13 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Mudah Secara Alami, Bisa Dilakukan di Rumah

Rabu, 13 Mei 2020 16:44 Penulis: Puput Saputro
13  Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Mudah Secara Alami, Bisa Dilakukan di Rumah
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Mata panda menjadi istilah yang umum digunakan untuk menyebut lingkaran hitam di sekitar mata. Adanya mata panda tentu akan mengurangi rasa percaya diri. Mata panda juga bisa membuat raut wajah seseorang terlihat lelah, atau bahkan bisa terlihat lebih tua dari biasanya. Itulah sebabnya banyak orang yang mencari cara menghilangkan mata panda.

Dengan menggunakan bahan sederhana dan cara yang tepat, mata panda bisa diatasi dengan mudah tanpa harus melakukan perawatan khusus. Salah satu cara menghilangkan mata panda yang paling sering dilakukan adalah dengan mengkompres mata dengan bahan tertentu.

Berikut beberapa cara menghilangkan mata panda dengan mudah.

 

1. Menggunakan Air Dingin

Cara menghilangkan mata panda yang pertama adalah dengan menggunakan air dingin. Air dingin dipercaya bisa menghilangkan mata panda secara alami. Caranya mudah, cukup dengan mengkompreskannya menggunakan handuk ke area sekitar mata. Meski tergolong mudah, untuk mendapat hasil yang maksimal, cara ini harus dilakukan secara rutin. 

2. Menggunakan Mentimun

Selama ini, mungkin kita sudah cukup familiar dengan mentimun yang digunakan untuk mengkompres mata. Biasanya, orang-orang menggunakan mentimun untuk menutup bagian matanya ketika sedang menggunakan masker. Ternyata, hal ini tidak sebatas iseng belaka. Sebab, mentimun juga mempunyai khasiat untuk menghilangkan mata panda.

Yang penting untuk diketahui, sebelum mengkompres mata dengan mentimun, sebaiknya mentimun yang digunakan dalam keadaan dingin. Jadi, sebelum dipotong tipis simpan mentimun dalam kulkas terlebih dahulu. Durasi yang diperlukan untuk mengkompres mata dengan mentimun adalah 10 - 15 menit. Lakukan secara rutin, setidaknya dua kali seminggu.

3. Menggunakan Air Mawar

Manfaat air mawar untuk kecantikan juga sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak orang yang menggunakan air mawar sebagai produk pembersih wajah alami. Air mawar juga bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda. Kalian cukup menuangkan beberapa tetes air mawar ke kapas, lalu mengkompres mata dengan kapas tersebut kurang lebih 10 - 15 menit.

4. Menggunakan Kentang

Bahan alami berikutnya yang bisa dimanfaatkan untuk cara menghilangkan mata panda adalah kentang. Sayuran sejenis umbi-umbian ini ternyata juga mempunyai fungsi yang sama dengan mentimun, yaitu bisa untuk menghilangkan mata panda.

Namun, untuk menggunakan kentang, sebaiknya kalian menghaluskannya terlebih dahulu dengan cara diblender atau diparut. Setelah itu, peras kentang untuk diambil sarinya. Sari inilah yang bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda, dengan cara mengompresnya memakai kapas.

5. Menggunakan Minyak Zaitun

Sama seperti air mawar, minyak zaitun juga selama ini banyak digunakan orang untuk mencerahkan wajah. Tidak hanya wajah, ternyata area sekitar mata juga bisa dicerahkan dengan minyak zaitun.

Agak berbeda dengan bahan-bahan lainnya, untuk menghilangkan mata panda minyak zaitun tidak digunakan dengan cara dikompres. Minyak zaitun cukup dioleskan ke area gelap di sekitar mata, lalu diusap-usapkan perlahan. Dengan begitu lama-kelamaan mata panda akan hilang dengan cara memudar.

6. Menggunakan Kantung Teh

Jika kalian peminum teh, sebaiknya jangan lagi membuang kantung teh bekas yang sudah kalian seduh. Sebab, kantung teh, terutama jenis teh hijau bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda. Hal ini dikarenakan teh hijau mempunyai kandungan tannin dan astringent yang membantu mencegah pelebaran pembuluh darah di bawah mata. Mengkompres mata dengan kantung teh sebaiknya dilakukan setiap pagi hari.

7. Menggunakan Buaya

Tanaman berjuta manfaat, lidah buaya ternyata juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan mata panda. Untuk menghilangkan mata panda, bagian lidah buaya yang digunakan adalah bagian daging yang serupa gel. Caranya mudah, cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya ke area sekitar mata yang gelap. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air sampai bersih.

8. Menggunakan Tomat

Buah tomat juga bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda. Hal ini dikarenakan buah yang kerap dianggap sebagai sayur ini mempunyai kandungan asam sitrat yang ringan dan lembut. Kandungan inilah yang dipercaya bisa memutihkan kulit yang gelap. Cara menghilangkan mata panda dengan tomat sangat mudah. Kalian cukup mengambil sepotong tomat, lalu letakkan di sekitar mata.

9. Menggunakan Kunyit

Kunyit dikenal sebagai salah satu tanaman obat yang kaya akan khasiat. Namun, selama ini khasiat kunyit lebih dikenal untuk kesehatan, bukan kecantikan. Padahal kunyit mempunyai sifat antibakteri dan membantu mencerahkan kulit, sehingga juga bisa dimanfaatkan untuk cara menghilangkan mata panda. Caranya tinggal mencampurkan kunyit dan minyak almond lalu oleskan di sekitar bawah mata.

10. Menggunakan Air Lemon

Air lemon mempunyai kandungan zat pemutih alami yang cukup kuat. Zat pemutih ini bisa dimanfaatkan juga untuk mengatasi mata panda. Untuk menghilangkan mata panda dengan air lemon, kalian bisa mengusapkannya dengan kapas ke sekitar mata. Namun, cara yang satu ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati sebab jika sampai ke mata, bisa membuat mata perih.

11. Menggunakan Madu

Cara menghilangkan mata panda berikutnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan madu. Madu memang diketahui punya segudang manfaat, termasuk bisa meregenerasi kulit. Artinya, madu juga mampu mencerahkan area sekitar mata yang gelap. Tak perlu repot-repot, kalian cukup mengoleskan madu pada kantung mata dan biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

12. Menggunakan Putih Telur

Cara berikutnya untuk menghilangkan mata panda adalah dengan mengoleskan putih telur ke daerah bawah mata. Diamkan beberapa saat lalu bilas sampai bersih. Dalam putih telur mempunyai vitamin yang baik untuk kulit. Kandungan vitamin itulah yang diyakini bisa mencerahkan kulit yang gelap. Bahkan tidak hanya mencerahkan, putih telur juga diyakini bisa mengencangkan kulit.

13. Menggunakan Sendok

Jika kalian tidak mempunyai bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas, tak perlu khawatir. Sebab, kalian tetap bisa menghilangkan mata panda cukup dengan menggunakan sendok logam. Caranya cukup sederhana, hanya dengan menempelkan dan menggosok-gosokkan bagian belakang sendok ke area mata panda. Namun sebelumnya, kalian harus mendinginkan sendok dengan memasukkannya ke lemari es terlebih dahulu.

Itulah di antaranya 13 cara menghilangkan mata panda secara alami dan mudah. Bahan dan alat yang mudah membuat kalian bisa langsung mempraktikkannya di rumah. Namun perlu diingat bahwa, setiap proses perawatan wajah membutuhkan waktu. Jadi, lakukan dengan telaten dan penuh kesabaran, ya.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI