Jarang Diketahui, Ini 7 Penyebab Mata Panda yang Nggak Hanya Karena Kurang Tidur

Jum'at, 21 Agustus 2020 18:11 Penulis: Puput Saputro
Jarang Diketahui, Ini 7 Penyebab Mata Panda yang Nggak Hanya Karena Kurang Tidur
Ilustrasi (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Mata panda merupakan sebutan untuk lingkaran hitam yang mengelilingi bagian mata. Mata panda jadi salah satu masalah yang sering dialami banyak orang. Meski tidak berbahaya akan kesehatan, mata panda bisa mengurangi rasa percaya diri. Sayangnya, tak banyak orang yang tahu apa saja penyebab mata panda. Akibatnya, mereka jadi tidak tahu bagaimana cara mencegah terjadinya mata panda.

Selama ini, kurang tidur sering disebut-sebut sebagai penyebab dari munculnya mata panda atau kantung mata. Padahal, tak hanya itu saja. Mata panda juga bisa disebabkan oleh berbagai hal, yang di antaranya merupakan kebiasaan yang tapi justru dilakukan berulang-ulang. Lantas apa sajakah penyebab dari mata panda?

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa penyebab mata panda.

 

1. Terlalu Sering Mengucek Mata

Mengucek mata terlalu sering bisa jadi salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan munculnya mata panda. Hal ini dikarenakan, secara tidak langsung saat mengucek mata pembuluh darah di sekitar kulit mata akan terganggu. Akibatnya, timbul warna kehitaman atau mata panda sebagai reaksi traumatik.

Selain itu, mengucek secara keras atau berlebihan juga bisa menimbulkan reaksi serupa. Jadi, sebaiknya jangan terlalu mengucek mata terlalu sering dan terlalu keras. Cukup lakukan sesekali dan secara perlahan untuk mencegah timbulnya mata panda.

2. Tanda-Tanda Penuaan

Tak banyak yang tahu kalau mata panda ternyata merupakan salah satu tanda-tanda penuaan. Itulah sebabnya, mata panda kerap terjadi pada rentang usia tertentu yaitu 20 tahun ke atas. Pada usia tersebut, proses penuaan mulai terjadi di berbagai bagian tubuh. Salah satunya di bagian mata, yaitu dengan menipisnya lapisan kulit, sehingga pembuluh darah semakin terlihat. Hal inilah yang kemudian membuat kulit area sekitar mata jadi kehitaman seperti mata panda.

Namun kalian tak perlu terlalu khawatir. Sebab saat ini ada berbagai produk perawatan wajah yang diyakini bisa melawan penuaan dini. Selain itu, kalian juga bisa melakukan perawatan dengan bahan alami yang relatif lebih aman.

3. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi saat tubuh kekurangan cairan. Ternyata dehidrasi tak hanya berefek pada kesehatan dan menurunkan daya konsentrasi saja. Pasalnya, dehidrasi juga bisa jadi penyebab mata panda. Kekurangan cairan akan membuat kulit kering dan kasar, sehingga lingkaran hitam semakin terlihat jelas. Jadi, usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air sebanyak 8 gelas per hari.

4. Alergi

Alergi juga bisa jadi salah satu pemicu mata panda. Bahkan, mata panda bisa jadi salah satu pertanda seseorang mempunyai suatu alergi. Hal ini disebabkan alergi dapat memicu aktifnya histamin dalam tubuh. Dampaknya, pembuluh darah melebar, termasuk pembuluh darah di sekitar mata. Dengan begitu, permukaan kulit di sekitar mata akan berubah jadi lebih gelap, lalu muncullah mata panda.

5. Mata Bengkak

Penyebab mata panda lainnya adalah mata bengkak. Pembengkakan bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari menangis terlalu lama hingga alergi. Mata bengkak juga bisa menyebabkan kulit di area mata berwarna gelap. Terlebih, jika mata yang bengkak tidak segera diatasi. Akan tetap kalian tak perlu khawatir, sebab mata bengkak bisa diatasi dengan mudah.

Salah satu cara paling sederhana untuk mengatasi mata bengkak adalah dengan irisan mentimun. Kalian hanya perlu meletakkan irisan mentimun di kedua mata lalu mendiamkannya kurang lebih 10 menit. Selain mentimun, kalian juga bisa menggunakan kantong teh. Caranya sama yaitu dengan meletakkan kantong teh di atas kedua mata. Dengan melakukan penanganan secepat mungkin, mata bengkak tidak akan memunculkan mata panda.

6. Merokok dan Konsumsi Alkohol

Sudah jadi rahasia umum, jika merokok dan mengonsumsi minuman alkohol berdampak buruk bagi kesehatan. Selain merusak organ dalam tubuh, ternyata rokok dan alkohol juga bisa merusak kulit. Merokok dan mengonsumsi alkohol bisa menyebabkan aliran darah di wajah tidak lancar. Akibatnya, lingkar mata yang menjadi lebih gelap. Jadi, selain untuk alasan kesehatan berhenti merokok dan konsumsi alkohol juga bisa bermanfaat bagi kecantikan.

7. Faktor Genetik

Mungkin kalian pernah menjumpai anak-anak yang sudah mempunyai mata panda. Hal tersebut masuk akal, sebab mata panda ternyata memang bisa diturunkan secara genetik. Oleh karena itu, orang-orang di kawasan Asia Tenggara cenderung mempunyai mata panda, jika dibandingkan orang-orang dari eropa.

Itulah di antaranya beberapa penyebab mata panda yang mungkin belum banyak orang tahu. Semoga bermanfaat, bisa membuat kalian tahu bagaimana cara mencegah munculnya mata panda.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI