Jangan Salah Pilih, Ini 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Hernia

Selasa, 15 September 2020 10:44 Penulis: Dhia Amira
Jangan Salah Pilih, Ini 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Hernia
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Hernia merupakan salah satu penyakit yang terjadi ketika organ dalam tubuh menekan dan mencuat melalui jaringan otot, atau jaringan ikat di sekitarnya yang lemah. Hernia sendiri lebih dikenal dengan sebutan turun berok, dan ternyata penderita ini harus tahu loh makanan yang baik dikonsumsi.

Hal ini karena makanan juga dapat mempengaruhi kesehatan dari tubuh, dan mengurangi sakit hernia. Kira-kira makanan apa saja ya makanan itu? Dilansir dari berbagai sumber, ini 6 makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita hernia. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Susu

Makanan pertama yang baik dikonsumsi bagi penderita hernia yaitu ada susu. Ternyata penderita hernia wajib loh mengonsumsi susu setiap hari, hal ini karena susu mengandung khasiat untuk membantu melancarkan saluran pencernaan.

Dengan mengonsumsi susu 1 gelas setiap hari, maka akan meredakan rasa nyeri akibat hernia baik di usus maupun di perut. Kalian bisa mengonsumsi susu setiap pagi hari, untuk membantu mengurangi rasa nyeri tersebut.

2. Air Putih

Bukan hanya susu, ternyata air putih juga menjadi salah satu makanan atau minuman yang baik dikonsumsi bagi penderita hernia loh. Hal ini karena air putih akan membantu melancarkan sistem peredaran darah dan melancarkan sistem pencernaan. Kalian bisa memperbanyak mengonsumsi minum air putih setiap harinya secara rutin. Dengan begitu gejala dari penyakit hernia akan semakin ringan.

3. Gandum

Ternyata gandum juga menjadi salah satu makanan yang baik loh dikonsumsi untuk penderita hernia. Hal ini karena gandum memiliki kandungan serat yang tinggi, kandungan serat ini mampu melancarkan sistem pencernaan.

Kalian juga dapat mencegah sembelit yang mengakibatkan pemicu gejala hernia lebih parah lagi. Kalian bisa mengonsumsi olahan gandum seperti, roti gandum, sereal, atau oats.

4. Sayuran Hijau

Selain gandum, kalian juga bisa loh menjadikan sayuran sebagai salah satu makanan yang tinggi akan serat. Hal ini karena sayuran dapat melancarkan pencernaan dan sembelit yang akan memperparah keadaan hernia.

Selain itu sayuran hijau juga dapat memperkuat otot-otot yang mendukung dan melindungi organ-organ dalam ketika kalian menderita hernia. Sayuran hijau yang baik dikonsumsi untuk penderita hernia ada brokoli, kubis, dan labu.

5. Buah

Tentu saja buah juga menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita hernia. Sama seperti sayuran, buah juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga melancarkan pencernaan dan mengurangi sembelit.

Dan ternyata buah juga dapat menjadi salah satu obat bagi penderita hernia. Hal ini karena buah membantu meringankan peradangan, nyeri, dan pembengkakan yang disebabkan oleh gangguan hernia. Kalian bisa mengonsumsi buah seperti alpukat, nanas, dan pisang.

6. Teh Hijau

Dan makanan atau minuman yang baik dikonsumsi bagi penderita hernia yang terakhir yaitu ada teh hijau. Menjadi salah satu teh kesehatan, ternyata teh hijau juga mampu mengatasi sakit hernia loh.

Hal ini karena teh hijau mampu menenangkan rasa sakit yang disebabkan oleh hernia. Selain itu teh hijau juga menjadi salah satu teh yang mampu mengobati sakit pada hernia.

Itulah 6 makanan yang baik dikonsumsi bagi seseorang yang sedang menderita hernia. Selain memperhatikan makanan yang baik dikonsumsi, kalian juga wajib memperhatikan makanan yang perlu dihindari ketika mengalami sakit hernia.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI