Jarang Dilirik, Kebumen Ternyata Punya Destinasi Wisata Hits!

Selasa, 23 Juni 2020 07:08 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
Jarang Dilirik, Kebumen Ternyata Punya Destinasi Wisata Hits!
(c) shutterstock

Kapanlagi Plus - Bicara tentang destinasi wisata yang ada di Jawa Tengah, mungkin kebanyakan pikiran akan langsung tertuju pada Solo atau Semarang. Asal kamu tahu KLovers, sebenarnya ada daerah lain dengan potensi wisata yang keindahannya juga menarik buat dibuktiin sendiri. Salah satunya adalah Kebumen.

Untuk membuktikannya, kamu cukup Beli Tiket Pesawat ke Yogyakarta lalu lanjutkan dengan perjalanan darat selama 2-3 jam ke Kebumen. Dijamin waktu dan usahamu nggak bakal sia-sia saat mengunjungi beberapa destinasi wisata hits berikut ini.

Brujul Adventure Park

(c) shutterstock(c) shutterstock

Liburan memang paling asyik kalau perginya ramai-ramai. Di Kebumen, ada Brujul Adventure Park yang cocok untuk berpetualang bareng teman-teman atau keluarga. Berada di kawasan Peniron, destinasi wisata yang satu ini awalnya dikenal sebagai lokasi camping. Tapi kini dikembangkan dengan tambahan fasilitas keren seperti wahana sepeda layang, flying fox, panahan, hingga gazebo buat menikmati udara yang sejuk.

Waduk Sempor

(c) shutterstock(c) shutterstock

Liburan nggak bisa lepas dari foto-foto keren buat mengisi feeds Instagram-mu. Charge dulu ponselmu sampai penuh sebelum mengunjungi Waduk Sempor yang punya banyak spot foto kece.

Menyajikan hamparan air yang tenang dengan pemandangan perbukitan, siapkan OOTD dan pose paling oke saat berfoto di sini. Buat pecinta alam yang haus akan tantangan, jajal asyiknya mendayung perahu sambil menikmati sejuknya hawa di waduk yang terletak di perbukitan yang ditumbuhi ribuan pohon pinus.

Taman Bunga Ambal

(c) shutterstock(c) shutterstock

Satu lagi spot fotogenik hits yang ditawarkan oleh Kebumen. Awalnya, Desa Ambalresmi ini dikenal sebagai tempat pembibitan tanaman. Tapi adanya berbagai taman bunga kini sukses menarik minat pengunjung. Hanya dengan membayar Rp 5 ribu saja, kamu bisa berfoto di dalam taman bunga matahari yang kekinian, bunga suring, bougenville, hingga bunga pagoda. Meskipun bebas berfoto, ingatkan diri sendiri untuk nggak merusak keindahan bunga-bunga ini, agar pengunjung yang lain juga bisa menikmatinya.

Benteng Van der Wijck

(c) shutterstock(c) shutterstock

Berjarak 20 kilometer dari ibukota Kabupaten Kebumen, kamu akan menemukan benteng pertahanan Hindia Belanda yang masih gagah berdiri. Jadi bagian penting dalam sejarah kemerdekaan Indonesia, bangunan ini dulunya jadi target penyerangan Pangeran Diponegoro di masa lampau. Kini, benteng yang punya warna mencolok dan bentuk yang unik ini dijadikan destinasi wisata ikonik yang asyik buat dijelajahi.

Pantai Surumanis

(c) shutterstock(c) shutterstock

Liburan di Kebumen nggak cukup cuma 1-2 hari saja. Saatnya Booking Hotel dan manfatkan waktu buat menjelajahi keindahan deretan pantainya yang masih alami. Salah satu yang mencolok adalah Pantai Surumanis yang sering disebut Tanah Lot-nya Kebumen.

Punya pasir yang kehitaman, pantai yang masih sepi pengunjung ini membuatmu serasa memiliki pulau pribadi. Walau harus menempuh akses jalan yang cukup sulit, usahamu akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah dari ketinggian gardu pandang, bukit karang tinggi di sekitar pantai hingga berjalan santai sambil bolak-balik selfie.

Gua Petruk

(c) shutterstock(c) shutterstock

Bukan hanya deretan pantai dan perbukitan, tapi di Kebumen juga ada gua yang keeksotisannya bikin kamu berdecak kagum. Dari sekian banyak gua di kawasan Karst Gombong Selatan, Gua Petruk wajib didatangi karena masih dipertahankan banget kealamiannya.

Untuk menikmati keindahan stalaktit dan stalagmite yang disebut mirip hidung wayang Petruk, kamu bisa memanfaatkan headlamp dan peralatan yang disewakan oleh petugas. Nah, buat yang ingin menantang adrenalin dengan menjelajahi gua, jangan lupa kenakan baju tahan air saat melewati banyak genangan air di dalamnya.

Nggak nyangka kan kalau Kebumen punya pesona wisata hits yang selama ini kamu lewatkan? Makanya segera bikin traveling plan ke sana dengan pesan tiket di PT KAI Tokopedia. Menjelajahi wisata hits di Kebumen, bisa kamu #MulaiAjaDulu di Tokopedia!

(kpl/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI