yang di dapat. Namun, rupanya tidak ada alasan bagi kalian yang males gerak atau mager berolahraga. Sebab, ada juga lho olahraga yang bisa dilakukan di tempat tidur.

Nah, biar momen rebahan kalian bermanfaat, kalian bisa melakukan sederet olahraga ini yang bisa dilakukan sambil tiduran. Apa saja? Yuk langsung simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Gerakan Half Bridge

Half bridge salah satu gerakan olahraga yang tetap bisa kalian lakukan meski mager ingin tetap rebahan di atas kasur. Untuk melakukan olahraga ini, kalian hanya perlu tiduran dan meletakkan kaki di atas kasur dengan mengangkat bagian pinggul setinggi mungkin. Kalian bisa membuat garis lurus mulai dari bahu, pinggul, dan lutut.

Kalian bisa melakukan gerakan half bridge ini selama 30 detik. Setelah itu beri jeda selama 15 detik dan ulang gerakan tersebut hingga 3 kali. Untuk melakukan olahraga ini, kalian juga penting untuk mengatur pernafasan. Manfaat melakukan olahraga ini untuk membentuk perut supaya lebih kencang.

2. Sit Up

Sit up salah salah satu gerakan dasar olahraga yang sudah banyak diketahui banyak orang. Olahraga ini juga bisa dilakukan dimana saja termasuk di atas kasur. Gerakan sit up juga banyak manfaatnya untuk melatih beragam otot, seperti otot dada, panggul, pinggang bagian bawah, dan leher menjadi kencang. Selain itu, sit up juga membuat perut menjadi rata.

Caranya, tarik paha kalian ke pusar, bawa kedua kaki kalian yang tertekuk ke dada. Perlahan angkat kaki kalian setinggi yang kalian mau, lalu lakukan gerakan sit-up. Pertahankan lutut kalian ditekuk, turunkan kembali kaki kalian ke bawah. Gerakan ini bisa kalian lakukan 10 hingga 15 kali.

3. Pose Letakkan Kaki di Tembok Sambil Rebahan

Selanjutnya, gerakan yang bisa kalian lakukan di tempat tidur yakni dengan meletakkan kaki di tembok. Olahraga ini memiliki manfaat untuk mengecilkan betis dan membuat kaki menjadi lebih jenjang. Caranya pun cukup mudah nih, kalian hanya perlu berbaring dan meletakkan dua kaki kalian pada tembok dengan lurus dan sejajar.

Pose ini tidak hanya dapat membuat kaki kalian terlihat lebih jenjang, namun juga dapat melancarkan sirkulasi darah, serta dapat meredakan rasa pegal atau nyeri pada kaki, punggung, dan juga pinggang.

4. Cobra Pose

Cobra pose menjadi salah satu alternatif olahraga di atas tempat tidur. Caranya, kalian hanya perlu tidur tengkurap di atas tempat tidur dengan posisi kaki dan badan lurus sejajar, kemudian secara perlahan angkat dada hingga lurus tegak sembari menarik napas dan menghembuskannya secara perlahan.

Untuk melakukannya, kalian bisa tahan posisi tersebut selama 2 menit, kemudian rebahkan badan kembali dan ulangi gerakan tersebut sebanyak tiga hingga empat kali. Gerakan cobra pose ini berfungsi untuk membuat rileks tulang punggung dan tulang belakang, serta dapat mengencangkan otot perut.

5. Leg Hold

Olahraga lainnya yang bisa kalian lakukan di atas kasur adalah leg hold. Sesuai namanya, kalian harus mengangkat kaki dan menahannya. Bahkan, caranya pun terbilang sangat mudah, pertama-tama angkat kepala sedikit dan luruskan kedua kaki. Kemudian, angkat kaki setinggi yang kamu bisa, tahan selama 45 detik. Setelah itu, istirahatkan selama 15 detik. Lakukan selama 3 - 5 kali supaya paha kalian makin kencang.

Itulah sederet olahraga untuk orang mager yang bisa dilakukan di tempat tidur. Dengan begitu, tubuh kalian tetap sehat meski sambil rebahan di atas kasur. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI