Kabar Baik, Mie Samyang Kini Sudah Resmi Dapat Sertifikasi Halal MUI

Jum'at, 10 November 2017 23:00 Penulis: Tyssa Madelina
Kabar Baik, Mie Samyang Kini Sudah Resmi Dapat Sertifikasi Halal MUI
Samyang. Amazon

Kapanlagi Plus - Masih ingat dengan pro dan kontra mengenai Mie Samyang? Setelah booming melalui berbagai video challenge yang tersebar di Youtube, produk asal Korea ini pun mulai memicu keresahan masal. Usut punya usut, pemicu utamanya adalah dari bungkus mie tersebut. Produk ini tidak dilabeli sertifikasi halal oleh MUI.

Bahkan, temuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pun menemukan adanya kandungan babi dalam bumbu pada empat jenis mi instan yang diimpor dari Korea Selatan. Produk-produk tersebut yaitu Samyang dengan nama produk U-Dong, Nongshim dengan nama produk Shin Ramyun Black, Samyang dengan nama produk Mi Instan Rasa Kimchi, dan Ottogi dengan nama produk Yeul Ramen. Namun sayangnya publik salah paham, produk yang disebutkan di atas berbeda dengan Samyang yang diimpor PT Korinus.

Setelah sempat terjadi ricuh perihal komposisi salah satu makanan kekinian, Mie Samyang, yang diduga tidak halal, kini para pecinta mie tersebut dapat bernafas lega. Pasalnya, produk yang dikenal pedas menggigit tersebut sudah resmi mengantongi sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kini, Samyang sudah resmi mengantongi sertifikat Halal MUI (Dream.co.id/Nur Ulfa)Kini, Samyang sudah resmi mengantongi sertifikat Halal MUI (Dream.co.id/Nur Ulfa)

PT. Korinus selaku pengimpor juga terlihat senang akan kabar ini. Dulunya, PT Korinus juga turut terkena imbas dari temuan BPOM terkait adanya kandungan babi dalam bumbu mi samyang impor. Padahal, kata Direktur PT. Korinus, Leo , produk mereka sudah dinyatakan halal oleh Korea Muslim Federation (KMF). "Samyang itu dari dulu sudah halal di Korea dan negara lain. Di Indonesia kenapa disebut tidak halal karena tidak ada logo halal MUI," ujar Leo seperti dilansir dari Dream.

Untuk mengurangi pro dan kontra serta meyakinkan publik, pihak PT. Korinus pun mengajukan sertifikasi halal kepada Lembaga Pengkajian Pangan, obat dan Kosmetik Majelis Ulana Indonesia (LPPOM MUI). Diakuinya, hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk menghargai penduduk Indonesia yang mayoritas beragama Muslim.

Selanjutnya, untuk Samyang versi Indonesia akan ada perbedaan dari segi kemasan. Tidak lagi menggunakan kemasan hitam, Samyang nanti akan berganti menjadi hijau dengan nama Samyang Green. "Samyang green ini produk baru dan khusus untuk di Indonesia, untuk rasa dan komposisinya tetap sama," tutup Leo.

Jadi gimana KLovers, sudah siap membuat challenge kembali dengan produk Samyang Green?

(kpl/tmd)

Editor:

Tyssa Madelina



MORE STORIES




REKOMENDASI