Agar Tahan Lama, Begini 7 Cara Merawat Peralatan Dapur Berbahan Kayu

Kamis, 20 Agustus 2020 12:44 Penulis: Dita Tamara
Agar Tahan Lama, Begini 7 Cara Merawat Peralatan Dapur Berbahan Kayu
Peralatan dapur (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Cara merawat peralatan dapur berbahan kayu tentunya banyak dicari para ibu rumah tangga supaya peralatan memasak mereka tahan lama. Pada umumnya, peralatan kayu sering kita jumpai di dapur seperti talenan, sendok, garpu, spatula, dan sebagainya. Alat memasak di dapur berbahan kayu juga menjadi incaran ibu rumah tangga sebab aman ketiga digunakan dan mempunyai seni keindahan tersendiri.

Namun, seringkali perawatan kayu cenderung merepotkan. Ketika kalian tidak merawatnya dengan baik, maka akan timbul bau tidak sedap, berjamur, hingga pelapukan pada kayu. Tentu saja kalian tidak ingin peralatan dapur favorit kalian tidak dapat digunakan dengan baik. Oleh sebab itu, kalian bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini yang mampu merawat peralatan berbahan kayu kalian.

Penasaran? Yuk langsung simak ulasan lengkap berikut ini.

 

 

1. Gunakan Jeruk Nipis Saat Mencuci

Walaupun sudah dibersihkan, kadang tetap saja bau masakan melekat di peralatan kayu, seperti bawang, ikan, daging, atau makanan beraroma kuat lainnya. Cara merawat peralatan dapur berbahan kayu, kalian bisa menggunakan jeruk nipis saat mencuci.

Pertama-tama, setelah kalian mencuci peralatan dapur dengan sabun cuci, segera bersihkan dengan cara menggosokkan jeruk nipis, lalu bilas menggunakan air dan keringkan. Tujuannya yaitu, untuk menghilangkan bau bekas makanan yang menempel pada peralatan dapur kayu.

2. Gunakan Lemon

Selain menggunakan jeruk nipis, kalian bisa memanfaatkan lemon untuk merawat peralatan dapur berbahan kayu. Caranya pun terbilang mudah. Kalian cukup menyiapkan air mendidih yang sudah dicampur perasan air lemon. Setelah itu, angkat air tersebut dan masukkan alat memasak dari kayu yang ingin dibersihkan. Selanjutnya, rendamlah peralatan tersebut selama 15 menit. Lalu, lap dan jemur hingga kering.

3. Jangan Menunda Mencuci

Setelah menggunakan peralatan dapur, jangan menunda untuk mencucinya. Kotoran yang menempel pada peralatan dapur akan membuat peralatan kayu beraroma tidak sedap. Selain itu jangan membiarkan kerak masakan menempel terlalu lama pada peralatan kayu. Sebab, kerak makanan akan dapat merusak lapisan kayunya. Caranya, cuci peralatan kayu dengan air hangat untuk melunturkan kotoran, lalu bilas dengan air sabun seperti biasa.

4. Sering Menjemur Peralatan Berbahan Kayu

Jangan biarkan peralatan kayu dalam kondisi lembab. Apabila dibiarkan lembab maka akan berisiko menimbulkan jamur dan terjadi pelapukan pada peralatan kayu. Oleh sebab itu, rajin-rajinlah untuk menjemur peralatan kayu kalian. Perlu kalian ketahui, menjemur peralatan kayu juga bisa menghilangkan bau bekas makanan dan menghindari dari serangan jamur.

5. Gosok Peralatan Kayu Menggunakan Spons Kasar

Cara merawat peralatan dapur berbahan kayu kalian bisa menggunakan spons kasar. Caranya, basahi spons menggunakan air dan sabun terlebih dahulu. Setelah itu, gosokkan ke peralatan kayu. Perlu kalian ketahui untuk menghindari penggunaan sikat kawat. Sebab hal tersebut dapat merusak permukaan peralatan dapur kalian.

6. Bersihkan Menggunakan Cuka

Peralatan dapur dari kayu jika lama tidak digunakan akan membuat berjamur dan mengeluarkan aroma tidak sedap. Untuk mengatasinya, kalian dapat memanfaatkan cuka. Pelengkap bumbu dapur ini memang terbukti dapat menghilangkan noda membandel peralatan rumah tangga.

Cara pengaplikasiannya, pertama-tama masukkan satu gelas air dan satu sendok makan cuka ke dalam mangkuk. Setelah itu, aduk rata kedua bahan tersebut. Lalu, celupkan kapas, atau kain lap ke dalam campuran ramuan tersebut untuk membersihkan sisa aroma tidak sedap pada peralatan kayu.

7. Bersihkan Menggunakan Garam

Selain menggunakan cuka, bahan yang mudah untuk membersihkan peralatan kayu yaitu garam. Caranya pun terbilang mudah, kalian cukup mencampurkan garam ke dalam semangkuk air panas. Setelah itu, rendam peralatan kayu kalian selama lima menit. Terakhir, kalian hanya perlu mengeringkan peralatan masak dan lap hingga kering.

Itulah sederet cara merawat peralatan dapur berbahan kayu. Jadi, bagi para ibu rumah tangga bisa melakukan cara tersebut di rumah. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI