Bisa Beracun, Ini 6 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan - Membahayakan Kesehatan

Jum'at, 21 Agustus 2020 10:33 Penulis: Puput Saputro
Bisa Beracun, Ini 6 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan - Membahayakan Kesehatan
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Dengan alasan mubazir, kita kerap kali memanaskan makanan agar bisa dinikmati kembali. Ya, makanan yang masih hangat memang punya rasa yang lebih nikmat. Namun tak banyak yang tahu, ternyata ada beberapa makanan yang tidak boleh dipanaskan. Alih-alih kembali bisa dinikmati selagi hangat, makanan-makanan tersebut justru bisa membahayakan kesehatan.

Sayangnya, tak banyak orang yang tahu apa saja jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan. Padahal, apabila dipanaskan makanan-makanan tersebut bisa beracun dan mengancam kesehatan. Selain itu, bisa jadi makanan-makanan tersebut merupakan yang biasa kita nikmati setiap hari.

Lantas makanan apa sajakah itu? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan.

 

1. Nasi

Nasi menjadi makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Tak banyak yang tahu, ternyata nasi termasuk salah satu jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan. Bahkan, memanaskan nasi disebut-sebut bisa membuatnya jadi beracun dan mengancam kesehatan. Pasalnya, nasi yang dipanaskan kembali diduga mengandung bakteri Bacillus cereus. Nah, bakteri inilah yang bisa mengakibatkan keracunan.

2. Telur

Telur jadi salah satu makanan sumber protein. Telur menjadi salah satu jenis makanan yang cukup sering dikonsumsi. Meski begitu, telur ternyata juga tidak boleh dipanaskan, terlebih dalam suhu tinggi melalui microwave. Telur mengandung nitrogen yang tidak kuat terhadap panas. Memanaskan telur akan membuat nitrogen menghasilkan zat karsinogenik. Zat inilah yang akan berdampak buruk pada sistem pencernaan jika kita mengonsumsinya.

Oleh karena itulah, sebaiknya telur segera dikonsumsi, sebab telur kaya akan vitamin A, kalsium, vitamin B6 dan vitamin B12. Selain itu, segera mengonsumsi telur juga baik untuk menghindari munculnya zat karsinogenik, yang berbahaya bagi tubuh.

3. Jenis Sayuran Tertentu

Sayur mayur jadi salah satu jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. Sayuran mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Meski menyehatkan, ternyata ada beberapa jenis sayuran yang pantang untuk dipanaskan kembali. Jenis sayuran tersebut di antaranya adalah bayam dan seledri.

Dilansir dari cookinglight.com, panas dapat memicu bayam dan seledri melepaskan kandungan karsinogen yang bisa membahayakan kesehatan. Itulah sebabnya, cara terbaik mengonsumsi sayuran ini saat masih segar. Atau setidaknya, dimasak satu kali dalam waktu singkat.

4. Kentang

Selain nasi, kentang juga jadi sumber karbohidrat yang dikonsumsi oleh banyak orang. Selain karbohidrat, kentang juga menyimpan banyak nutrisi, seperti vitamin B6, kalium, dan vitamin C. Namun, sama seperti nasi, kentang juga termasuk jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan. Hal ini dikarenakan vitamin B6, kalium, dan vitamin C pada kentang bisa menghasilkan Clostridium botulinum yang bisa mengakibatkan keracunan.

5. Daging Ayam

Ada banyak sajian menu olahan daging ayam. Daging ayam memang jadi salah satu makanan favorit banyak orang. jenis makanan ini juga dikenal kaya akan protein. Namun ternyata, protein pada daging ayam bisa menghasilkan zat beracun apabila dipanaskan. Jika terpaksa harus memanaskan daging ayam, disarankan untuk memanaskannya dengan api kecil. Hal ini diyakini bisa memperkecil risiko kerusakan protein pada daging ayam.

6. Jamur

Jika kalian pecinta makanan berbahan jamur, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tersebut sesegera mungkin. Jamur mengandung banyak protein dan mineral. Kedua kandungan tersebut lebih dikonsumsi secepat mungkin. Dilansir dari food.ndtv.com, terlalu lama menyimpan masakan berbahan jamur dan memanaskannya kembali, dapat memecah protein di dalamnya.

Hal ini akan membuat jamur kehilangan kandungan nutrisinya. Tak hanya itu saja, jamur yang dipanaskan juga bisa mengancam kesehatan sistem pencernaan. Sebab, jamur yang dipanaskan akan menghasilkan racun berasal dari nitrogen yang teroksidasi dan radikal bebas. Jadi, jika memang terpaksa harus menyimpan jamur untuk waktu yang lama, pastikan untuk menyimpannya dalam keadaan dingin.

Nah, itulah di antaranya beberapa jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan karena alasan kesehatan. Jadi mulai sekarang, jangan lagi memanaskan makanan-makanan di atas. Masaklah secukupnya, agar tidak perlu merasa mubazir, sehingga dipanaskan dan mengonsumsinya lagi.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI