Bisa Ganggu Penampilan dan Kesehatan, Ini 7 Makanan Penyebab Perut Buncit

Senin, 14 September 2020 17:11 Penulis: Puput Saputro
Bisa Ganggu Penampilan dan Kesehatan, Ini 7 Makanan Penyebab Perut Buncit
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Siapapun tentu tak menginginkan punya perut buncit. Namun, pada kenyataannya, tak sedikit orang yang mengalami perut buncit setelah memasuki usia tertentu. Tidak melulu usia, ternyata jenis makanan yang dikonsumsi juga bisa menyebabkan perut buncit. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa saja jenis makanan penyebab perut buncit.

Perut buncit memang akan sangat mengganggu penampilan. Tak hanya itu, perut buncit bisa mengganggu aktivitas dan bisa jadi menjadi pertanda gangguan kesehatan. Sehingga, wajar jika banyak orang baik perempuan maupun laki-laki yang ingin terbebas dari perut buncit. Nah, salah satu cara menghindari perut buncit adalah dengan mengurangi jenis makanan tertentu.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis makanan penyebab perut buncit.

 

1. Fast Food

Makanan cepat saji atau fast food sudah jadi kegemaran banyak orang. Padahal, sudah jadi rahasia umum bahwa fast food termasuk makanan yang tidak menyehatkan. Sehingga tak terlalu mengherankan jika fast food tergolong salah satu makanan penyebab perut buncit.

Fast food atau yang juga sering disebut junk food, rata-rata dimasak dengan cara digoreng pada suhu tinggi. Hal ini membuat fast food memiliki kandungan minyak berlebih dan minim nutrisi. Fast food juga termasuk makanan yang sangat sedikit seratnya, sehingga sulit dicerna usus.

2. Minuman Beralkohol

Tak jauh beda dari fast food, minuman beralkohol juga terkenal akan dampak buruknya bagi kesehatan. Alkohol mengandung kalori yang cukup tinggi. Dalam satu gelas alkohol diperkirakan terdapat kurang lebih 150 kalori.

Itulah sebabnya meminum alkohol terlalu sering bisa menimbulkan perut yang membuncit. Tak hanya itu, alkohol juga diyakini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti memicu dehidrasi, hingga kerusakan organ dalam.

3. Minuman Bersoda

Meski tak memabukkan seperti alkohol, siapa sangka minuman bersoda juga membawa efek buruk bagi kesehatan. Konsumsi minuman bersoda secara berlebihan dipercaya bisa menyebabkan perut buncit bahkan obesitas. Hal ini dikarenakan, minuman bersoda umumnya mengandung kadar gula yang berasal dari pemanis buatan.

Di samping berisiko perut buncit konsumsi minuman bersoda secara terus menerus juga bisa menimbulkan berbagai masalah lain. Mulai dari diabetes tipe B, hingga masalah kesehatan gigi.

4. Produk Olahan Susu

Produk diary atau produk olahan susu selama ini mungkin dikenal sebagai salah satu makanan yang menyehatkan. Walau begitu, ternyata jika dikonsumsi secara berlebihan produk olahan susu juga bisa menimbulkan efek perut buncit. Hal ini lantaran produk-produk olahan susu mengandung laktosa yang cukup tinggi.

Sementara, kandungan laktosa bisa menyebabkan gangguan pada sistem metabolisme. Oleh karena itu, kalian tetap perlu membatasi jumlah konsumsi produk olahan susu.

5. Susu

Ternyata tak hanya produk olahannya, susu juga bisa menimbulkan perut buncit. Namun, tak perlu khawatir sebab tidak semua jenis susu termasuk makanan penyebab perut buncit. Hanya jenis susu tertentu yang bisa akibatkan perut buncit, seperti susu jenis whole milk. Susu jenis ini dipercaya bisa memicu terjadinya penumpukan lemak di perut.

Selain itu, jenis susu kental manis juga perlu dihindari. Sebab, susu kental manis mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi. Jadi agar tetap fit dan bebas dari perut buncit, pilihlah jenis susu yang rendah lemak. Atau kalian juga bisa memakai susu nabati seperti susu kedelai atau susu almond.

6. Keripik Kentang

Siapa yang tak suka keripik kentang? Hampir semua orang pasti menyukai camilan yang satu ini. Teksturnya yang begitu renyah dengan rasa yang gurih membuatnya cocok jadi camilan saat bersantai. Sayangnya, keripik kentang juga termasuk salah satu jenis makanan penyebab perut buncit.

Salah satu penyebab mengapa keripik kentang bisa menyebabkan buncit ialah cara pemasakannya yang digoreng dalam banyak minyak bersuhu tinggi. Di samping itu, dalam proses pembuatan keripik kentang juga digunakan bahan bernama hydrogenated oils. Bahan ini diyakini bisa memicu peningkatan lemak jahat dalam tubuh.

7. Makanan-Makanan Berlemak

Makanan penyebab perut buncit lainnya yaitu segala jenis makanan berlemak jenuh tinggi. Ada beberapa jenis makanan yang tergolong mempunyai kandungan lemak jenuh tinggi, seperti minyak, daging, dan produk olahan daging.

Terutama jenis produk olahan daging seperti sosis atau nugget diketahui mempunyai kandungan lemak jenuh yang tinggi. Sehingga satu-satunya cara untuk mengantisipasi adalah dengan membatasi jumlah konsumsi. Sementara, untuk minyak goreng, kalian bisa menggantinya dengan jenis minyak zaitun yang dinilai lebih aman dan menyehatkan.

Itulah beberapa jenis makanan penyebab perut buncit. Jadi, hindari atau kurangi konsumsi jenis makanan di atas agar tubuh tetap fit dan bebas dari perut buncit!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI